Wireless Markup Language

A.Pengertian WML

      Wireless Markup Language (WML) adalah bahasa markup yang digunakan untuk mengimplementasikan WAP. Dokumen WML berbasis XML, di mana versi terbarunya adalah versi 1.0. WML harus mempunyai DTD (Document Type Definition), di mana sekarang adalah versi 2.0.

Contoh sebuah struktur sederhana dari WML adalah:

<?xml version=”1.0″ encoding=”iso-8859-1″ ?>

<!DOCTYPE wml PUBLIC “-//WAPFORUM//DTD WML 1.3//EN”

    “http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.3.xml”>

<wml>

<card id=”” title=””>

<p align=””>

</p>

</card>

</wml>

         WML adalah bahasa yang digunakan di WAP . WML berfungsi mengubah halaman text dari suatu WEB dan menampilakannya pada layar monitor HP/ Handphone / Ponsel / telepon genggam  .Perkembangan bahasa MARK UP sebenarnya dimulai pada tahun 1974 pada saat standart generalized MARK UP LANGUAGE pertama kali . WML digunakan untuks uatu script MARK UP LANGUAGE untuk membangun aplikasiWAP . WML juga terdiri dari dua bagian yaitu :

  • DOCUMENT PROLOG , yang memberikan tentang latar belakang dan sejarah WML . WML merupakan hasil dari bahasa yang dinamakan XML ( Extendsible Mark Up Language ) .
  • DOCUMENT TYPE DEFINITION , yang  merupakan spesifikasi WML yaituspesifikasi yang berisi aturan bagaimana menulis dan meletakkan struktur tag danelemen dalam WML yang benar.

        Dan mengapa kita menggunakan WML…Karena WML berisikan Built – in Event Model, sedangkan HTML membutuhkan JAVA Script, VB script komponen activeuntuk menghasilkan penanganan event.

      Konsep dasar dari WML itu sendiri di dasarkan pada XML jadi jauh lebih ketat daripada HTML, WML digunakan untuk membuat halaman yang dapat ditampilkan dalam Browser WAP.Artikel dalam WML dinamakan DECK yang digunakan sebagaikumpulan CARD.

Dukungan Software WML yakni:

Software Development

Websites Development

Enginering Development

      WML merupakan standar bahasa yang digunakan oleh protokol WAP. WML hampir mirip dengan HTML, namun demikian WML merupakan bahasa yang diturunkan dariExtensible Markup language (XML). WML bukan suatu bahasa pemrograman, akan tetapi bahasa pengkodean yang ditulis berdasarkan suatu aturan tertentu sehingga dengan menggunakan bahasa inilah suatu micro browser akan mengubah isi file suatu homepagemenjadi halaman WAP. Suatu alasan mengapa HTML tidak digunakan sebagai standar bahasa untuk protokol WAP diantaranya adalah feature yang dimiliki oleh HTML sangat kompleks, sehingga menjadi tidak relevan untuk digunakan pada mobile device

  1. Membuat File WML

        Penggunaan  WML antara lain  untuk melakukan pengaturan terhadap tampilan aplikasi.  Suatu dokumen WML dapat dibuat dengan menggunakan program teks editor atau program pengolah atau dengan kata lain semua program pengolah kata yang mampu menghasilkan file teks biasa dapat digunakan untuk merancang dokumen WML. Dokumen WML hams disimpan dengan menggunakan ekstensi WML.  Beberapa aturan yang harus diperhatikan saat membuat dokumen WML adalah :

  • Case sensitive, dimana tag – tag WML harus dituliskan dalam huruf kecil.
  •  Tidak mendukung overlapping. Sebagai contoh pada dokumen HTML tag
    berikut ini :

<b><i>SI     SISTEM     INFORMASI     SEKOLAH    TINGGI   MANAJEMENINFORMATIKA DAN KOMPUTER  “AMIKOM”  YOGYAKARTA </i></b>

bisa saja digunakan. Namun pada penulisan dokumen WML, penulisan tag seperti itu tidak dibenarkan.

  •      Setiap tag yang digunakan harus menggunakan tag penutup seperti ‘/’.
    Sebagai contoh tag <br> pada HTML, akan tetapi pada WML menjadi <br/>.
  •      Setiap dokumen WML harus diawali dengan prolog yang menyatakan versi
    WML yang digunakan dan DTD yang digunakan.

2    Cara Kcrja Client Side Scripting

         Clint side scripting dikerjakan langsung dalam browser. Client side scripting dikerjakan secara urut dari bagian paling atas script kebagian paling bawah tanpa ada lompatan, perulangan dan sebagainya.

