Pengertian Laptop        

Laptop atau istilah kerennya notebook, merupakan komputer kecil yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah atau biasa disebut portabel yang terintergrasi dengan casing.Baterai atau adaptor merupakan sumber listrik dari laptop ketika kita tidak menghubungkannya dengan arus listrik seperti halnya komputer.

Baterai laptop umumnya dapat bertahan sekitar satu hingga enam jam, tergantung dari pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Kenapa laptop mudah dibawa kemana-mana?Karena berat laptop cukup ringan, antara 1 hingga 6 kg tergantung bahan, ukuran, dan spesifikasinya.

Laptop berukuran kecil dan ringan jika dibandingkan dengan komputer, memiliki fungsi dan komponen yang sama dengan komputer yang designnya disesuaikan dengan portabilitas laptop. Komponen yang ada pada laptop lebih kecil dibandingkan dengan komputer, dimana mengikuti ukuran dari laptop itu sendiri.Selain kecil, komponen laptop juga hemat energi dan efisien sesuai ukuran laptop.Layar yang digunakan pada laptop adalah LCD (Liquid Crystal Display) yang biasanya berukuran 10 inchi hingga 17 inchi bergantung dari ukuran laptop.Pada keyboard laptop dilengkapi dengan touchpad atau trackpad sebagaimana mouse pada komputer yang digunakan untuk menggerakkan kursor.

Laptop dirancang dengan bentuk flip untuk melindungi layar dan keyboard, namun semakin berkembangnya teknologi, sekarang ada beberapa laptop hanya berbentuk layar saja dan memiliki layar touchscreen. Laptop sangat cocok bagi seseorang yang mimiliki mobilitas yang tinggi dan selalu bekerja dengan laptop setiap saat.Ada juga beberapa orang memiliki laptop hanya untuk fashion atau gaya jaman sekarang, sehingga kadang sebagian orang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop yang mereka miliki. Namun, tak hanya itu, banyak pula yang membutuhkan tapi tak bisa merawat, sehingga laptop yang dimiliki gampang rusak.Untuk itu sebuah laptop perlu perawatan yang berkala agar kerja laptop tetap terjaga seperti baru.Seperti kata pepatah, “merawat lebih baik dari pada mengobati”, karena jika rusak tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Untuk itu pada bab selanjutnya juga akan dibahas bagaimana merawat laptop agar tetap terjaga fungsinya.
Sejarah Laptop
Sejarah Laptop saat ini. Laptop yang kita pakai setiap hari untuk mengerjakan pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, bermain games dan bahkan untuk melihat film ini mempunyai sejarah panjang yang mungkin sedikit dari kita yang tahu. Ada beberapa versi sejarah laptop yang ada dapat kita baca dari beberapa sumber di internet atau di buku.
Sejarah Laptop Secara Umum
Secara umum sejarah laptop mempunyai beberapa versi penceritaan namun inti dari versi-versi tersebut sama. Kisah mengenai laptop ini bermula sekitar tahun 1970-an. Laptop yang dulunya dinamakan komputer jinjing. Maksudnya jenis komputer yang tidak hanya diletakkan di satu tempat, namun dapat dibawa kemana-mana. Komputer jinjing itu digagas pertama kali oleh Alan Kay pada tahun 1970an. Beliau sangat terkenal dalam dunia koputer sehingga nama Alan Kay juga mewarnai sejarah laptop karena tanpanya kita tidak bisa menikmati laptop yang sekarang ini. Alan Kay bekerja di Xerox Palto Alto Research Center dan ditugaskan untuk membuat komputer yang dapat dijinjing namun tanpa kabel yang memiliki kemampuan network wireless. Beliau menciptakan laptop pertama yang menjadi cikal bakal laptop dan komputer jinjing tersebut pertama kali dinamakan Dynabook.
Sejarah Laptop William Moggridge
Kemudian pada akhir tahun 1970-an tepatnya pada tahun 1979sejarah laptop kembali diwarnai dengan nama baru yang juga piawai dalam dunia komputer yaitu William Moggridge. William Moggridge selanjutnya menciptakan komputer jinjing pertama yang dinamakan The Grid Compass Computer 1109. Komputer jinjing pertamanya ini memiliki memori sebesar 340 kilobyte. Dan juga memiliki ruang untuk disket serta layar yang dapat dilipat yang kemudian dinamakan electrominescent. Sejarah terus bergulir kemudian pada tahuan 1984 kembali diperkenalkan laptop model baru yang bernama Apple model IIc. Sesuai dengan namanya laptop baru ini diperkenalkan oleh perusahaan komputer terkemuka yaitu Apple. Apple IIc yang sebernarnya bukan laptop ini memiliki microprosesor sebesar 65C02, memori sebesar 128 kilobytes dan floppy drive sebesar 5,25 inci dan laptop ini menjadi laptop paling lengkap pertama dalam sejarah laptop.
Sejarah Laptop Transportable
Bicara tentang sejarah komputer jinjing transportable kita akan kembali ke era 1980-an. Sejarah laptop transportable pertama diciptakan oleh Osborne Computer Corporation. Perusahaan komputer ini didirikan oleh Adam Osborne pada tahun 1981. Laptop transportable pertama yang dikeluarkan Osborne Computer Corporation dinamakan dengan The Osborne 1 Personal Computer Bisnis. Laptop baru ini diperkenalkan ke publik pada bulan April 1981. Sejak saat itu, sejarah laptop transportable dimulai. Penjualan Osborne Computer Corporation mengalami kesuksesan dengan terjualnya 11.000 buah laptop selama 8 bulan. Dua tahun kemudian, sejarah laptop mencatat pembuatan The Osborne Executive and the Executive II portable computers tetapi dalam beberapa bulan setelah peluncuran laptop tersebut perusahaan ini mengalami kebangkrutan yang juga tercatat dalam sejarah laptop dunia.
Sejarah laptop transportable pertama tetap mencatat The Osborne 1 menjadi cikal bakal laptop masa depan yang mempunyai spesifikasi sebagai berikut. Laptop ini mempunyai mikroprosesor sebesar 4.0 mhz yang dinamakan Zilog Z80, RAM sebesar 64K, ROM 4K, monitor sebesar 5” dengan kemampuan 53 x 24 text, mempunyai port parallel dan port modem. Laptop ini menjadi sejarah laptop pertama yang memiliki port modem dan CP/M operating system. Berat The Osborne 1 adalah 12 kg dengan layar monochrome, dijual dengan harga murah berikut dengan software gratis. Terlepas dari cikal bakal sejarah laptop pertama, The Osborne 1 hanya dapat bertahan beberapa waktu karena berat dan keterbatasan kemampuan.
https://sarisafitri86.wordpress.com/2014/01/04/pengertian-laptop/

 192 total views,  1 views today