Perawatan Jaringan

Mungkin di antara banyak pengguna Jaringan Komputer di dunia ini hanya sedikit yang selalu memperhatikan dan merawat Jaringan Komputernya, Alhasil bagi mereka yang hanya ingin enaknya saja atas fasilitas Jaringan Komputernya  tanpa memeperhatikan apa yang membuat Jaringan Komputer mereka rusak atau mengalami gangguan, disini Seputar Gadget akan menjelaskan beberapa Tips dan Trik menjaga Jaringan Komputer agar tetap stabil.
     Perawatan atau Maintenance Jaringan Komputer adalah suatu cara untuk menjaga Jaringan Komputer agar tetap sehat walafi’at. Terutama Jaringan Komputer LAN (local area Network) yang sudah terpasang dengan baik jangan dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan yang memadai sehingga kinerja dari Jaringan Komputer tersebut tidak bekerja secara maksimal. Untuk itu, dibutuhkan Cara Merawat Jaringan Komputer dengan baik dan bener agar dapat berfungsi semaksimal mungkin.
Apa sajakah yang akan dilakukan dalam merawat Jaringan Komputer yang sudah dirancang tersebut  ?
         Sebelumnya kita harus mengenal komponen-komponen poko dalam Jaringan Komputer diantaranya Komputer server, Komputer client, HUB/Switch, Kabel UTP, dan konektor RJ45. Untuk itu ikuti langkah-langkah Cara Merawat Jaringan Komputer berikut ini.
  1. Perawatan Pada Komputer Server
    Komputer server merupakan pusat kendali untuk client, dimana komputer server akan secara terus menerus akan melayani permintaan dari client. Perawatan pada server sangat penting karena server juga merupakan pusat  penyimpanan data-data pada client. Dimana perlu dilakukan backup data secara berkala, paling tidak setiap 1 bulan sekali, 1 minggu sekali, atau jika lebih baik lagi 2 hari sekali. tergantung dari kinerja server. Mengapa demikian? karena server bekerja tidak ada henti-hentinya 24 jam nonstop. Jika perlu komputer server harus memiliki server backup atau pengganti, dimana disaat komputer server utama rusak maka akan ada penggantinya.

  2. Perawatan Pada Komputer Client
    Sebenarnya komputer client tidak terlalu memiliki peran penting dalam jaringan komputer, tidak seperti komputer server. Karena jika 1 komputer client rusak maka tidak akan terpengaruh pada komputer client lainnya. Tetapi komputer client juga harus tetap dijaga dan dirawat secara berkala, seperti defragment, membersihkan virus, membersihkan file-file temporary, membersihkan file installer yang sudah pernah dihapus dan lain sebagainya.
  3. Perawatan Pada Kabel Jaringan
                 Kabel jaringan juga penting dalam struktur jaringan komputer karena tanpa adanya kabel maka tidak akan tercipta sebuah jaringan komputer. Biasanya kerusakan pada kabel jaringan komputer yaitu seringnya kabel digigit tikus karena jika kabel sudah sobek atau rusak karena digigit tikus maka akan mempengaruhi kinerja jaringan komputer atau bahkan bisa sampai tidak konek ke jaringan komputer.
    Solusi : gunakan besi atau plastik yang kuat sebagai pembungkus pada kabel jaringan komputer.
  4. Perawatan Konektor RJ45


    Konektor sebagai penghubung antara kabel dengan kartu jaringan (LAN Card/Network Card) juga harus diberikan perhatian dalam perawatan. Perawatan yang biasa saya lakukan di lab komputer yang saya kelola adalah dengan membersihkan pin kuningan di setiap konektor. Memang sedikit melelahkan karena pin konektor sangat kecil sehingga membutuhkan ketelatenan untuk membersihkannya. Untuk membersihkan pin konektor bisa menggunakan ampelas atau boleh juga menggunakan peniti untuk membersihkan jamur-jamur yang tumbuh di sela tempat pin berada. Setelah dibersihkan, jangan lupa disikat dengan sikat.

  5. Perawatan Pada Switch atau HUB

    Selain server sebagai pusat pengolahan data, fungsi HUB juga tidak kalah pentingnya, karena apabila HUB mengalami masalah, maka komputer yang terhubung ke jaringan melalui HUB tersebut ikut bermasalah dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan perangkat komputer yang lain. Tempatkan HUB di ruangan yang bersuhu udara tidak terlalu panas, bersihkan bagian luar casing HUB dari debu agar debu tidak terlalu banyak yang masuk ke bagian dalam HUB.

        Mungkin Cara Merawat Jaringan Komputer diatas adalah perawatan pokok pada sebuah Jaringan Komputer, Apabila Sobat adalah seorang Networking, maka harus mengetahui terlebih dahulu rancangan Jaringan yang ada agar lebih memudahkan dalam perawatannya.
sumber : http://hp-gaptek.blogspot.com/2016/08/cara-merawat-jaringan-komputer.html

187 total views, 1 views today