Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat posting tentang Kelebihan Dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java, setelah sebelumnya memposting Cara menyembunyikan data Anda dari pengintai Internet. Mungkin anda sudah tahukan java (alias jawa) sebuah pulau di indonesia?, tetapi yang saya maksud bukan itu melainkan Bahasa Pemrograman Java. Nah ini adalah pengertian bahasa pemrograman java, Java adalah bahasa pemograman yang dapat dijalankan baik di komputer ataupun ponsel dan merupakan bahasa pemograman yang bersifat umum.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Java :

Kelebihan

  • Dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer biasa disebut multiplatform, sehingga pengguna cukup menuliskan sebuah program Java untuk kemudian digunakan pada beberapa sistem operasi komputer yang berbeda. Contohnya: Untuk Hp yang ada Platform Java, Android, Windows, Linux.
  • Bahasa pemrograman yang digunakan tidak rumit dan banyak fitur yang dulunya manual telah dikerjakan secara otomatis, jadi memudahkan programer.
  • Pemrograman berorientasi objek, Konsep ini dalam bahasa inggris Object Oriented Programming
  • Lengkapnya perpustakan (library) yang akan sangat memudahkan pengguna untuk membangun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Bergaya C++ sehingga menarik banyak pemrograman dengan konsep C++ untuk hijrah ke Java.
  • Pengumpulan ‘sampah’ secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.

Kekurangan

  • Slogan java adalah ‘tulis sekali, jalankan di mana saja’, slogan tersebut tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan lancar, karena masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara satu sistem operasi dengan sistem operasi lainnya.
  • Mudah didekompilasi, dekompilasi adalah proses membalikan kode jadi menjadi kode sumber.Hal ini mungkin disebabkan oleh kode yang digunakan pada Java merupkan bytekode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi. Dan akibatnya akan ada orang yang tidak bertanggung jawab memplagiat kode sumber buatan orang lain.
  • Pengunaan memori yang banyak, lebih banyak dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi yang muncul sebelum Java, seperti C/C++ dan Pascal.
sumber : http://diaz-zahran-asyari.blogspot.com/2013/06/KelebihanKekuranganJava.html

 409 total views,  1 views today