Menurut Indeks TIOBE, Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer pada bulan Juni 2017. Jika anda ingin mengembangkan aplikasi Android, kemungkinan besar anda akan tetap menggunakan Java. Java memiliki komunitas pengembang yang besar dan mapan, dan itu berarti anda bisa mendapatkan dukungan teknis dan bantuan.

            Jadi, saat anda melakukan developing mobile dengan Java, anda bebas untuk mengembangkan jenis aplikasi yang dapat anda pikirkan. Satu-satunya yang akan menjadi batasan adalah imajinasi dan tingkat pengetahuan Java anda.

  • ANDROID
    Android From Scratch: An Overview of Android Application Development
    Ashraff Hathibelagal
  • JAVA
    Learn Java for Android
    Sue Smith

       Kotlin didesain dan dikembangkan oleh JetBrains, perusahaan Ceko yang terkenal dengan IDE populer mereka, IntelliJ IDEA. Tim Android Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka secara resmi menambahkan dukungan untuk bahasa pemrograman Kotlin.

        Kotlin dikembangkan untuk menangani beberapa masalah di Java. Menurut penggemarnya, sintaks Kotlin lebih sederhana, lebih bersih, dan menyebabkan kode gembung lebih sedikit. Kotlin membantu anda lebih fokus dalam memecahkan masalah sebenarnya, daripada berjuang dengan sintaks yang sebenarnya tidak diperlukan. Anda juga bisa menggunakan Kotlin dan Java secara bersama dalam proyek yang sama, dan itu membuatnya sangat powerful.

 

 

sumber : https://code.tutsplus.com/id/articles/mobile-development-languages–cms-29138

25 total views, 1 views today