1. PENGERTIAN FAN (PENDINGIN)

            Fan atau Kipas pendingin, adalah salah satu kelengkapan pada komputer. Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU. Ada juga komputer yang telah dirancang khusus sudah mempunyai kipas extra yang ditempelkan pada casing komputer yang terbuat dari alumunium, namun demikian kipas tersebut tidaklah cukup untuk meredam panas yang dihasilkan oleh CPU sehingga tetap harus dipasang kipas pendingin CPU, apalagi untuk komputer yang digunakan antara antara 12 hingga 15 jam sehari sehingga kipas tersebut tidak akan cukup untuk memberikan ventilasi udara yang memadai. Oleh karena itu kipas pendingin untuk CPU didesain dan telah terbukti mampu meredam panas yang dihasilkan oleh CPU walaupun komputer dioperasikan dalam jangka waktu yang lama.

Funghsi utama dari pendingin CPU adalah menjaga agar CPU tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut. Tetapi fungsi itu dapat terganggu oleh debu yang menempel pada baling-baling kipas pendingin CPU. Debu tersebut sedikit demi sedikit akan mengurangi kinerja kipas pendingin tersebut karena semakin banyak debu yang menempel maka akan semakin berat putaran pada kipas pendingin. Oleh karena itu diperlukan perawatan secara rutin untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas pendingin CPU.

Ada dua buah kipas utama yang harus berjalan baik di komputer, yaitu:

  • Kipas processor, yang berfungsi membuang hawa panas yang diserap oleh heat
  • Kipas power supply, yang fungsinya membuang hawa panas terhadap komponen-komponen yang terdapat di power supply.

Selain kedua kipas utama tersebut, terdapat kipas tambahan yang berfungsi sebagai pendukung kipas processor yaitu kipas casing dan kipas harddisk. Kipas ini tidak terlalu urgent fungsinya, sehingga tanpa kipas ini komputer akan tetap berjalan. Tapi penambahan kipas ini tentunya akan sangat membantu kinerja komputer.

Akibat yang ditimbulkan bila kipas rusak atau tidak dipasang
Pada kipas processor, tentu saja ini akan berakibat fatal. Sebab komputer tentu tidak akan bisa loading. Dan permasalahan terkecil adalah komputer akan terus melakukan restart atau mati mendadak. Terkadang, komputer tidak bisa di hidupkan kembali. Hingga butuh beberapa saat sampai processor dingin baru komputer bisa dihidupkan. Dan kejadian restart atau mati mendadak akan terjadi kembali.

Pada processor dan motherboard tertentu, yang dilengkapi dengan sensor panas maka komputer akan mati dengan sendirinya pada derajat panas tertentu. Sehingga bisa dibilang processor akan aman. Tapi pada processor dan motherboard tertentu yang tidak dilengkapi dengan sensor panas, maka kerusakan pada kipas akan mengakibatkan jebolnya processor dan motherboard.

Kerusakan juga terjadi pada program Windows anda. Sehingga pada beberapa kasus, file system yang terdapat di Windows rusak hingga untuk melakukan perbaikannya anda harus melakukan instalasi ulang. Pada kipas power supply, hal yang sama juga terjadi. Komputer sering restart karena hawa panas yang terdapat pada power supply. Bila di diamkan terus menerus, maka akan mengakibatkan matinya power supply. Terkadang, bisa menyebabkan rusaknya Motherboard dan Harddisk.

Macam – macam pendingin computer

  • stock cooling

stock cooling adalah sebuah pendingin yang biasanya menjadi bawaan saat kita membeli processor

  • Water cooling

Sistem pendinginan air dalam PC membawa beberapa kelebihan: Komponen terintegrasi seperti CPU atau graphics card akan menjadi 10% lebih dingin, sehingga umurnya akan lebih panjang. Dengan produksi panas lebih rendah, beban sistem dan kebutuhan ventilasi berkurang, PC pun nyaris tanpa bunyi.

  • Water-Cooling

Memasang sistem pendingin air (water cooling) tidaklah terlalu sulit. Berikut akan CHIP berikan panduan langkah demi langkah untuk menginstalasi pendingin air. Dalam praktek ini , menggunakan perangkat Innovatek Premium XXD dan casing tower Silverstone TJ06. Anda tidak harus menggunakan merek ini. Di pasaran tersedia banyak merek penyedia solusi water cooling. Metode pendingin air lainnya kurang lebih sama.

  • dry ice dan nitrogen cair

Prinsip pendinginan tipe ini sangat simpel. prosesor yang akan didinginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga(bonk) yang antinya bonk tsb akan diisi dengan Dry Ice atau Nitrogen Cair.

  • Dryice

Sebelum pemasangan pendingin ini, seluruh komponen motherboard akan diolesi dengan pasta(grease) anti static untuk mencegah kondensaai(pengembunan) agar tidak terjadi korslet pada  motherboard.
di sekeliling tabung juga diberi semacam bahan isolator panas untuk mencegah kondensasi.

  • Nitrogencair

Pendinginan tipe ini biasanya digunakan untuk pendinginan ekstrim dimana untuk mengover-clock prosesor lebih lanjut diperlukan suhu minus yang ekstrim.
Suhu pendingin Liquid Nitrogen bisa mencapai -190 derajat Celcius..

  • Phase-change cooler

Pendinginan tipe ini serupa dengan pendinginan yang digunakan pada kulkas dimana pendinginan akan didorong dengan kompresor.

  • Phase-changecooler2

Pendinginan ini cenderung lebih dingin dari pada TEC.

  • TEC (Thermoelectric Cooler)

Prinsip kerja pendingin ini adalah dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga di satu sisi logam akan dingin dan di sisi logam yg lain akan panas.

gambaran prinsip kerjanya adalah sebagai berikut.

  • Big Cooling TEC

pendinginan dengan sistem ini memungkinkan untuk mendinginkan hingga dibawah suhu ruangan. Dalam kasus tertentu suhunya dapat mencapai dibawah titik beku air.

sumber : http://arek-buluagung-cinta-damai.blogspot.com/2012/04/pengertian-fan-kipas-pendingin.html

 115 total views,  1 views today