Pengertian Perangkat Komputer

Pada umumnya komputer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua hal inilah yang membuat komputer tersebut menjadi alat elektronik multifungsi kepada penggunanya (brainware), karena tanpa kedua komponen ini komputer bukanlah apa-apa. Berikut penjelasan lebih lengkap dan rinci mengenai definisi dan contoh dari hardware dan software tersebut.

Perangkat Keras (Hardware)

Secara umum, perangkat keras atau hardware bisa didefinisikan sebagai sejumlah perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba oleh manusia yang memiliki fungsi tertentu. Atau dengan kata lain, hardware memiliki wujud dan bentuk yang nyata dibanding dengan software.

Perangkat keras ini terbagi atas 5 golongan yaitu :

  1. Perangkat Masukan (Input Device), yaitu perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, gambar dan sebagainya ke dalam komputer. Yang termasuk perangkat masukan adalah Keyboard, Mouse, Scanner, dan lain-lain.
  2. Perangkat Keluaran (Output Device), yaitu perangkat yang digunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan (informasi). Contoh dari perangkat keluaran yaitu Speaker, Monitor, Printer, dan sebagainya.
  3. Perangkat Pengolah Data (Processor), yaitu perangkat yang dipergunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan. Yang termasuk perangkat pengolah data ini adalah mikroprosesor.
  4. Perangkat Penyimpanan Data (Backing Storage), yaitu perangkat yang digunakan untuk menyimpan data baik yang sudah diproses maupun yang belum proses. Backing Storage ini terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu internal dan eksternal. Bagian internalnya meliputi RAM dan ROM, sedangkan bagian eksternalnya meliputi Harddisk, Floopy Drive, CD ROM, Flash Disk, dan sebagainya.
  5. Perangkat Tambahan (Periferal Device), yaitu perangkat tambahan atau pelengkap untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Contohnya modem dan lain-lain.

Macam – Macam Perangkat Keras Komputer ,Berikut akan diuraikan lebih detail macam-macam perangkat keras beserta fungsinya yang ada pada komputer pada umumnya setelah tadi dibagi atas 5 golongan.

  1. Keyboard, berfungsi untuk menginput data berupa karakter dan juga sebagai media untuk melakukan berbagai perintah yang diinginkan user. Jenis keyboard ada 3 yaitu QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG.
  2. Mouse, berfungsi sebagai alat perpindahan kursor atau pointer secara cepat dan juga dapat digunakan sebagai media perintah praktis dan cepat dibanding keyboard.
  3. Monitor, berfungsi sebagai alat yang mampu menampilkan teks atau gambar baik yang sedang diproses maupun yang telah diproses.
  4. CPU, berfungsi sebagai pemroses data yang diinput agar menjadi informasi. Selain itu CPU juga dapat menyimpan instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
  5. Printer, berfungsi untuk mencetak teks atau gambar hasil olahan pada komputer.
  6. Harddisk, berfungsi sebagai alat penyimpan sistem operasi yang permanen yang dapat menyimpan data dalam kapasitas yang besar.
  7. Scanner, merupakan alat bantu untuk memasukkan data teks atau gambar ke dalam komputer dalam bentuk digital sebelum diproses.

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak atau yang sering disebut software merupakan perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat namun tak dapat diraba secara langsung. Hal ini dikarenakan perangkat ini tersedia dalam bentuk digital. Adapun definisi lain mengenai software yaitu sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer yang dapat berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

 Perangkat lunak (Software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunakyang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengelolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

(Perangkat Lunak) sendiri terbagi atas beberapa macam yaitu :

  1. Perangkat Lunak Aplikasi (Apllication Software), yaitu aplikasi yang terdapat dalam komputer yang berfungsi sebagai pengolah kata & angka, pemutar media, dan sebagainya seperti MS Office, Media Player, dan Software sebagainya.
  2. Sistem Operasi (Operating System), yaitu program utama/induk yang berfungsi sebagai pusat pengaturan dan pemrosesan data dalam komputer, contohnya Windows, Linux, dan lain-lain.
  3. Perkakas Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Tools), seperti kompilator dalam bahasa pemrograman Pascal.
  4. Pengendali Perangkat Keras (Device Driver), yaitu penghubung antara perangkat keras dengan komputer. Contohnya Barcode Scanner atau yang biasa disebut pembaca label/kode barang. Alat ini biasanya terdapat di swalayan atau mall.

sumber : http://desipencintailmu.blogspot.com/2013/01/pengertian-perangkat-komputer.html

37 total views, 1 views today