Sejarah Perkembangan Dunia IT

A.   IT (Information Technologi)

a.      Pengertian IT

         Information Technologi adalah suatu alat teknologi apapun yag membantu manusia dalam membuat, menyimpan, mengubah, dan menyampaikan dan menyebarkan informasi. IT komputasi yang distukan dengan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, gambar, suara, atau video.

b.      Peranan IT

1.      Teknologi informasi menggantiakn peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.

2.      Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.

3.      Teknologi Informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Taknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.

Komputer merupakan salah satu alat yang berperan penting dalam perkembangan teknologi informasi.

Computer (Komputer)

1.      Pengertian Komputer

Komputer adalah sebuah alat yang dapat dipergunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur atau perintah yang telah dirumuskan. Komputer secara lebih mudah dapat diartikan sebagai system pengolah informasi. Pada awalnya computer adalah sebutan untuk alat yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan aritmatika.

Dalam sejarahnya, menurut Bernhart Concise Dictionary of Etymologi (1646), kata komputer digunakan dalam bahasa inggris sebagai kata untuk “orang yang menghitung”, dan pada tahun 1897 juga diartikan sebagai “alat hitung mekanis”. Tetapi sesuai dengan perkembangannya computer banyak digunakan untuk mengarjakan suatu pekerjaan yang tidak berhubungan dengan aritmatika.

2.Sejarah dan Perkembangan Komputer

Komputer adalah salah satu perangakat informasi yang cukup berperan penting dalam peradaban kehidupan manusia. Charles Barbagge adalah seorang ilmuan matematika asal Inggris yang menciptakan computer pertama kali pada tahun 1822. Dengan penemuannya itu Charles Babbage dianggap sebagai Bapak Komputer Modern. Pada tahun 1937 Prof. Howard Aikem seorang ahli matematika dari Univ. Harvard mulai merancang pembuatan computer yang dapat mengoperasikan aritmatika dan logika secara otomatis. Dengan bantuan perusahaan IBM komputer ini dapat terselesaikan pada tahun 1944. Komputer ini diberi nama Havard Mark I Automatic sequence-Controled Calcolator (ASCC).

Perkembangan Komputer

Hingga kini komputer dalam perkembangannya dapat dilihat pada beberapa periode:

Periode

Tahun

Ciri-ciri Komputer

I 1946-1959 1.      Komputer ini menggunakan tabung hampa (vacuum-tube) sebagai komponen utama untuk menyimpan dan memproses informasi.

2.      Ukuran komputer ini berukuran sangat besar. Kurang lebih 15.000 kaki persegi luas lantai yang digunakan. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 200 kilowatt.

3.      Contohnya: Tahun 1953 komputer IBM 701 dan tahun 1959 IBM 705 yang digunakan umtuk industri.

II 1959-1964 1.      Komputer ini menggunakan transitor yang lebih kecil, lebih murah, lebih handal, dan lebih tidak panas dibandingkan dengan tabung hampa.

2.      Menggunakan materi magnetic (magnetic disk dan magnetic tape)

3.      Peningkatan computer cukup pesat, operasi lebih cepat, komputer mulai digunakan secara luas untuk aplikasi sains dan bisnis.

4.      Contohnya: Komputer PDP 5 dan PDP 8 (komputer mini komersial pertama.

III 1967-1970 1.      Komputer ini menggunakan komponen IC (Integrated Circuit), yang mengandung ribuan transistor, resistor, dan diode.

2.      Ukuran relative lebih kecil dari generasi kedua. Mempunyai kapasitas yang lebih cepat, dan listriknya lebih kecil.

3.      Alat output-input mengalami perkembangan visual displeyterminal. Dapat melakukan multiprocessing dan multiprogramming.

4.      Contohnya: IBM S/30, PDP 11

IV 1971-1980 1.      Era komputer generai keempat, komputer menggunakan tekhnologi LSI (Large Scale Integration) dan VLSI (Very Large Style Integrated) yang memungkinkan sebuah chip yang berukuran kecil dapat mengandung ratusan ribu transistor dan komponen elektronika lainya.

2.      PC (percosal Computer mulai berkembang

3.      Contohnya: Apple 2, Xerox Corporation.

V 1981- Sekarang 1.      Pada generasi ini, Van Neumann seorang pencetus arsitek komputer konvensional yang berkembang hingga sekarang.

2.      Informasi yang diperoleh komputer dapat lebih berurutan. Karena menggunakan Massively Parallel Proccesor, komputer ini menjadi lebih murah.

