Fungsi dari Harddisk

Harddisk memiliki banyak sekali fungsi dan juga perannya di dalam suatu sistem komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari harddisk di dalam sistem komputer :

  1. Tempat Menyimpan Database

Database merupakan salah satu elemen terpenting dalam suatu sistem komputer, yang dapat membantu program ataupun suatu aplikasi dapat berjalan dengan baik. Biasanya databse disimpan dalam harddisk pada komputer yang menjadi server, sehingga informasi dari database yang disimpan pada harddisk server tersebut nantinya dapat diakses dengan mudah oleh client – client. Karena itu, penggunaan harddisk sebagai database juga membutuhkan harddisk dengan kemampuan membaca yang tinggi agar tidak menjadi masalah saat melakukan pengambilan data.

Penggunaan database ini memiliki kriteria khusus. Banyaknya database cukup membuat para user perlu menggali pengetahuannya dengan database mana ia akan menyimpan semua data informasi yang penting dengan aman. Sebagai contoh, database oracle yang cukup baik bila digunakan dalam menyimpan informasi dan kerahasiaan suatu organisasi maupun instansi. Untuk itu para user tentunya memilah-milih dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan database oracle sendiri.

  1. Untuk Menyimpan Berbagai File dari User

Secara umum, harddisk bagi user memiliki fungsi yang sangat vital untuk menyimpan segala macam data, file, dokumen virtual, seperti .doc .mp3 .mkv dan masih banyak lagi jenis file penting yang dimiliki oleh user yang harus disimpan dalam harddisk. Karena itu, terkadang harddisk merupakan “nyawa” bagi para user, karena banyak sekali file – file penting milik user yang disimpan di dalam harddisk.

  1. Untuk Media Back-up

Media back up atau bantuan penyimpanan file juga merupakan salah satu fungsi dari harddisk. Bagi anda yang khawatir akan kehilangan data – data penting, maka anda dapat memanfaatkan harddisk untuk melakukan backup data anda dan mengamankan file – file penting anda.

  1. Lokasi Penyimpanan Data dari Software

Aplikasi dan juga software juga membutuhkan space dari harddisk agar bisa terinstall di dalam komputer. Karena itu, bagi anda yang membutuhkan banyak sekali aplikasi di dalam komputer anda, penggunaan harddisk memegang peranan dan juga fungsi yang sangat vital, karena apabila harddisk terlalu penuh, akan berpengaruh terahadap kinerja dari aplikasi tersebut.

  1. Untuk Menyimpan Data dari OS

Windows merupakan salah satu OS yang paling banyak digunakan oleh banyak user komputer di dunia. Windows dan juga OS lainyya membutuhkan harddisk untuk dapat terinstall dan juga menoperasikan suatu komputer. Karena itu fungsi utama dari harddisk adalah untuk menginstall OS karena tanpa OS komputer tidak akan berfungsi secara normal dan berguna bagi usernya.

Tips Memilih Harddisk

Setelah user mengetahui betapa pentingnya peran dan juga fungsi harddisk pada komputer, maka hal yang harus di perhatikan adalah pemilihan harddisk untuk keperluan dalam sehari – hari. Untuk memilih harddisk yang baik, danjuga tepat dengan penggunaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Pilih harddisk sesuai dengan spek dari laptop ataupun komputer anda, usahakan semua komponen dalam latop terpasang sesuai dengan spek yang tepat seperti halnya dengan processor paling tinggi saat ini tentunya diimbangi dengan ram dan harddisk yang mendukung.
  • Cari harddisk yang memiliki kapasitas yang cukup besar, untuk saat ini mungkin carilah harddisk dengan kapasitas minimal 500 GB.
  • Cari harddisk dengan merk dan juga aftersales yang baik, yang memberikan garansi penuh apabila terjadi kerusakan.
  • Segera cek harddisk setelah anda install, apakah dapat berjalan dengan baik dan sempurna tanpa adanya bad sector dan sebagainya.

Tips Merawat Harddisk

Harddisk pun merupakan salah satu perangkat yang membutuhkan perawatan agar tidak cepat mengalami kerusakan, seperti bad sector ataupun kerusakan pada pin harddisk. Berikut ini adalah beberapa cara merawat harddisk agar tidak mudah mengalami kerusakan :

  • Jangan membanting perangkat harddisk anda, hal ini juga dapat mengurangi cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak yang dikarenakan geseran perangkat dalam laptop.
  • Selalu gunakan harddisk yang sesuai dengan spesifikasi dari komputer dan laptop anda.
  • Jangan pernah menggoyang – goyangkan harddisk ketika sedang bekerja membaca data, karena dapat menyebabkan data corrupt.
  • Jangan biarkan harddisk bekerja di tempat yang terlalu panas, karena apabila overheat bukan hanya harddisk yang rusak namun bisa merusak komponen lainnya.

sumber : https://dosenit.com/hardware/harddisk/fungsi-harddisk-pada-komputer

 238 total views,  1 views today