Sejarah Wi-Fi

 Sejarah Wifi itu sendiri bermula pada tahun 1985 atas kerja keras insinyur Amerika dengan penggunan Teknologi penyebaran spektrum radio yang digunakan dalam Wi-Fi. Wirless LAN atau Wifi dibuat dan tersedia untuk umum di Amerika Serikat dalam tahun 1985, tanpa lisensi dari Komisi Komunikasi Federal (FCC). Namun, usulan awal untuk menggunakan Wireless LAN dengan teknologi radio untuk publik ini dikemukakan oleh Michael Marcus di tahun 1980, meskipun harus menunggu selama 5 tahun barulah dibuat dan tersedia di negara-negara lain.
Teknologi Wi-Fi dibuat dan dikembangkan para engineer AS yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Piranti Wi-Fi sebenarnya bukan hanya bisa bekerja pada jaringan Wireless LAN, namun juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).
Organisasi Riset Ilmiah dan Industri negara-negara Persemakmuran atau Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) sebuah badan penelitian di Australia mengajukan hak paten dari teknologi jaringan 802.11, yang digunakan WiFi pada tahun 1996.
Wi-Fi memiliki perjalan panjang, meskipun teknologinya telah merambah kota-kota kecil dan beberapa daerah di negara-negara maju, penggunaannya di negara-negara berkembang masih di bawah standar. Banyak kota dan lembaga pendidikan mempromosikan pembentukan infrastruktur Wi-Fi dalam premis mereka karena keberadaan wifi adalah prospektif.

Cara Kerja Wi-Fi

Teknologi jaringan WiFi bekerja dengan menggunakan Gelombang radio dengan menggunakan Wireless LAN dari komputer, router nirkabel memainkan peran penting pada sistem WiFi. Adaptor ini menerima data dari komputer dalam bentuk digital. Setelah Data di konversi kedalam bentuk gelombang radio maka dikirim ke router melalui antena. Sinyal decode Router mengirimkannya ke Internet. Proses ini dikembalikan ketika informasi yang dikirimkan dari internet ke komputer.
Perbedaan antara gelombang radio yang dikirim oleh Wi-Fi dan yang dikirim oleh walkie-talkie dan ponsel adalah Wi-Fi menggunakan gelombang frekuensi tinggi dari 2,4 GHz atau 5 GHz. Teknologi Wi-Fi adalah beroperasi pada platform standar jaringan IEEE 802,11. Diimplementasikan oleh Komite Standar IEEE Wireless LAN, MAN, standar jaringan 802,11 memiliki bentuk yang berbeda seperti 802.11a, 802.11b 802.11g dan 802.11n.

Kelebihan Wi-Fi

Kemudahan akses. Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.

Pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.

Kekurangan Wi-Fi

Mudahnya dihacking oleh para hacer untuk mencuri password pengguna Wi-Fi.

 

sumber : https://www.kompasiana.com/denidur/5911ffe602b0bd2f7704bc98/ini-dia-sejarah-wireless-fidelity-wifi

104 total views, 1 views today