Saat ini Sun Microsytems membagi Java dalam empat bagian, nah berikut ini adalah bagian bagian dari bahasa pemrograman Java : 

  • Java Card : Java Card adalah Teknologi Java yang digunakan pada peralatan elektronik yang memiliki memori sangat terbatas, misal smart card.
  • J2ME : J2ME adalah Java Platfrom, Micro Edition. teknologi java edisi mikro, digunakan untuk penerapan teknologi Java pada peralatan elektronik seperti handphone dan PDA.
  • J2SE : Java 2 Platfrom, Standard Edition. Merupakan teknologi Java edisi standar, digunakan untuk penerapan teknologi java pada komputer desktop
  • J2EE : Java 2 Platfrom, Enterprise Edition. Merupakan teknologi Java edisi Enterprise, digunakan untuk penerapan teknologi Java pada komputer server.

Setiap edisi Java terdiri atas dua komponen utama berikut :

 
       Java Application Programming Interface (Java API). Java API terdiri atas kumpulan library yang digunakan untuk keperluan pemrograman. Dengan adanya API, anda tidak harus membuat program dari awal. Misalnya untuk J2SE, sudah terdapat API untuk pengolahan window dengan Swing dan AWT (Abstract Window Toolkit).
 
         Java Run Time Environtment (JRE). JRE merupakan lingkungan yang membuat aplikasi java dapat dijalankan. Salah satu komponen penting JRE adalah Java Virtual Machine (JVM).   
sumber : http://romykom.blogspot.com/2012/11/jenis-jenis-bahasa-java.html

33 total views, 1 views today