Kelebihan Bahasa Pemrograman Objective-C

kelebihan-bahasa-pemrograman-objective-c-banner

Bagi mereka yang ingin belajar membuat aplikasi untuk iOS atau Mac OS, bahasa pemrograman Objective-C merupakan bahasa yang tepat untuk dipelajari. Bahasa pemrograman ini tergolong ke dalam bahasa yang sulit untuk dipelajari, akan tetapi bahasa pemrograman Objective-C mempunyai kelebihan yang dapat menjadi salah satu alasan untuk mempelajari bahasa tersebut.

Apple mungkin telah merilis bahasa pemrograman Swift untuk mempermudah pengembangan aplikasi-aplikasi untuk platform yang dikembangkan perusahaan tersebut. Namun, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Stack Overflow, bahasa pemrograman Objective-C masih termasuk ke dalam bahasa yang populer di kalangan developer.

Bahasa pemrograman Objective-C merupakan bahasa yang dikembangkan oleh Brad Cox dan Tom Love pada tahun 1980. Bahasa ini semula dikembangkan bukan di perusahaan Apple melainkan perusahaan Stepstone.

Bahasa objective C merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek yang dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman C. Perbedaan bahasa pemrogaman Objective-C dengan bahasa pendahulunya yaitu bahasa pemrograman objective C memiliki Smalltalk-style messaging.

Bahasa ini merupakan bahasa utama yang digunakan oleh Apple untuk mengembangkan sistem operasi OS X dan iOS serta untuk mengembangkan Application Programming Interfaces (API) perusahaan tersebut. Bahasa pemrograman ini secara khusus dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan aplikasi OS X.

Namun, tidak hanya perusahaan Apple yang berminat untuk mengembangkan platformnya dengan bahasa pemrograman Objective-C. Kelebihan bahasa pemrograman Objective-C juga memikat VideoLan untuk mengembangkan VLC Media Player dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Kelebihan bahasa pemrograman Objective-C antara lain adalah berikut ini:

Dukungan Terhadap Library Pengembangan Apple

kelebihan-bahasa-pemrograman-objective-c-1

Bahasa pemrograman Objective-C merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan secara khusus agar dapat digunakan dengan frameworkpemrograman Cocoa yang notabene meupakan framework yang dikembangkan oleh perusahaan Apple.

Kelebihan bahasa pemrograman Objective-C ini tentu dapat dimanfaatkan oleh para developer karena sudah tentu bahasa pemrograman Objective-C akan mendukung seluruh library pengembangan perusahaan Apple dengan sempurna.

Objective C Runtime

kelebihan-bahasa-pemrograman-objective-c-2

Kelebihan bahasa pemrograman Objective C lainnya adalah kemampuan runtimeyang dimiliki oleh bahasa pemrograman ini. Sebuah program yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C akan berjalan lebih dinamis.

Program secara mandiri dapat mengumpulkan informasi tentang dirinya untuk membuat sebuah keputusan sebagai tipe data atau memori. Berbeda dengan program yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman lain yang memerlukan pengambilan keputusan selama pembuatan kode berlangsung.

Penggunaan yang Terbatas

kelebihan-bahasa-pemrograman-objective-c-3

Sebagai bahasa pemrograman eksklusif, bahasa pemrograman Objective-C adalah bahasa yang sangat keren. Meskipun demikian, bahasa pemrograman ini hanya dapat digunakan untuk membuat sesuatu yang terbatas. Bahkan, banyak platform tidak dapat dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C seperti Android.

Keterbatasan ini bukan menjadi sebuah kelemahan bahasa pemrograman ini. Keterbatasan ini menjadi salah satu kelebihan bahasa pemrograman Objective-C yang dapat dimanfaatkan oleh para developer. Keterbatasan kegunaan ini menunjukan bahwa bahasa Objective-C merupakan bahasa khusus yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi atau program untuk teknologi-teknolgi yang dikembangkan oleh Apple.

sumber : https://teknojurnal.com/kelebihan-bahasa-pemrograman-objective-c/

29 total views, 1 views today