Fungsi Printer pada Komputer

Printer merupakan salah satu perangkat keras komputer (output ) yang banyak digunakan untuk mencetak dokumen. Printer sendiri ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan juga fungsi penting. Apa saja fungsi – fungsi penting dari printer? berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari sebuah printer :

  1. Mencetak dokumen

Fungsi pertama dari sebuah printer, terutama dari teknik mencetak adalah mencetak dokumen. Dokumen – dokumen yang biasa dicetak dengan menggunakan printer biasanya merupakan dokumen berupa surat, transkrip, dan berbagai macam jenis dokumen lainnya. Biasanya, dokumen yang sudah dibuat di dalam komputer, dengan menggunakan software office, seperti Mocrosoft Excel dan juga Word, akan dicetak dengan menggunakan printer.

Jadi, dengan adanya rinter ini, maka dokumen tersebut akan dapat dicetak dan muncul dalam bentuk fisik.

  1. Mencetak foto

Kemampuan dan juga fungsi lainnya dari printer adalah untuk mencetak foto. Ya, saat ini, printer biasa atau yang kita kenal dengan nama desktop printer sudah sangat mumpuni untuk mencetak sebuah fotoh. Orinter yang digunakan untuk mencetak foto ini biasanya merupakan jenis printer berwarna, dengan resolusi tinggi. dengan begitu,s etiap foto yang kita simpan di dalam komputer kita, bisa kita cetak dan juga kita print dengan menggunakan printer ini, tentu saja dengan kualitas foto yang sangat baik.

Meski demikian, terkadan dalam mencetak foto menggunakan printer masih terbatas pada ukuran dari foto itu sendiri. Beberapa printer desktop yang baisa digunakan memiliki kemampuan maksimal mencetak kertas berukuran folio. Jadi tidak sema foto bisa langung di print dengan menggunakan printer biasa.

  1. Mencetak banner dan spanduk

Untuk memenuhi kebutuhan pencetakan dalam media dan juga bentuk kertas yang lebih besar, maka dikembangkanlah mesin printer yang berukuran besar, atau yang biasa kita sebut dengan nama plotter. Plotter ini merupakan mesin cetak alias printer yang berukuran sangat besar, serta memiliki kemampuan mencetak dengan resolusi yang sangat tinggi. dengan mesin ini, berbagai macam bentuk objek digital di dalam computer akan dapat mudah untuk dicetak. Biasanya mesin plotter ini banyak digunakan pada percetakan – percetakan, yang menjual jasa percetakan spanduk dan juga banner, ataupun poster.

  1. Mencetak sticker dan sablon

Selain untuk kegunaan percetakan dalam media kertas dan juga media akrlik untuk banner, printer komputer juga sering dimanfaakan untuk mencetak pada media lain. salah satunya adalah media kaca, kain dan sebagainya. Ya, saat ini sablon sudah sangat berkembang, hingga hanya dengan menggunakan printer saja, maka anda sudah bisa mendapatkan kaos dengan motif yang anda inginkan, ataupun memiki segelas cangkir yang memiliki motif foto wajah anda.

  1. Fungsi ganda merangkap scanner

Beberapa printer memiliki fungsi tambahan, yang dapat merangkap sebagai sebuah scanner. Biasanya, printer seperti ini banyak ditempatkan pada kantor – kantor, yang memiliki kebutuhan pemindaian dokumen yang tinggi. jadi, selain mampu untuk mencetak sebuah dokumen ke dalam bentuk fisik, printer juga dapat membantu mengubah dokumen fisik menjadi bentuk dokumen digital.

  1. Mengoptimalkan kemampuan pemahaman individu dalam menganalisa dokumen

Manusia memiliki keunikan tersendiri dan berbeda – beda. Ada orang yang nayaman membaca dan juga megnanalisa dokumen dengan cara menatap layar komputer, namun aada pula oorang yang hanya bisa melakukan analisa terhadap suatu dokumen hanya dengan menggunakan kertas. Jadi, dengan adanya printer, hal ini akan sangat memudahkan mereka yagn masuk ke dalam tipe seperti itu. Mereka akan lebih mudah melakukan analisa terhadap sebuah dokumen dengan mudah, dan tanpa perlu repot menatap laya komputer terlalu lama, yang mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

sumber : https://dosenit.com/hardware/printer/fungsi-printer-pada-komputer

 230 total views,  3 views today