Fungsi Software

  1. Software berfungsi sebagai sistem operasi atau sistem pendukung.
  2. Software berfungsi untuk mengatur (mengontrol) hardware.
  3. Sofware juga berfungsi sebagai penerjemah setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh hardware
Contoh Perangkat lunak ( Software )
  1. Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung dll.
  2. Sistem operasi (operating system) misalnya windows dan Linux.
  3. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software developmenttool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  4. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]
  5. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.
  6. Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
  7. Perangkat lunak gratis (freeware)
  8. Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)
  9. Perangkat lunak perusak (malware)
Bagaimana sobat, sudah lebih tahu bukan tentang Hardware dan Software perangkat komputer yang sobat pakai setiap hari, Setelah sobat tahu saya berharap agar semuanya dapat mempermudah sobat dalah hal penggunaan maupun perawatan komputer sobat.
SALAH SATU CONTOH SOFTWARE

Opera merupakan salah satu pengembang software web browser yang sudah terkemuka dan mereka telah membuat konsep web browser masa depan. Baru-baru ini perusahaan telah berbagi salah satu konsep web browser masa depan yang disebut Opera Neon. Konsep web browser baru tersebut memiliki tujuan untuk memperkenalkan kita sekilas bagaimana web browser di masa mendatang.
1
Opera mengatakan jika browser Neon merupakan hasil dari ribuan konsep, iterasi, gambar, versi, dan desain antarmuka. Mereka juga menegaskan jika Opera Neon merupakan browser eksperimental, dimana kita bisa membayangkan saat browsing di masa depan. Sama seperti browser utama milik Opera, browser Neon juga dibangun di atas Blink engine milik Opera tetapi dibangun dari dasar ke atas untuk memberikan efek dan animasi keren tanpa harus memperlambat dan membebani pengalaman pengguna. Selain itu, konsep web browser baru ini juga menyediakan pengguna beberapa cara baru untuk berinteraksi dengan dunia maya, termasuk kemampuan untuk drag dan mendorong hal-hal di sekitar. Pengguna juga dapat menyimpan halaman web favorit dengan cara yang mudah.

opera-neon

Beberapa fitur baru yang tidak terdapat pada browser sebelumnya meliputi halaman baru awal yang menggunakan wallpaper bawaandesktopsebagai latar belakang, sebuah sidebar yang memiliki pemutar video sendiri, download manager, dan galeri foto vertikal, tab bar visual yang membuatnya lebih mudah untuk menyaring melalui tab. Opera Neon 2 Browser ini juga dilengkapi dengan sistem cerdas yang secara otomatis dapat mengelola tab, dimana tab yang paling sering Anda kunjungi akan naik ke bagian atas, sementara untuk tab yang jarang Anda kunjungi akan berada di paling bawah. Fitur tambahan lainnya termasuk pemutar video pop-out, snap-to-galeri, mode split-screen dan masih banyak fitur-fitur baru yang tidak terdapat pada browser utama saat ini. Bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi konsep web browser baru ini, Opera menyediakan Neon secara gratis untuk Mac dan Windows yang dapat Anda download dari http://www.opera.com/neon.

sumber : https://hilmanandreas.wordpress.com/2016/12/01/pengertian-dan-fungsi-hardware-dan-software/

 217 total views,  1 views today