Kelebihan Dan Kekurangan JavaScript

Apa itu JavaScript? Mungkin banyak diantara kalian yang pernah mendengar kata javascript tetapi tidak mengerti apa itu JavaScript. Jadi, JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang dinamis dengan kemampuan berorientasi objek. Berorientasi objek maksudnya, pengimplementasian Javascript berada pada sisi klien. Klien ini merujuk pada web browser yang digunakan, seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome, sehingga tidak perlu menunggu pemrosesan di web server. Karena itu, JavaScript membuat interaksi antara user dan situs web menjadi lebih cepat. Selain itu, apa saja kelebihan dari JavaScript lainnya? Mengapa harus menggunakan JavaScript? Berikut akan kami uraikan kelebihan dan kekurangan JavaScript.

Kelebihan

1. Sangat Ringan – Javascript adalah bahasa pemrograman yang berbasis client-side, yang artinya seluruh proses yang terjadi pada sebuah halaman akan diproses oleh klien atau peramban web. Jadi, server hanya memproses HTTP-request-nya saja. Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang berbasis sisi-server. Alurnya adalah request dari peramban ke server, lalu server menerima request dan mengolahnya. Setelah request diproses, kemudian hasilnya akan dikembalikan ke klien melalui peramban. Sedangkan dengan JavaScript yang sisi-klien ini, tiga tahap tersebut dirangkum menjadi dua langkah, yakni proses dan respon saja. Dua langkah itu juga hanya dilakukan di komputer lokal saja, jadi bisa mempersingkat waktu. Inilah yang membuat JavaScript sangat ringan untuk dipakai.

2. Interaksi data yang kecil dengan server – Kamu dapat memvalidasi inputan pengguna sebelum mengirim data ke server apabila menggunakan JavaScript. Hal ini dapat menghemat lalu lintas data server, yang berarti mengurangi beban server.

3. Umpan balik data langsung ke pengunjung website – Dengan menggunakan JavaScript, pengunjung tidak perlu menunggu untuk memuat ulang halaman website ketika pengunjung lupa memasukkan data yang kurang lengkap.

4. Mudah Dipelajari – Javascript memberikan kemudahan dalam scripting. Meskipun masih awam di dunia pemrograman, kamu pasti bisa menggunakan JavaScript. Hampir semua programmer bahasa pemrograman memelajari JavaScript di awal-awal.

5. Interaktif yang meningkat – JavaScript mendukung antarmuka halaman website yang berinteraksi langsung dengan pengguna ketika pengguna menggunakan keyboard atau mouse dalam memproses data.

6. Dapat Dikolaborasikan – JavaScript itu tidak ‘sombong’. Dia mampu berkawan dengan yang lainnya, seperti PHP. Kelebihan macam ini yang membuat pekerjaan developer menjadi lebih cepat selesai. Jika ada fungsi yang tidak mampu dilakukan oleh PHP, jalankan saja pakai JavaScript.

7. Interface yang lebih kaya – JavaScript dapat digunakan untuk menginput data seperti drag and drop.

Namun, selain memiliki banyak kelebihan, tentunya JavaScript juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan. Di antaranya:

1. JavaScript tidak dapat untuk membaca atau menulis file, hal ini dimaksudkan untuk alasan keamanan.

2. Java Script tidak dapat digunakan untuk aplikasi jaringan karena kurangnya ketersediaan untuk hal itu.

3. JavaScript tidak dapat melakukan multithreading. JavaScript tidak mengizinkan program untuk berjalan terus apabila pada bagian program tersebut diblok atau sedang dalam keadaan menjalankan operasi yang lama.

4. JavaScript bergantung pada implementasi web browser. Kode JavaScript yang kamu buat mungkin saja tidak didukung oleh web browser tertentu, sehingga kamu harus bekerja ekstra untuk membuat kode lain yang didukung web browser tersebut.

sumber : http://ilmusisteminfo.com/2018/10/18/kelebihan-dan-kekurangan-javascript

 81 total views,  1 views today