3.      Contohnya: IMB PC

 

2.      Ragam Komputer

NAMA Fungsi Utama Contoh
Mikrokomputer Komputasi perseorangan. (PC)

Client  pada aplikasi client atau server.

Pengelolaan bisnis skala kecil, ataupun perkantoran

Desktop, Laptop, Notebook, PDA (Personal digital Assistant)
Workstation Server pada aplikasi client/server. Workstation RS/600 44P Model 270 (IMB), mirip PC tetapi memory sampai 8 GB.
Minikomputer Komputasi dalam satu departemen dalam perusahaan

Aplikasi CAD

Pengolahan Bisnis skala menengah

Server dalam aplikasi client/server

IMB/AS 400
Mainframe Pemrosesan bisnis skala besar

Server dalam client atau server

IBM S/390
Superkomputer Perhitungan sains komplek CRAY-I

 

A.    ICT (Information  Communicaton Technology)

a.      Pengertian Technologi

Tekhnologi adalah serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu obyek atau kecakapan tertentu yang menghasilkan barang atau jasa tertentu.

b.      Pengertian Komunikasi

Asal kata communication (Inggris) atau communication (Latin) berasal dari kata Communis “ sama atau sama makana”. Dalam bahasa Indonesia diserap menjadi komunikasi. Secara umum, komunikasi adalah pemindahan pesan dari komunikator kepada komunikan, baik langsung maupun lewat media, dalam rangaka merubah atau mempengaruhi perilakunya. Adanya feedback dari komunikan.

c.       Pengertian Teknologi  Komunikasi

Adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosal, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

            Teknologi komunikasi sekarang telah mampu mengintegrasikan teknologi komunikasi, teknologi informasi dan teknologi multimedia atau telematika. Oleh karena itu tidak heran apabila oang sering beranggapan teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh seperti telepon, satelit, antenna, Wi-Fi, dan modem.

            Adapun perbedaan teknologi komunikasi dan teknologi informasi adalah teknologi informasi lebih menekankan pada hasil data yang diperoleh, sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimaa suatau hasil data dapat disalurkan, disebarkan, dan disampaikan di tempat tujuan.

d.      Sejarah Perkembangan ICT

a.      Zaman Pra Sejarah, sebelum 300M.

          Informasi dikembangkan oleh manusia pada mulanya sebagai cara untuk pengenalan bentuk-bentuk dengan menyampaiakn informasi kepada orang lain, apa yang telah mereka dapatkan dengan cara digambar pada gua.                  Perkembagan berikutnya yaitu diciptakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi atau isyarat. Contohnya terompert dari tanduk binatang yag mengisyaratkan telah terjadi bahaya. Pada 522-486 SM, pada masa pemerintahan Raja Darius, ketika mengalami kesulitan dalam mengirimkan pesan kepada profinsi-pprofinsi dibawah kekuasaannya, Isyarat yang digunakan adalah dengan menyuruh orang berdiri di ketinggian dan menyalakan apai.

b.      Zaman Sejarah, 3000 SM-1400M.

Pada masa ini perkembangan semakin maju. Mulai ditemukan huruf abjad dan kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa.

  • 3000 SM, pertamakali ditemukan tulisan yang digunakan oleh bangsa Sumeria dengan bentuk piktograf dan tulisan Hierograf yang dikembangkan oleh masyarakat Mesir.
  • 1774 SM, Lahir abjad fonetik, penulisan dari kiri ke kanan, dan berbagai bunyi ucapan  yang dikenalkan oleh orang yunani.
  • 1400 SM, di dataran Cina sudah mulai menuliskan sejarah mereka di tulang binatang.
  • 1270 SM, Orang Suriah menerbitkan Ensiklopedi pertama.
  • 900 SM, jasa pengiriman (system layanan pos) dan kantor pos pertama di dunia lahir di Cina.
  • 776 SM, Orang yunani mempopulerkan merpati pos
  • 530 SM, di Yunani didirikan perpustakaan pertama
  • 500 SM, di Mesir tercipta alat tulis pertama menyerupai kertas yang terbuat dari serat papyrus.
  • 105 SM di Cina seseorang bernama Tsai Lun menemukan kertas yang dibuat dari serat bambu.
  • 14 M, Pelayan pos resmi berdiri di Romawi.
  • 37 M, Lahir Heliograf yaitu pengiriman pesan melalui cermin. Diciptakan oleh Kaisar Tiberius dari Roma.
  • 100 M, diciptakan buku-buku yang mirip dengan buku zaman sekarang.
  • 305 M, lahir alat cetak pertama di Cina yang terbuat dari lempengan kayu berukir.
  • 1049 M,  Pi Seng dari Cina menciptakan alat cetak yang hurufnya dapat dipindah-pindah dengan memakai lempengan tanah liat bakar.

c.       Zaman Modern, 1400 M – Sekarang

Pada zaman ini terjadi kemajuan yang pesat di dunia tekhnologi komunikasi.

