Fungsi Webcam

Fungsi dari webcam adalah untuk dapat untuk memudahkan dalam mengolah pesan cepat seperti chat melaui video atau bertatap muka melalui video secara langsung. Selain itu Webcam juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sebuah media secara langsung, namun perlu disadari kebanyakan pengguna menggunakan piranti ini hanya untuk chat video.

Cara Kerja Webcam

Sebuah webcam yang sederhana terdiri dari: sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar, casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar, kabel support yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang kamera web. Sebuah webcam biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode penyiaran, metode yang paling umum adalah hardware mengubah gambar ke dalam bentuk file JPG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer Protocol (FTP).
Frame rate mengindikasikan jumlah gambar sebuah software dapat ambil dan transfer dalam satu detik. Untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30 fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi, dibutuhkan koneksi internet yang tinggi kecepatannya. Sebuah kamera web tidak harus selalu terhubung dengan komputer, ada kamera web yang memiliki software webcam dan web server bulit-in, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet. Kamera web seperti ini dinamakan network camera. Kita juga bisa menghindari penggunaan kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi Ethernet ataupun WiFi.
Pada perancangan aplikasi webcam untuk digunakan pada mikroskop digital, webcam akan dihubungkan ke PC untuk menampilkan hasil gambar yang terlihat. Untuk mengatur pencahayaan dan fokus, webcam tersebut dibantu dengan arduino uno. Webcam berfungsi sebagai lensa yang digunakan di mikroskop digital. Cara kerja webcam dapat dilihat seperti gambar dibawah ini:
Fungsi Dan Cara Kerja Webcam
sumber : http://fungsialat.blogspot.com/2016/12/fungsi-dan-cara-kerja-webcam.html

 102 total views,  1 views today