Pengertian Bahasa Pemrograman Python

  

Pengertian bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman tinggi yang dapat melakukan eksekusi sejumlah intruksi multiguna secara langsung (interpretatif) dengan metode orientasi objek (Object Oriented Programming) serta menggunakan semantik dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax. Sebagai bahasa pemrograman tinggi, python dapat dipelajari dengan mudah karena sudah dilengkapi dengan manajemen memori otomatis (pointer).

A. Python Bahasa Pemrograman Open Source

Python dapat digunakan secara bebas, bahkan untuk kepentingan komersial sekalipun. Banyak perusahaan yang mengembangkan bahasa pemrograman python secara komersial untuk memberikan layanannya. Misalnya Anaconda Navigator, adalah salah satu aplikasi untuk pemrograman python yang dilengkapi dengan tool-tool pengembangan aplikasi.

B. Rapid Application Development

Python diklaim mampu memberikan kecepatan dan kualitas untuk membangun aplikasi bertingkat (Rapid Application Development). Hal ini didukung oleh adanya library dengan modul-modul baik standar maupun tambahan misalnya NumPy, SciPy, dan lain-lain. Python juga mempunyai komunitas yang besar sebagai tempat tanya jawab.

Mesin pencari Google adalah contoh nyata dari penggunaan bahasa pemrograman python dalam kehidupan sehari-hari. Mesin pencari ini termasuk Rapid Application Development, ia tidak hanya berguna untuk mencari halaman website. Kolom pencarian Google juga dapat digunakan sebagai kalkulator, membuat grafik fungsi, memprediksi cuaca, memprediksi harga saham, terjemahan, mencari dengan gambar, menanyakan hari, pemesanan tiket pesawat, dan lain-lain.

C. Python Mendukung Berbagai Sistem Operasi

Syntax python dapat dijalankan dan ditulis untuk membangun aplikasi di berbagai sistem operasi.

  1. Linux/Unix
  2. Microsoft Windows
  3. Mac OS
  4. Android
  5. Java Virtual Machine
  6. Symbian OS
  7. Amiga
  8. Palm
  9. OS/2

D. Aplikasi Penggunaan Python

Python digunakan di berbagai bidang pengembangan. Berikut beberapa aplikasi penggunakan python yang paling populer,

  1. Website dan internet

    Bahasa pemrograman python dapat digunakan sebagai server side yang diintegrasikan dengan berbagai internet protokol misalnya HTML, JSON, Email Processing, FTP, dan IMAP. Selain itu, python juga mempunyai library untuk pengembangan internet.

  2. Penelitian ilmiah dan Numerik

    Python dapat digunakan untuk melakukan riset ilmiah untuk mempermudah perhitungan numerik. Misalnya penerapan algoritma KNN, Naive Bayes, Decision Tree, dan lain-lain.

  3. Data Science dan Big Data

    Python memungkinkan untuk melakukan analisis data dari database big data.

  4. Media pembelajaran pemrograman

    Python dapat digunakan sebagai media pembelajaran di universitas. Python sangat mudah dan hemat untuk dipelajari sebagai Object Oriented Programming dibandingkan bahasa lainnya seperti MATLAB, C++, dan C#.

  5. Graphical User Interface (GUI)

    Python dapat digunakan untuk membangun interface sebuah aplikasi. Tersedia library untuk membuat GUI menggunakan python, misalnya Qt, win32extension, dan GTK+.

  6. Pengembangan Software

    Python menyediakan dukungan struktur kode untuk mempermudah pengembangan software.

  7. Aplikasi bisnis

    Python juga dapat digunakan untuk membuat sistem informasi baik untuk bisnis dan instansi.

 

sumber : https://www.advernesia.com/blog/python/pengertian-bahasa-pemrograman-python-dan-kegunaanya/

38 total views, 1 views today