  • Tahun 1450, di Eropa mulai terbit Koran pertama.
  • Tahun 1455, Johann Gutenburg mengembangkan mesin cetak yang plat hurufnya terbuat dari besi.
  • Tahun 1560, lahir kamera pertama yaitu Camera Obscura (pembuat foto yang kabur)
  • Tahun 1650, Surat kabar pertama lahir di Laipzing Jerman.
  • Tahun 1714, Henry Mill dari Inggrias menciptakan mesin ketik.
  • Tahun 1793, Cloude Chappe menciptakan jalur telegraf optic jarak jauh.
  • Tahun 1821, Charles Wheatstone menciptakan microfon.
  • Tahun 1830, Augsta Lady Byron bersama Charles Babbage menulis program komputer pertama menggunakan mesin anatycal.
  • Tahun 1831. Joseph Henry menciptakan jalur telegraf listrik pertama di dunia.
  • Tahun 1837, M.Samuel Morse, Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone mengembangkan telegraf dan kode morse yang dikirim secara jarak jauh menggunakan kabel informasi.
  • Tahun 1839, Metode praktis fotografi oleh Degguerre di Surat kabar.
  • Tahun 1843, Samuel Morse menciptakan telegraf listrik jarak jauh.Alrcander Bain menciptakan mesin faksimili pertama.
  • Tahun 1861, Coleman Sellers dari Amerika menciptakan alat bernama kinematoskop, yaitu alat yang berfungsi sebagai mesin pemutar slide pertama di sunia. (cikal bakal film sekarang).
  • Tahun 1876, Thomas Alfa Edison menciptakan mimeograph atau alat fotokopi dan Alexander graham bell menciptakan telepon pertama di dunia dan Melvyl Dewey menciptakan system pencatatan catalog buku untuk perpurtakaan yang dipakai oleh seluruh dunia yang bernama Sistem Desinal Dewey.
  • Tahun 1884, Heinrich Hertz, menemukan gelombang elektromagnetis.
  • Tahun 1887, Emile Berliner menciptakan gramafon yaitu piringan hitam pertama di dunia.
  • Tahun 1888, George Eatsman menciptakan Kodak yaitu gulunga film untuk memotret.
  • Tahun 1899, Malmon Stowger menciptakan telepon yang dapat legsung terhubung ke penerima tanpa melewati operator. Pada tahun ini juga Valdemar Poulsen menciptakan pita rekam magnetic. Tercipta juga loud speaker.
  • Tahun 1902, Guglieimo Marconi tercipta penyiaran sinyal radio pertama yang dapat menyeberangi samudra    atlantik.
  • Tahun 1910, Thoman Alfa Edison menciptakan film dengan suara pertama kali.
  • Tahun 1914, panggilan telepon antar benua dapat dilakuka.
  • Tahun 1916, Peasawat radio pertama laris di Amerika, dan lahir stasiun radio swasta pertama di dunia.
  • Tahun 1923, Pesawat televise pertama disiptakan oleh Vladimir kosma Xworykin.
  • Tahun 1925, Siaran televisi pertama dilakukan oleh john Logie Baird di amerika.
  • Tahun 1927 Film pertama bersuara diputar, berjudul The Jazz produksi Warner Brothers studios di Amerika.
  • Tahun 1934, Joseph begun menciptakan Tape Rekorder.
  • Tahun 1936, Konrad Zuse menciptakan komputer pertama di dunia yang diberi nama ZI.
  • Tahun 1940, tercipta magnatic tape.
  • Tahun 1944, Kalangan pemerintahan Amerika Serikat popular menggunakan komputer.

