Perbedaan antara WPAN, WLAN, WMAN DAN WWAN Dan Topologinya

  1. Wireless Personal Area Network (WPAN)
    WPAN (Wireless Personal Area Network) adalah sebuah bentuk komunikasi wireless yang terbatas hanya pada jarak pendek dan umumnya hanya terbatas untuk dua buah perangkat elektronik. Media yang biasa digunakan untuk WPAN antara lain :
    ⇨   Radio Frequency (RF)
    ⇨   Infra Red (IR)
    ⇨   Bluetooth

  2. Wireless Local Area Network (WLAN)
    WLAN (Wireless Local Area Network) adalah sebuah bentuk komunikasi nirkabel yang memiliki area terbatas seperti dalam suatu ruangan ataupun sebuah gedung.
    WLAN memiliki standar komunikasi yang diatur oleh sebuah lembaga. Standar komunikasi data yang digunakan dalam WLAN umumnya adalah keluarga Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11.
    ⇨  IEEE 802.11a bekerja pada frekuensi 5GHz dan mempunyai kecepatan maksimum 54 Mbps.
    ⇨  IEEE 802.11b bekerja pada frekuensi 2,4GHz dan mempunyai kecepatan sampai dengan 11Mbps.
    ⇨  IEEE 802.11g bekerja pada frekuensi yang sama dengan IEEE 802.11b yaitu 2,4GHz, namun memiliki kecepatan maksimal yang lebih besar, yaitu 54Mbps.
    ⇨  IEEE 802.11n yang bekerja pada dua frekuensi yaitu 2,4 dan 5GHz dengan kecepatan maksimum adalah 100 sampai dengan 210 Mbps.                                                                                       IEEE sendiri adalah sebuah lembaga internasional yang bersifat non-profit yang mempromosikan pengembangan berbagai teknologi yang berkaitan dengan listrik, telekomunikasi dan jaringan komputer. IEEE menentukan berbagai standar yang sering kali dipakai sebagai standar internasional.

  3. Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)

    WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) adalah jaringan wireless network dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN di berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik atau instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Contoh teknologi WMAN adalah WiMAX.
  4. WWAN (Wireless Wide Area Network)

    Wireless Wide Area Network (WWAN) memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini dapat dibuat mencakup suatu daerah yang sangat luas, seperti kota atau negara, melalui penggunaan beberapa antena atau juga sistem satelit yang diselenggarakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasinya
    WWAN meliputi teknologi dengan daerah jangkauan luas seperti selular 2G, 3G, 4G, Cellular Digital Packet Data (CDPD), Global System for Mobile Communications (GSM), dan CDMA.

sumber : http://safniagustina.blogspot.com/2017/03/perbedaan-antara-wpan-wlan-wman-dan.html

 2,001 total views,  3 views today