kelebihan Dan Kekurangan Memori

  1. Kelebihan memori adalah sebagai berikut:
  • Dapat menyimpan data dengan mudah dan praktis
  • Membuat penyimpanan data sehingga tidak memerlukan banyak tempat.
  • Memori seperti flashdisk mudah dibawa kemana-mana.
  • Ukuran memori yang kecil dapat menampung data yang sangan besar sesuai kapasitas memori.
  • Bentu, jenis, kapasitas dan ukuran beragam sesuai yang kita butuhkan
  1. Kekurangan Memori adalah sebagai berikut:
  • Harga memori terlalu mahal menurut golongan masytarakat menengah kebawah.
  • Memori digunakan hanya oleh golongan tertentu saja. Kurangnya sosialisasi penggunaan memori sehingga sulit untuk digunakan oleh orang awam.
  • Data dapat hilang bila memori rusak atau terkena virus dan sebagainya.
  1. Ciri – ciri RAM yang rusak
    1. Berbunyi apabila ingin mengganti booting
    2. Berbunyi apabila mengganti slot
    3. Pada kipas berbunyi “krek krek krek”
    4. Komputer jadi sering restart sendiri
    5. Jika menyalakan HDD LED , tetap menyala tetapi tidak dapat booting, lalu tidak terdapat suara lain selain kipas.
    6. RAM yang rusak parah ( mungkin ) akan dideteksi oleh CPU dengan bunyi BEEP ERROR CODE, tapi RAM yg Rusaknya kira-kira 30 % ,akan lolos diuji hardware saat booting tapi akan error bila diguanakan utnuk melakukan penginstallan atau sering blue screen.
  1.  Menambah  Memory (RAM)

Untuk menambah (upgrade) RAM relatif mudah, kita tinggal mengetahui jenis RAM yang digunakan dan memeriksan apakah masih ada slot kosong untuk memasang RAM. Yang perlu diperhatikan adalah kesamaan jenis RAM, karena DDR1 tidak akan cocok dengan DDR2, dan DDR2 tidak cocok dengan DDR3. Diperlukan jenis yang sama ketika akan mengupgrade RAM.

Selain itu, satu jenis RAM biasanya mempunyai tipe yang bermacam-macam, misalnya DDR3-6400, DDR3-8500, DDR3-10600 dan lainnya ( semakin tinggi, transfer ratenya juga semakin besar). Meskipun untuk tipe yang berbeda masih kompatibel, tetapi RAM akan berjalan dengan tipe yang lebih rendah. Misalnya DDR3-10600 2 GB di gabung dengan DDR3-8500 2GB, jumlah RAM akan bertambah menjadi 4 GB, tetapi kinerja akan menyesuaikan yang terendah ( DDR3-8500 ).

 Untuk mengetahui jenis RAM yang didukung, bisa melihat buku manual/petunjuk moherboard, melihat jenis slot RAM atau menggunakan software seperti Speccy. Untuk Memory notebook/laptop, sedikit berbeda ukurannya dengan RAM PC/komputer, biasanya hanya setengah RAM PC. Ketika membeli di toko komputer bisa menyebutkan dengan SO-DIMM ( small outline dual in-line memory module ). DIMM merupakan jenis slot untuk Memory.

Jumlah maksimal RAM tergantung pada Motherboard dan juga Sistem Operasi yang digunakan. Untuk sistem operasi 32-bit biasanya tidak mendukung RAM diatas 4GB, sedangkan untuk sistem 64-bit, secara teori dapat mendukung sampai 192 GB RAM (Windows 7 ultimate). Selain itu kadang jumlah maksimal juga dibatasi oleh Motherboard, misalnya hanya mendukung maksimal 16 GB RAM.

sumber : http://artikelkompmemory.blogspot.com/2015/09/kelebihan-dan-kekurangan-memory.html

 1,393 total views,  1 views today