Era Informasi

  • Tahun 1945,  Lahir hypertext (sistem pengkodean) oleh Vannevar Bush.
  • Tahun 1946, tercipta komputer digital pertama yaitu ENIAC I.
  • Tahun 1948, para peneliti di Bell telephone mengembangkan transistor sehingga alat-alat elektronik menjadi    lebih kecil.
  • Tahun 1949, Amerika memulai jaringan televise, dengan menyiarkan acara TV ke seluruh negeri. (CBS adalah stasiun induk pertama)
  • Tahun 1951, komputer mulai dijual secara perorangan di AS
  • Tahun 1957, Tramsistor planar (kepingan kecil penyimpan jutaan transistor)dikembangkan oleh Jean Hoerni. Rusia meluncurkan Sputnik (mata-mata). AS membentuk ARPA (Advance Researac Projects Agency).
  • Tahun 1958, mesin fotokopi modern pertama (XEROX) diciptakan oleh Chester Carlson.
  • Tahun 1962, dikembangkan sistem jaringan desentralisasi (mengendalikan sistem pengeboman dan nuklir).
  • Tahun 1963, Amerika mengembangkan sistem kode pos.
  • Tahun 1966, Pabrik Xerox menciptakan mesin faksmili modern untuk umum.
  • Tahun 1969, sistem jaringan pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 titik yaitu University of California,  UniversityCalifornia of Santa Barbara, SRI (Stanford), dan University Utah dengan kecepatan 50 Kbps.
  • Tahun 1969, Lahir jaringan Internet yang dipelopori dari Amerika ARPANET.
  • Tahun 1971, pertama kali diciptakan disket.
  • Tahun 1972, stasiun TV HBO AS menciptakan TV berlanggann (TV Kabel). Dan Ray Tamlison menciptakan        program email pertama.
  • Tahun 1973, Istilah Internet dmulai diperkenalkan dalan sebuah paper mengenai TCP/ IP (Transmition Control Ptotokol/Internet Protokol) oleh DARPA.
  • Tahun 1976, Tercipta personal Computer dengan harga yang cukup murah. (Apple I). Jepang menciptakan      jaringan telepon tanpa kabel pertama di dunia.
  • Tahun 1980, Perusahaan SONY di Jepang menciptakan walkman.
  • Tahun 1981, National Science Foundation mengembangkan jaringan komputer utama yang disebut backbone    CSNET dengan kapasitas 56 Kbps. Perusahaan komputer IBM menjual komputer peroragan. Komputer mulai   dilengkapi dengan mouse, dan mulai penjualan laptop di AS.
  • Tahun 1983, AS membuat Hand Phone.
  • Tahun 1985, tercipta CD (Compact Disk) yang dapat dibaca komputer.
  • Tahun 1991, CERN memulai bisnis dalam bidang IT.
  • Tahun 1992, Pembentukan komunitas Internet dan mulai diperkenalkan istilah WWW yaitu (Word Wide Web) oleh CERN.
  • Tahun 1994, Internet menjadi wilayah yang bebas. Pemerintah AS menghentikan kendalinya. (Yahoo). Warung Internet mulai bermunculan di kota-kota besar di Indonesia. Perusahaan swasta mulai  diperkenalkan provider yang membeli jaringan dari backbone.
  • Tahun 1999, Tercipta google yaitu jasa pencari informasi secara gratis. Dan perusahaan telepon di Indonesia     mulai memasarkan

3.      ICCT (Information Communication Colaboration Technology)

Perkembangan IT,ICT dan ICCT

        Information technologi adalah suatu siatem yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan memanfaatkan perangakat komputer sebagai alat untuk memproses, meyajikan, serta mengolah data atau informasi yang berbasis pada peralatan komunikasi. Teknologi informasi lebih menekankan pada data yang diperoleh dari sistem yang digunakan (komputer).

      Seiring dengan berjalannya waktu, tekhnologi informasi berkembang menjadi tekhnologi informasi dan komunikasi. Yang pada awalnya Teknologi komunikasi hanya menekankan pada hasil saja, tetapi teknologi informasi dan komunikasi (lebih dikenal ICT) menekankan pada informasi yang didapat, alat yang digunakan, dan bagaimana agar informasi itu dapat disampaikan kepada orang lain atau pun disebarluaskan. Dengan perkembangan IT menjadi ICT membuat manusia semakin mudah dalam mendapatkan dan mengolah informasi serta dapat dengan mudah juga menyebar luaskannya sampai pada tempat tujuan (internet).

           Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya berhenti disini saja. Tetapi ICT berkembang berkolaborasi dengan alat lain atau sering disebut dengan ICCT. Para ahli di bidang ini akan terus melakukan riset dan percobaan agar ICCT ini dapat terus berkembang di dalam dunia IT.

 

 

sumber :  https://sites.google.com/site/ulinsites/cybermedia/sejarah-perkembangan-dunia-it

53 total views, 1 views today