Perkembangan SD Card Dari Waktu Ke Waktu

Kartu Secure Digital atau biasa kita kenal dengan istilah SD Card sekarang ini tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan menggunakan SD Card kalian bisa dengan mudah menyimpan puluhan, bahkan ribuan foto atau dokumen secara aman. Namun, tahukah kamu perkembangan SD Card dari waktu ke waktu tidaklah singkat, kalian bisa simak perkembangannya pada artikel kali ini.

SD Card merupakan memori penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan berbagai foto, video, bahkan dokumen penting. Pada tahun 1999 tepat pertama kali SD Card memulai perkembangannya. Berawal dari SanDisk, kemudian diikuti dengan Matsushita, kemudian Toshiba. Kartu penyimpanan tersebut berasal dari pengembangan Multi Media Card (MMC).

SD Card mulai diproduksi secara masal pada pertengahan tahun 2000. Saat itu, SD Card hanya memiliki kapasitas maksimal 32 hingga 64 MB, dan secara kuantitas sangatlah terbatas. Jadi, masih belum terjangkau dan memiliki keterbatasan. Sedangkan pada tahun 2003 versi mini SD Card mulai dikenalkan biasa dikenal dengan MicroSD.

MicroSD dirilis oleh SanDisk dan mulai terkenal pada tahun 2003. Konsorsium produsen menyukai spesifikasi yang MicroSD tawarkan hingga 13 Juli 2005. Pada tahap awal, MicroSD hanya memiliki kapasitas 32, 64, hingga 128 MB. MicroSD ini hanya diperuntukkan untuk ponsel, jika kalian ingin mengcopy data ke komputer bisa menggunakan perangkat tambahan, yakni Card Reader.

SD Card model terbaru kembali dikenalkan pada tahun 2006 yang diberi nama SDHC (High Capacity), SD Card ini mampu menyimpan data sebesar 2 GB. Kemudian, pada tahun 2009 mengumumkan kembali tipe SD Card terbaru, yakni SDXC (Extended Capacity), SD Card model ini mampu membaca data dengan sangat cepat dan pada tahun 2006 SD Card berkapasitas 64 GB mulai hadir. Jadi, SD Card berkapasitas 64 GB mulai hadir sejak tahun 2006.

Pada tahun 2004, SanDisk mulai terdepan dengan merilis SD Card pertamanya yang berkapasitas 512 GB. Semakin berkembangnya SD Card, perusahaan terus berkarya menghadirkan prototipe kartu yang berkapasitas 1 TB pada pertengahan tahun 2016. Perkembangan SD Card dari waktu ke waktu tidak begitu singkat dan melalui beberapa proses yang sulit, dibalik usaha perusahaan ada hasil yang luar biasa dan kini SD Card semakin terkenal dan dikenal banyak orang.

sumber : https://www.dumetschool.com/blog/Perkembangan-SD-Card-Dari-Waktu-Ke-Waktu

 238 total views,  1 views today