Fungsi Ekstranet

Fungsi dari Extranet, antara lain :

  1. Sangat membantu sebuah perusahaan untuk menjalin kerjasama bisnis dengan perusahaan lainnya.
  2. Ekstranet juga dapat digunakan untuk bertukar data dengan volume yang sangat besar dengan jaminan keamanan yang baik.

Dalam jaringan ekstranet, hanya sebagian informasi saja mengenai produk dari sebuah perusahaan, sedangkan untuk data penting yang merupakan rahasia perusahaan tidak dapat diakses oleh pihak luar. Jadi para penyalur, penjual, konsumen dan lain-lainnya hanya dapat mengakses mengenai produk dari sebuah perusahaan itu saja.

Apalagi ketika firewall diaktifkan, maka segala pengaturan dalam pengaksesan informasi akan kembali pada peraturan intranet. Dimana peraturan intranet, data rahasia perusahaan, tidak ada yang bisa mengakses kecuali internal perusahaan. Agar ekstranet dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien, maka jaringan ekstranet harus memiliki sebagian komponen berikut ini :

  • Internet protokol (TCP/IP) : merupakan suatu standar komunikasi data yang dapat digunakan suatu komunitas internet agar bisa saling bertukar dari satu komputer ke komputer yang lain yang terhubung dalam satu jaringan internet
  • Email : merupakan sarana yang dapat digunakan untuk megirim suatu surat elektronik dengan menggunakan jaringan internet.
  • Web browser : merupakan suatu sarana yang digunakan untuk mencari serta menayangkan sebuah informasi yang memang telah disediakan server web.
  • Partner bisnis : merupakan rekan bisnis dari perusahaan lain yang dapat diajak kerja sama dan juga saling bertukar informasi bisnis.
  • Terakhir yaitu telekomunikasi antar karyawan, pesanan, tempat, cek status dan kirim email.

sumber : https://www.websitependidikan.com/2017/09/pengertian-dan-fungsi-internet-intranet–ekstranet.html

 221 total views,  1 views today