1. JENIS-JENIS KONEKSI JARINGAN WAN

Jenis-jenis koneksi dalam WAN berbeda dengan jenis koneksi dalam LAN. Jika dalam LAN kita mengenal 2 jenis koneksi jaringan yaitu client server dan peer to peer, maka jenis-jenis koneksi dalam WAN adalah sebagai berikut:

A. Leased Line

          Leased line disebut juga point to point atau dedicated connection (koneksi yang disediakan khusus untuk pelanggan dimana bandwithnya khusus untuk pelanggan itu saja). Leased Line adalah sebuah jalur komunikasi WAN dari CPE yang telah ditetapkan sebelumnya oleh service provider melalui switch DCE menuju CPE dilokasi remote yang memungkinkan jaringan-jaringan DTE berkomunikasi setiap saat tanpa melalui prosedur setup terlebih dahulu sebelum melakukan transmisi data.
Jenis koneksi ini memberikan koneksi secara terus menerus setiap saat dan dapat digunakan kapanpun, tentunya dengan biaya yang lebih mahal. Contoh: berlangganan (speedy).

B. Circuit Switching

          Circuit Switching adalah sebuah jalur komunikasi yang digunakan dengan network Dial-Up seperti (point to point protocol) dan ISDN (Integrated Service Digital Network) yang harus melakukan setup pada koneksi terlebih dahulu sebelum melewatkan data, sama seperti melakukan panggilan telepon.
Jenis koneksi ini memiliki kemampuan untuk memberikan koneksi secara terus-menerus, namun hanya untuk sementara waktu saja atau selama anda ingin melakukan komunikasi saja. Tentunya hal ini akan menghemat biaya. Contoh: modem

C. Packet Switching

          Packet Switching adalah sebuah jalur komunikasi yang berdasarkan pada transmisi data dalam paket-paket yang memungkinkan data dari berbagai alat pada network untuk berbagi kanal komunikasi yang sama secara serentak. Keuntungannya kita dapat berbagi bandwith dengan seama pengguna untuk menghemat biaya.

2. PROTOKOL-PROTOKOL JARINGAN WAN

Protokol WAN adalah aturan atau tata cara yang digunakan dalam melaksanakan pertukaran data atau mengatur komunikasi data dalam sebuah jaringan WAN.
Protokol-protokol dalam WAN merupakan protokol dalam teknologi WAN yang bekerja pada layer physical dan data link pada model OSI 7 layer, diantaranya:

A. HDLC (High Level Data Link Control)

          HDLC dikembangkan synchronous data link control (SDLC) yang diciptakan oleh IBM (International Business Machine) sebagai protokol koneksi di layer data link (dalam OSI 7 layer). Header (informasi) HDLC tidak membawa identifikasi jenis protokol yang dibawa dalam enkapsulasi HDLC, karena itu setiap vendor yang menggunakan HDLC memiliki cara mereka sendiri dalam melakukan identifikasi protokol layer network yang berarti setiap HDLC yang dimiliki sebuah vendor bersifat propietary (hanya dapat dipakai untuk perlengkapan buatan mereka sendiri

B. PPP (Point to Point)

          PPP adalah protokol standard industry karena semua fungsi multiprotokol HDLC bersifat propietary, maka PPP dapat digunakan untuk menciptakan koneksi point to point antara perlengkapan dari vendor-vendor yang berbeda. PPP mengizinkan autentikasi dan koneksi multilink dan dapat berjalan melalui link yang synchronous dan asynchronous. PPP merupakan protokol paling umum digunakan untuk akses internet dial up.

C. Frame Relay

          Frame Relay adalah sebuah protokol enkapsulasi layer data link dengan usaha terbaik dan akses yang dibagi (shared access) dan merupakan sebuah standard industry yang melayani beberapa rangkaian virtual dan protokol diantara mekanisme yang berhubungan diciptakan sebagai pengganti dari protocol x25.

D. ISDN (Integrated Service Digital Network)

          ISDN adalah sekumpulan layanan digital yang memindahkan suara dan data melalui sambungan telephone yang ada. ISDN lebih cepat daripada sambungan dial up.

E. LAPD (Link Access Procedure Balanced)

          LAPD adalah sebuah protocol connection oriented pada layer data link untuk digunakan pada protocol x-25.

F. ATM (Asynchronous Transfer Mode)

          ATM adalah protokol yang diciptakan untuk lalu lintas data yang sensitif terhadap waktu, menyediakan transmisi suara, video dan data secara serentak. ATM menggunakan cell yang panjangnya 53 byte.

sumber : http://bopikalku.blogspot.com/2017/12/jenis-koneksi-dan-protokol-jaringan-wan.html

 491 total views,  9 views today