Gambar  Cara Kerja Client Side Scripting

3    Struktur File WML

        Suatu dokumen WML memiliki beberapa bagian yaitu header, template (optional), dan beberapa body yang disebut dengan decks. Maksudnya, sebuahdokumen WML dipandang sebagai sebuah tumpukan (decks) yang terdiri daribanyak kartu (cards). Cara pandang ini berbeda dengan dokumen HTML yangmemandang sebuah dokumen HTML sebagai suatu halaman. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan WAP device untuk menampilkan dokumen WML yang tidak seperti web browser umumnya pada PC.

                        Gambar  Perbandingan Struktur Halaman HTML dan WML

Berikut adalah contoh dari sebuah dokumen WML sederhana dengan nama file testing.wml.

1       | <?xml  version=”1.0″?>

2       | <!DOCTYPE   wml   PUBLIC   “-//WAPFORUM//DTD WML   1.1//EN”

3       | “http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.1.xml”>

4       |

5       |  <wml>

6     | <card id=”cardl” title=”Selamat Datang”>

7     | <p align=”center”>

8     |      S1 TEKNIK INFORMASTIKA <br/>

9     |       SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER “AMIKOM” YOGYAKARTA

10  |  </p>

11  |  </card>

12  |  </wml>

          Pada contoh diatas, baris 1 – 3 merupakan deklarasi XML dari dokumen WMLyang kita kenal dengan prolog atau header. Sedangkan decks atau body daridokumen WML diatas dimulai dari baris 5-12 yang diawali dengan tag <wml>dan diakhiri dengan tag </wml>. Didalam deck terdapat card yang berada pada baris 6-11 yang diawali dengan tag <card> dan diakhiri dengan tag </card>. Dalam suatu dokumen WML atau dalam suatu decks, kita dapat membuat lebih dari 1 cards.

WML dan WML Script

     Dalam aplikasinya, WAP menggunakan bahasa komputasi yang dikenal sebagai WML (Wireless Markup Language) yang mirip dengan HTML.

        WML akan mengubahinformasi berupa teks dari halaman situs dan menampilkannya kelayar ponsel. WML juga memungkinkan pengguna menjelajahi suatu aplikasi WAP serta mendukung link seperti yang lazim terdapat di halaman web.WML juga merupakan bagian XML, maka WML didefinisikan berdasarkan aturan XML.Jadi, WML adalah suatu aplikasi XML.

        Jika HTML mempunyai Java Script untuk membuat halaman-halaman di dalamnya agar interaktif, maka WML juga mempunyai WML Script yang dirancang untukmenambahkan fungsionalitas pada content statis dari WML, misalnya WML Script  mampu melakukanva lidasi terhadap masukan (input) yang diberikan user danberinteraksi dengan user.

 Namun, berbeda dengan Java Script yang bias dimasukkan kedalam HTML, WML Script tidak bias dijadikan satu dengan WML dan harus berdiri sendiri sebagai satu file skrip khusus yang berekstensi. Perbedaan lainnya adalah gambar yang tampil di layarponsel haruslah gambar yang telah dikonversi kedalam format Wireless BitMap(wbmp) yang mempunyai kedalaman warna satu digit (dua ‘warna’ yaitu hitam dan putih).

  Intidari WML Script adalah pernyataan if (pernyataan bersyarat) dan for (perulangan) sebagai elemen penting dari suatu skrip. Dan WML Script  juga merupakan skrip yang berorientasi pada fungsi, sehingga dalam suatu file WML Script dapat memuat banyakfungsi sekaligus.

Struktur WML

  Secara umum, beberapa perintah WML terlihat mirip dengan HTML.Namun, terdapat perbedaan dalam struktur penulisannya.Jika sebuah dokumen HTML hanya terdiri atasdua bagian utama, yaitu header dan body, maka dokumen WML mempunyai header,template dan beberapa body yang dikenal dengan cards.

         Suatu halaman WAP dapat terdiri atas beberapa sub halaman atau tingkatan, yang disebut sebagai deck, yang  masing-masing tingkatannya disebut dengan cards. Susunanhirarki dokumen WML secara lengkap dapat dilihat pada Gambar berikut.

Aplikasi WML

           Seperti yang sudah kita ketahui WML suatu markup language yang merupakanpengganti dari HTML untuk media wireless. WML didasari dari XML (eXtensible Markup Language).

WML memiliki empat fungsi utama yaitu :

  1. Presentasi teks dan layout, mencakup teks dan gambar
  2. Metafora organisasi Deck/Card (seluruh informasi dalam WML di atur kedalamsekumpulan card dan deck)
  3. Navigasi dan hubungan antar Card
  4. Parameterisasi String dan manajemen status, seluruh deck WML bisa di parameter

      WML dibutuhkan untuk menggantikan HTML pada media wireless adalah masalahkecilnya bandwidth pada jaringan wireless yang akan menyebabkan bottleneck yang hebat apabila tetap digunakan HTML untuk media wireless.

