Perbedaan Komunikasi Data dengan Jaringan Komputer

Dewasa ini, bentuk – bentuk teknologi terutama teknologi komputer sudah sangat berkembang pesat. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi jaringan komputer danteknologi komunikasi data. Kedua teknologi ini berjalan berdampingan, sehingga ketika komunikasi data berkembang, maka teknologi jaringan komputer pun akan ikut berkembang, begitu pula sebaliknya.

Akan tetapi, ternyata meskipun memiliki pola kerja yang saling berdampingan, kedua teknologi ini memiliki sedikit perbedaan. Apa saja perbedaan dari komunikasi data dan juga jaringan komputer? Dan apa saja definisi dan pengertian dari kedua teknologi yang sedang berkembang ini? Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai komunikasi data dan juga jaringan komputer :

Pengertian Komunikasi Data

Komunikasi data, sesuai dengan namanya adalah suatu bentuk komunikasi yang terjalin antara satu device dengan device lainnya. Singkatnya, komunikasi data adalah proses komunikasi atau proses pertukaran data yang terjadi antar satu device (bisa komputer, alat elektronik, handphone, dan sebagainya), ke satu atau lebih device lainnya.

Komunikasi data ini terjadi ketika satu user mengirimkan data ke user lainnya dalam satu periode koneksi. User yang mengirim akan bertindak sebagai transmitter atau sender, sedangkan user yang menerima akan bertindak sebagai receiver. Dalam komunikasi data, tidak harus terjadi proses timbal balik, artinya, penerima tidak perlu harus membalas pesan yang ditujukan kepada dirinya. Hal ini dikenal dengan istilah komunikasi data simplex, dimana komunikasi data berjalan secara satu arah, dan tidak ada hubungan timbal balik.

Selain sistem komunikasi data simplex, terdapat dua bentuk komunikasi data lainnya, yaitu :

  1. Komunikasi data half-duplex

Komunikasi data half-duplex merupakan bentuk komunikasi data dua arah, artinya bisa terjadi timbal balik diantara pengirim dan juga penerima. Hanya saja, proses timbal balik tidak dapat dilakukan secara simultan. Penerima baru akan bisa membalas pesan dari pengirim ketika jalur sudah kosong, begitupun sebaliknya. jadi, proses komunikasi menggunakan metode half-duplex ini dilaksanakan secara bergantian.

  1. Komunikasi data full-duplex

Berbeda dengan half-duplex, komunikasi data full-duplex ini dilakukan dengan cara simultan, itu artinya baik pengirim maupun penerima bisa melakukan hubugnan komunikasi data timbal balik, tanpa harus menunggu jalur komunikasi tersebut kosong. Sistem komunikasi data full-duplex ini yang saat in ipaling banyak digunakan dalam teknologi telekomunikasi.

Ada beberapa ciri – ciri dan juga ketentuan dalam melakukan proses komunikasi data. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri dan juga ketentuan dalam melakukan proses komunikasi data, yaitu :

  • Terdiri dari pengirim pesan, penerima pesan, dan juga media yang membantu mengirimkan pesan
  • Terdapat data yang ditransmisikan melalui media tersebut

Itulah beberapa pengertian dan penjelasan lengkap mengenai prinsip komunikasi data.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian berikutnya adalah jaringan komputer. Jaringan komputer pada dasarnya merupakan salah satu bentuk teknologi komputer yang sangat tua, karena apabila melihat dari sejarahnya, jaringan komputer sudah dikembangkan mulai dari tahun 40-an. Jaringan komputer sendiri merupakan sebuah bentuk gabungan antara lebih dari satu buah komputer yang saling terhubung satu sama lain.

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, yang secara fisik nyata, dan saling terhubung dan juga tersambung satu sama lain dengan menggunakan teknologi kabel ataupun nirkabel (wireless). Jaringan komputer saat ini sudah dikembangkan hingga menjadi sangat cepat, mudah, dan juga reliabel.

Dalam pengimplementasiannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah jaringan komputer :

  1. Perangkat keras jaringan komputer yang akan digunakan
  2. Topologi jaringan komputer
  3. Penggunaan media transmisi yang akan digunakan
  4. Kebutuhan akan jumlah komputer
  5. Biaya yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer

Jaringan komputer sendiri saat ini sudah berkembang dengan sangat luas, dimana seluruh dunia saat ini sudah bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan jaringan komputer. Jaringan komputer memberikan kemudahan, terutama dalam proses komunikasi antar user komputer, terutama dalam berbagai data di seluruh dunia.

Itulah pengertian dan juga penjelasan singkat mengenai apa itu jaringan komputer.

Perebedaan Komunikasi Data dengan Jaringan Komputer

Nah, ketika anda sudah membaca mengenai masing – masing pengertian dari komunikasi data dan juga jaringan komputer, maka kita dapat menyimpulkan perbedaan diantara keduanya. Berikut ini adalah beberapa hal yang membedakan antara komunikasi data dengan jaringan komputer :

  1. Komunikasi data merupakan bagian dari jaringan komputer, dimana sebuah jaringan komputer akan bekerja dengan cara mengaplikasikan komunikasi data
  2. Komunikasi data diaplikasikan secara logic, dimana memanfaatkan jaringan yang sudah ada, sedangkan jaringan komputer lebih mengarah kepada bentuk fisik, yang mengakomodir kebutuhan logic dari sebuah komunikasi data

Dua perbedaan itu, mengarahkan kita kepada sebuah fakta, bahwa pada dasarnya, meskipun keduanya memiliki perbedaan, akan tetapi keduanya bekerja sama dalam satu sistem komunikasi terpadu. Komunikasi data merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer, dimana jaringan komputer akan bekerja mentransmisikan data dengan menggunakan prinsip-prinsip dari komunikasi data.

 

 

 

 

sumber : https://dosenit.com/jaringan-komputer/konsep-jaringan/perbedaan-komunikasi-data-dengan-jaringan-komputer

91 total views, 1 views today