Kelebihan dan Kelemahan Bahasa C – Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa C adalah bahasa yang biasa digunakan untuk keperluan pemrograman sistem. Bahasa C memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan bahasa C.

Kelebihan dan Kelemahan Bahasa C

Berikut kelebihan bahasa C:

  • Banyak operator yang terdapat di dalam Bahasa C untuk manipulasi data.
  • Bahasa pemrograman yang mudah dikembangkan dan mudah dipahami, karena struktur data pada bahasa C terstruktur.
  • Bahasa C jauh lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa mesin atau bahasa assembly (rakitan), sehingga programmer tidak harus meluangkan banyak waktu untuk mengetahui detil mesin komputer.
  • Kecepatan eksekusi program bahasa C hampir sama dengan kecepatan eksekusi program yang dibuat dengan bahasa beraras rendah.
  • Manipulasi data dalam bentuk bit dan byte dapat dilakukan secara efisien di dalam bahasa C. Pada bahasa C ada yang dinamakan dengan pointer, yaitu tipe yang berkaitan dengan manipulasi alamat dari suatu data.
Berikut merupakan kelemahan atau kekurangan bahasa C:
  • Hal yang membingungkan dari bahasa C dapat terjadi karena banyaknya fleksibilitas penulisan dan operator. Jika tidak dikuasai akan hal tersebut, dapat menyebabkan masalah.
  • Pointer tidak terlalu dikenal dan tidak terbiasa digunakan bagi para programmer bahasa C pemula. Karena bahasa pemrograman lain mungkin tidak mengenal istilah pointer. Padahal salah satu kemampuan yang paling menonjol dari bahasa C adalah pointer.

Kesulitan atau kelemahan bahasa C yang diuraikan di atas dapat bersifat sementara. Jika para programmer bahasa C mempelajarinya, tidak ada yang dikatakan sangat sulit untuk bahasa pemrograman C.

sumber : http://www.carawebs.info/2014/02/kelebihan-dan-kelemahan-bahasa-c.html

 215 total views,  1 views today