         XML adalah suatu cara yang fleksibel untuk menciptakan suatu format informasi yang umum dan membagikan format dan data pada internet, intranet, dan sebagainya. Seperti layaknya HTML, XML juga merupakan markup language yang menggunakansymbol untuk menyatakan isi dari suatu halaman atau file.

  Tetapi HTML hanyalah menunjukkan bagaimana isi suatu Web Page (teks dan grafik) ditampilkan dan berinteraksi dengannya, sebagaicontoh

   pada HTML hanyalah menunjukkan bahwa mulainya suatu paragraph baru. Sedangakan WML menunjukkan isi dari suatu kalimat/data yang nantinya akan berguna untukdiolah atau ditampilkan, dan sebagai contohnya menunjukkan bahwa data berikutadalah suatu nomor telepon yang nantinya akan diolah oleh suatu program ataupunditampilkan.

    XML bersifat extensible (dapat diperluas), karena tidak seperti HTML, symbol markup dari XML dapat dibuat sendiri dan tidak terbatas.Sebab XML sebenarnya adalahpenyederhanaan dari SGML (Standard Generalized Markup Language) yaitu  suatustandar bagaimana untuk menciptakan dokumen terstruktur.

WML BROWSER

  Seperti yang sudah kita ketahui pada setiap handphone terdapat WML browser mini,lalubagaimana seseorang dapat megembangkan aplikasi WML apabila tidak memilikihandphone yang mencakup WAP atau memang sengaja menghindari masih mahalnyabiaya penggunaan fasilitas WAP pada handphone apabila dibandingkan dengan internet biasa. Para developer WAP menggunakan program WML browser yang diinstall padakomputer, program ini akan mensimulasikan bagaimana suatu handphone WAP berinteraksi dengan WML file, bahkan kita bias melakukannya secara offline.

Kegunaan WML

          Seperti yang sudah kita ketahui WML suatu Markup Language yang merupakanpengganti dari HTML untuk media wireless. WML didasari XML (eXtensible Markup Language).
WML memiliki 4 fungsi utama yaitu :

  1. Presentasi Teks dan Layout, mencakup teks dan gambar.
  2. Metafora organisasi Deck / Card (seluruh informasi dalam WML di atur kedalamsekumpulan card dan deck).
  3. Navigasi dan hubungan antar Card.
  4. Parameterisasi String dan manajemen status ,seluruh deck WML bisa di parameter.

     WML dibutuhkan untuk menggantikan HTML pada media wireless  adalah  masakecilnya bandwidth pada jaringan wireless yang akan menyebabkan bottleneck yang hebat apabila tetap digunakan HTML untuk media wireless. XML adalah suatu cara yang fleksibel untuk menciptakan suatu format informasi yang umum dan membagikan format dan data pada internet, intranet, dan sebagainya. Seperti layaknya HTML, XML juga merupakan Markup Language yang menggunakan symbol untuk menyatakan isidari suatu halaman atau file.

Tetapi HTML hanya menunjukan bagaimana isi suatu Web Page (teks dan grafik) ditampilkan dan berinteraksi dengannya.Sebagai contoh pada HTML hanya menunjukanbahwa mulainya suatu paragraph barus edangkan WML menunjukan isi dari suatukalimat / data yang nantinya akan berguna untuk diolah atau ditampilkan

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN WML

Kelebihan

  • Cocok untuk waper pemula
  • edit site paling gampang
  • tersedia option site bahasa indonesia
  • jarang error
  • bisa upload file
  • WML berisikan Built in event model .
  • Standart WAP berisikan call hending , model WTA dimana HTML tidakakanpernahbisa .
  • Dalamstandart WAP di dalamnyaterdapat interface peralatan telepon sepertiakses phone book ,dan akses Sim card .
  • WAP memang di desain untuk menggunakan Gandwith semisal encode binner sedangkan HTTP di optimasikan untuk TCP ID dan komunikasi soket via text mode ASCU .

KEKURANGAN

  • Tidak bias mengatur align yg kita mau
  • Option warna align tidak ada
  • Tidak bias masuk inkode HTML atw WML
  • Adanya jendela external link bikin lama ke link tujuan
  • Tidak bias image link
  • Tidak semua browser dapat menampilkan halaman WML.
  • Tidak mempunyai fitur-fitur selengkap HTML.

 

 

sumber : http://widyamunaaqasyah.blogspot.com/2016/11/wirelles-markup-language.html

80 total views, 3 views today