SEJARAH UPS

Sejarah UPS
Berbicara mengenai sejarah UPS dan jenis-jenisnya, apa sih UPS itu?
Sejarah UPS (Uninterruptible Power Suplay) adalah suatu perangkat elektronik yang berfungsi untuk mensuplay daya bebas gangguan.
Pada awalnya UPS tidaklah secanggih dan se simpel sekarang, pada era sebelum UPS kita mengenalnya dengan Power Supply/Stabilizer konvensional.  Power Supply/stabilizer konvensional merupakan cikal bakal dari sejarah perkembangan perangkat UPS.
UPS banyak di gunakan di perkantoran yang membutuhkan suplay daya secara terus menerus dan rentang terhadap kerugian akibat bermacam-macam gangguan listrik, seperti :
  1. Perbankan
    Sejarah UPS
  2. Rumahsakit
    Sejarah UPS
  3. Kantor Operator Selluler
    Sejarah UPS
  4. Perkantoran Umum yang menyimpan aset berupa data dan peralatan elektronik.
    Sejarah UPS
  5. Stasiun Televisi/Radio
    Sejarah UPS
Sejarah UPS di sempurnakan pada awal tahun 2009 dengan di luncurkanya sebuah perangkat UPS yang mampu menanggulangi 9 Masalah Kelistrikan sekaligus, yang sekarang dikenal dengan UPS Online (Doubel Conversion).
Seperti kita ketahui sebelumnya, UPS pada jaman dahulu di kenal dengan Powersupply yang hanya mampu menyetabilkan tegangan dan tidak dapat mensuplay cadangan listrik, ketika terjadi pemadaman listrik.
Seiring dengan perkembangan jaman dan meningkatnya kebutuhan keamanan data dan peralatan elektronik, maka pengembang melakukan riset terhadap powersupply dengan menambahkan teknologi Inverter didalam powersupply tersebut. Pada saat itulah mulai di temukan sebuah perangkat yang mampu memberikan daya listrik cadangan yang berasal dari system inverter (Merubah arus DC/Battray ke arus AC), saat terjadi gangguan padamnya suplay listrik pada perangkat yang di beckup.Perangkat inilah yang disebut dengan UPS/Uninterruptible Power Suplay/Suplay Daya Bebas Gangguan.
Jenis-jenis UPS di bedakan menjadi 3 berdasarkan kemampuan menanggulangi masalah kelistrikan sehari-hari, yaitu :
  1. UPS OFFLINE
    Sejarah UPS
  2. UPS LINEINTERACTIVE
    Sejarah UPS
  3. UPS ONLINE
    Sejarah UPS
Ketiga UPS diatas memiliki kemampuan yang berbeda, UPS jenis Online tentunya memiliki kemampuan menanggulangi masalah kelistrikan paling lengkap. Namun pengelompokan jenis UPS bukan tanpa tujuan dan maksut, melainkan pengelompokan UPS tersebut bertujuan untuk optimalisasi kebutuhan keamanan suplay daya yang dibutuhkan suatu perangkat  dengan mempertimbangkan masalah kelistrikan yang dialami dan yang ingin dicegah.
Sebagai contoh:
  1. Saya memiliki sebuah perangkat komputer tetapi saya juga memiliki masalah pada  suplay daya dari PLN yang sering tiba-tiba mati dan sering terjadi drop atau lonjakan tegangan dalam hitungan detik, maka UPS yang cocok saya gunakan adalah UPS OFFLINE.
  2. Saya memiliki sebuah perangkat komputer tetapi saya juga memiliki masalah pada suplay daya dari PLN yang sering tiba-tiba mati, tegangan naik turun tidak menentu dalam jangka waktu yang lama. maka UPS yang cocok untuk saya gunakan adalah UPS Line Interactive
  3. Saya memiliki sebuah perangkat Server yang terhubung ke internet yang sangat rentang sekali terhadap gangguan listrik berupa gangguan pemadaman listrik, gangguan drop dan lonjakan tegangan, gangguan nois yang menyebabkan suara bising, gangguan frekuensi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, gelombang listrik ditempat saya tidak beraturan akibat gangguan sinyal dari luar, dan perangkat saya tidak boleh putus listrik walaupun hitungan 0,01 detik karna akan menyebabkan data pada server saya korup. Dari berbagai masalah tersebut UPS yang cocok di gunakan adalah UPS ONLINE.
Diatas adalah berbagai masalah kelistrikan dan contoh menentukan UPS jenis apa yang paling cocok di gunakan berdasarkan masalah kelistrikan yang di alami dan yang ingin di cegah.
Kenapa pemilihan jenis UPS sangat perlu kita pahami?
  • Karena jika dilihat dari optimalisasi keperluan dan dari segi pendanaan, tentunya ketiga jenis UPS tersebut memiliki kemampuan dan nilai harga yang berbeda. Semakin canggih UPS, semakin banyak juga masalah kelistrikan yang dapat di tanggulangi tentunya semakin mahal pula harga UPS tersebut.

sumber : http://soloinverter.blogspot.com/2017/02/sejarah-ups-dan-jenis-jenisnya.html

 550 total views,  1 views today