Kelebihan dan kekurangan Kabel UTP/STP

Kelebihan kabel UTP :

download (1)Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau kabel tanpa pelindung merupakan kabel yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan/networking sehingga terbentuk sebuah topologi komputer. Ok, Saya akan membahas kelebihan& kekurangan kabel UTP :

Kelebihan kabel UTP :

  1. Mudah didapatkan/harga yang terjangkau.
  2. Mudah dalam instalasi, karena kabel hanya terdiri dari 4 pilinan serta pelindung yang tak seberapa tebal.
  3. Mudah dalam pengerjaan crimping kabel, karena diameternya yang kecil, maka membuat kabel ini cocok dengan konektor RJ 45 merk apapun.
  4. Paling sering digunakan oleh teknisi-teknisi jaringan diluar sana yang benyak kita temui, baik dalam instalasi jaringan/outdoor karena kualitas kabel UTP saat ini sudah mulai banyak diperhitungkan.

Kelemahan kabel UTP :

  1. Kabel ini tak kuat menahan interference (gangguan yang bersumber dari luar, seperti arus listrik, cuaca dsb)
  2. Karena sifatnya yang lentur dan mudah terkelupas membuat kabel ini tak cocok untuk daerah geografis yang luas serta medan yang agak berat karena sulit untuk bertahan dengan kondisi yang demikian.
  3. Tak bisa diterapkan dalam instalasi jarak jauh, maksimal 100 m. Karena dari pengalaman saya, kabel STP mampu ditarik hingga 150 m dari node ke client tanpa mengalami loss sedikitpun, sedangkan kabel UTP sudah pasti tak dapat melakukan hal yang demikian.
  4. Kita sebagai teknisi jaringan, atau jika anda bekerja di suatu perusahaan teknologi harus jeli memilih kualitas kabel UTP karena di pasaran sangat banyak merk kabel yang serupa dengan kualitas dan harga yang variatif. Jadi, daripada anda menyesal karena telah memilih kabel dengan merk yang kurang reliable maka pilihlah kabel kabel UTP yang branded dan pastinya bergaransi.
Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

download (2)

Kabel STP merupakan kabel yang intinya dilindungi/diselubungi oleh alumunium foil, sehingga lebih tahan terhadap gangguan yang bersumber dari luar (interference). Bahkan saat ini produsen sudah mendesain kabelnya dengan kecepatan transmit data yang luar biasa hingga 1 GBps, sehingga kabel ini banyak digunakan bagi perusahaan yang bergerak yang dibidang teknologi. Atau mereka yang mempunyai mobilitas tinggi dalam hal penggunaan komputer dan jaringan.  So, langsung saja inilah kelebihan dan kekurangan kabel STP :

Kelebihan Kabel STP :

  1. Kabel yang tahan terhadap gangguan yang berasal dari luar (interference), seperti arus listrik, cuaca, ataupun tekukan yang terjadi pada kabel.
  2. Kualitas yang terjamin, karena pihak produsen dalam proses produksinya menggunakan bahan mentah dengan kualitas yang terbaik, untuk menjamin produk mereka tahan lama dan berkualitas.
  3. Cocok untuk daerah geografis yang luas serta medan yang berat.
  4. Dapat ditarik hingga lebih dari 100 m dari node ke client asal jangan sampai melebihi 2 x lipatnya, karena sebaik-baiknya kabel STP masih memiliki kekurangan.
  5. Tak membutuhkan perhatian khusus.

Kekurangan kabel STP :

  1. Harga yang mahal, membuat kabel ini jarang digunakan.
  2. Membutuhkan konektor bermerek (brended), karena jika kabel STP di crimping dengan konektor yang apa adanya, bisa membuat kinerja jaringan menjadi kurang maksimal.

Cukup sekian pembahasan kita mengenai kelebihan dan kekurangan kabel UTP/STP. Semoga bermanfaat.

sumber : https://saktioferdian.wordpress.com/2014/06/23/kelebihankekurangan-kabel-utpstp/

 360 total views,  1 views today