Fungsi Modem Pada Jaringan Komputer

Banyak yang masih bingung dengan fungsi modem pada jaringan komputer, beberapa di antaranya bingung membedakan router dan modem. Modem pada umumya melakukan proses modulasi yang merupakan sebuah proses perubahan bentuk sinyal yang membawa informasi.

Selain proses tersebut modem juga melakukan proses demodulasi melakukan tugas penggalian informasi dari sinyal yang termodulasi. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan perangkat seperti radio atau dioda lainnya.

Fungsi Modem

Berbagai kata dan penjelasan sederhana dapat memberi makna mengenai fungsi modem, Jadi kesimpulannya fungsi modem merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju.

Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet. Berikut adalah beberapa fungsi modem jika kita uraikan

  1. Menghubungkan perangkat dalam jaringan
  2. Melakukan modulasi dan demodulasi
  3. Melakukan komunikasi dan pemeriksaan paket data

sumber : https://www.kompasiana.com/cara-menghilangkan-komedo/552c20dd6ea834a1688b4569/fungsi-modem-pada-jaringan-komputer

82 total views, 1 views today