Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM

Memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah di proses oleh processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah atau data-data.

Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang peyimpanan di mana ruang-ruang penyimpanan memiliki alamat sendiri berupa nomor-nomor yang menunjukan lokasi tertentu di memori.

Untuk itu, kita akan membahas apa sih perbedaan RAM dan ROM, sebagai mana yang telah kita ketahui bahwa RAM dan ROM adalah sebuah memori, memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal yang disebut dengan RAM ( Random Acces Memory) dan memori eksternal atau ROM (Road Only Memory).

Pengertian dan Fungsi RAM (Random Acces Memory)

RAM merupakan memori yang berfungsi menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan.

Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari hard disk, data-data yang dimasukan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemerosesan sebuah program. Data pada memori ini aksesnya secara acak dapat dibaca, ditulis, dan dihapus beberapa kali.

Sedangkan ROM (Read Only Memory) adalah memori non-volatile atau perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan perintah data secara tetap. Sesuai dengan namanya, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat di ROM. Komputer tidak dapat merubah data dan perintah yang disimpan pada ROM.

Perintah-perintah yang disimpan di ROM tetap dibutuhkan oleh komputer. misalnya, perintah-perintah yang dijalankan pada saat komputer pertama dihidupkan. Perintah-perintah diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer tersebut dibuat.

Kelebihan dan Kekurangan RAM

Kelebihan

  1. Membuat penyimpanan data
    sehingga tidak memerlukan banyak tempat.
  2. Dapat menyimpan data dengan mudah dan praktis.

Kekurangan

  1. Harga memori terlalu mahal menurut golongan masytarakat
    menengah kebawah
  2. Memori digunakan hanya oleh golongan tertentu saja.Kurangnya sosialisasi penggunaan memori sehingga sulit untuk digunakan oleh orang awam.

Kelebihan dan Kekurangan ROM

Kelebihan

  1. Virus tidak dapat merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan didalam Bios tersebut.
  2. Isi dari program Bios ini baik sebagian maupun keseluruhannya tidak dapat dirusak atau diubah oleh pulsa listrik, selama stiker yang terdapat pada Bios.

Kekurangan

  1. Tidak dapat di upgrade atau dimodifikasi secara umum isi dari program Bios tersebut baik itu sebagian atau maupun keseluruhannya. Sehingga suatu saat segala perhitungan yang berhubungan dengan tanggal, bulan dan tahun seperti program aplikasi Microsoft excel atau lotus akan menyimpang bila tanggal, bulan, dan tahun
  2. Arus listrik yang tidak stabil dapat merusak sebagia atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan di dalam Bios tersebut.

Perbedaan mendasar RAM vs ROM

Perbedaan RAM vs ROM RAM ROM
Data Data tidak permanen dan dapat diubah beberapa kali. Data bersifat permanen. Namun, dapat diubah tetapi hanya dalam jumlah terbatas dan dengan kecepatan lambat.
Kecepatan memori berkecepatan tinggi. Jauh lebih lambat dari RAM.
Interaksi CPU CPU dapat mengakses data yang tersimpan di dalamnya. CPU tidak dapat mengakses data yang tersimpan di dalamnya.Untuk melakukannya, data pertama kali disalin ke RAM.
Ukuran dan Kapasitas Ukuran besar dengan kapasitas lebih tinggi. Ukuran kecil dengan kapasitas lebih sedikit.
Pemakaian Memori utama (modul DRAM DIMM), Cache CPU (SRAM). Firmware seperti BIOS atau UEFI. Tag RFID, mikrokontroler, perangkat medis, dan di tempat-tempat dimana solusi memori kecil dan permanen diperlukan.
Cost Itu tidak murah. Jauh lebih murah daripada RAM.

sumber : https://www.nurulfikri.ac.id/index.php/id/artikel/item/1858-perbedaan-ram-dan-rom

 147 total views,  2 views today