Fungsi Linux

Secara umum fungsi sistem operasi yaitu :
  1. MULTITASKING : Memungkinkan beberapa program sekaligus diproses pada saat bersamaan di sebuah komputer dengan single user.
  2. MULTIPROGRAMMING : Memungkinkan beberapa program menggunakan resources komputer pada saat waktu yang bersamaan bergantian (contoh : proses memasukan data, melakukam cetak pada printer)
  3. TIME SHARING : Memungkinkan beberapa pemakai komputer menggunakan CPU bersamaan dan CPU akan memberikan waktunya bergantian kepada user untuk melayaninya.
  4. MULTIPROCESSING : Memungkinkan beberapa CPU bekerja besama – sama.
Secara detail fungsi sistem operasi yaitu :
  1. Pengaturan processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
  2. Pengaturan memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
  3. Pengaturan input/output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
  4. Pengaturan file, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
  5. Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua dan seterusnya.
  6. Interpretasi atau penerjemahan perintah – perintah dan instruksi – instruksi.
  7. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
  8. Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.
sumber : http://sekolahjurusantkj.blogspot.com/2017/08/pengertian-dan-fungsi-linux.html

 349 total views,  1 views today