Fungsi Monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer.

Jenis-Jenis Monitor

  • Chatode Ray Tube (CRT) – Monitor jenis ini dirancang dari bahan tabung hampa sebagai layarnya dengan menggunakan media tabung sinar katoda. Orang menyebutnya dengan sebutan monitor tabung karena layarnya yang menonjol ke depan (cembung).
  • Liquid Cristal Display (LCD) – LCD telah mempergunakan teknologi sedikit lebih maju. Bentuknya terkesan datar karena menggunakan teknologi bernama flat panel display (monitor berlayar datar). Resolusi layar monitor LCD lebih tinggi ketimbang CRT.
  • Light Emitting Diode (LED) – memiliki ukuran dan bentuk yang lebih ramping dibanding LCD. Layar monitor jenis ini telah mengadopsi teknologi LED backlight yang lebih efisien ketika mengeluarkan cahaya. Dengan demikian, energi daya listrik layar monitor LED lebih kecil sehingga akan lebih menghemat pemakaian listrik.
  • Plasma – Monitor ini mempergunakan gas neon/xenon yang diletakkan di antara 2 lapisan plat kaca. Pada lapisan gas tersebut dialiri listrik sehingga akan bereaksi dengan memunculkan piksel.

sumber : http://www.fungsiklopedia.com/fungsi-monitor/

 138 total views,  1 views today