MONITORING JARINGAN

Instalasi Software Monitoring Jaringan dan Manajemen Traffic

Instalasi software adalah pemasangan software atau aplikasi untuk menjalankan sebuah komputer. Monitoring jaringan merupakan sistem yang secara berkesinambungan melakukan proses secara terus menerus pada saat sistem jaringan aktif sehingga jaringan dapat di pantau. Maka, Instalasi software monitoring jaringan yaitu suatu komputer yang dipasang suatu software monitoring jaringan agar komputer dapat dipantau untuk keamanannya. Manajemen traffic atau lalu lintas jaringan adalah sebuah pekerjaan untuk memelihara seluruh sumber jaringan dalam keadaan baik.

Tujuan dan Manfaat Monitoring Jaringan :

  1. Agar jaringan yang telah disetting membuat proses pengiriman informasi ketika terjadi masalah menjadi lebih cepat sehingga penangan masalah pada jaringan tersebut juga lebih cepat.
  2. Waktu downtime pada jaringan pun dapat diminimalisis.
  3. Dapat membantu jika admin ingin mendesain ulang jaringan yang telah ada.

Monitoring pada jaringan ada 2 yaitu :

  1. Connection Monitoring

yaitu monitoring yang dapat dilakukan dengan cara tes ping antara monitoring station dan device yang ingin dicek,jadi dengan mudah dapat diketahui apabila koneksi putus.

  1. Traffic Monitoring

yaitu monitoring yang dapat dilakukan dengan melihat paket aktual dari traffic pada jaringan yang melaporkan berdasarkan traffic jaringan tersebut.

Suatu jaringan dapat dikatakan traffiknya padat atau tinggi, apabila banyak host yang melakukan koneksi ke server didalam jaringan tersebut. Jika traffic padat, hal yang biasa terjadi adalah : koneksi lambat, koneksi putus, dan kerusakan pada perangkat jaringan. Beberapa software Monitoring Jaringan mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan ada yang gratis atau free ada juga yang lisensinya bersifat shareware/trial saja.

Macam Software Monitoring terbaik :

  1. IPHost Network Monitoring (untuk Windows XP, Vista, 7, 8, Windows Server 2003,2008,dan 2012) Software ini mampu memonitoring jaringan berbasis client maupun server.
  1. NCS Network Scanner (untuk Windows XP, Vista,7,8) Software ini dapat mengambil daftar komputer atau perangkat lainnya yang sedang menggunakan jaringan anda.
  1. Wireless Network Watcher (untuk MAC OS) yaitu aplikasi utility yang lumayan kecil dengan kemampuan memindai jaringan nirkabel.
  1. NetWorx (untuk Windows Client dan Server) Software ini sangat cocok untuk melakukan pemantauan terhadap bandwidth.
  1. CucuSoft Net Guard (untuk Windows XP, Vista, 2003, Server, 7, 8. Berfungsi untuk memaksimalkan kecepatan internet dengan menghilangkan malware yang dapat memakan bandwidth.

Masalah pada Traffic Manajement :

  1. Data aplikasi dialirkan diatas jaringan dengan bandwidth yang tidak cukup, Bandwidth adalah lebar pita untuk kecepatan data yang digunakan dalam perpindahan.
  2. Latency yang tidak dapat diprediksi, Latency adalah jumlah waktu yang diperlukan data untuk berpindah dalam suatu jaringan.
  3. Jitter yang berlebihan, Jitter adalah perbedaan waktu antara destination dengan source.

Proses Tahapan Sistem Monitoring :

  1. Proses didalam pengumpulan data monitoring, sumber data dapat berupa network traffic, informasi mengenai hardware.
  2. Proses di dalam analisis data monitoring, yaitu dapat berupa pemilihan data dari sejumlah data yang telah terkumpul atau juga bisa berupa manipulasi data sehingga diperoleh informasi yang diharapkan.
  3. Proses di dalam menampilkan data hasil monitoring, yaitu menjadi informasi yang berguna didalam pengambilan keputusan atau kebijakan terhadap sistem yang sedang berjalan dapat berupa : sebuah tabel, gambar, kurva, atau animasi.

sumber : http://grombyangit.blogspot.com/2016/12/monitoring-jaringan.html

 156 total views,  1 views today