Fungsi Komputer Client

Komputer client merupakan komputer yang digunakan untuk dapat melakukan akses layanan dari komputer pusat atau server. Banyak orang yang menyebutkan bahwa komputer client sama dengan workstation. Secara garis besarnya komputer client merupakan bagian dari sistem yang sudah di rakit sedemikian rupa dan sering digunakan dalam perkantoran untuk mempermudah beragam pekerjaan. Karena fungsinya sebagai tempat mengakses dan menyimpan sebuah layanan.

Fungsi Komputer Client

Komputer client mampu untuk memberikan akses tercepat kepada pengguna karena segala sistemnya hanya dilakukan oleh satu komputer pusat atau server dan tidak akan di bebani dengan pengolahan ataupun tugas – tugas lainnya. Secara sederhananya, fungsi komputer client tidak dapat melakukan tugas yang sama dalam waktu yang bersamaan.

Fungsi komputer client lainnya yaitu digunakan sebagai salah satu sistem keamanan ataupun administrasi pada perusahaan ataupun instansi pemerintahan karena dapat mudah di monitor dan dibatasi aksesnya. Komputer client dapat digunakan oleh siapa saja, namun demikian mereka hanya memiliki beberapa akses penggunaan yang tergantung dari pihak pengelola server. Dengan demikian, komputer client tidak akan beroperasi diluar prosedur yang telah ditetapkan.

Selain fungsi komputer client yang sangat beragam dan bermanfaat bagi para penggunanya, namun ada beberapa kelemahan yang sering ditimbulkan. Di mana jika komputer pusat ataupun server mengalami kerusakan ataupun gangguan internal, maka dapat dipastikan seluruh jaringan komputer client yang terhubung ke komputer pusat tersebut tidak dapat digunakan. Ini tentunya akan mematikan beragam pekerjaan yang mungkin akan dilakukan. Untuk itulah biasanya pihak – pihak yang menggunakan jaringan komputer client, selalu mempunyai server backup data yang digunakan pada saat – saat yang penting.

Selain masalah yang mungkin ditimbulkan tersebut, biaya perawatan dan operasional pada komputer klient menjadi lebih mahal dan meningkat, karena jumlahnya yang dapat berlipat. Secara keseluruhan, fungsi komputer client sangat bermanfaaat untuk digunakan oleh setiap orang tanpa perlu khawatir akan terjadi kesalahan prosedur ataupun user yang ingin menggunakan aplikasi lainnya dari komputer.

sumber : http://computerindonesia.blogspot.com/2014/04/fungsi-komputer-client.html

61 total views, 1 views today