Sejarah Intranet serta Perkembangannya

Sejarah intranet serta perkembangannya tak akan pernah lepas dari momentum ditahun 1990-an dimana teknologi ini mulai populer digunakan oleh banyak perusahaan dan instansi. Hal tersebut dikarenakan intranet banyak sekali memberikan nilai tambah untuk organisasi-organisasi tersebut seperti pengaturan sistem kerja guna meningkatkan produktivitas, meningkatkan kerjasama tim didalam perusahaan, serta berbagi informasi mengenai perusahaan secara efektif dan efisien. Untuk itu, mari simak bersama sejarah intranet dan perkembangnnya di dunia hingga saat ini.

Intranet Dalam kantor

Sejarah Terciptanya Intranet?

Sejarah terciptanya teknologi intranet tak akan pernah lepas daripada peran Tim Berners Lee dan rekan-rekannya untuk menciptakan sebuah ide yang disebut World Wide Web ditahun 1989. Teknologi ini memungkinkan para penggunanya untuk mengakses berbagai macam informasi secara mudah dari berbagai macam platform. Sejak saat itu, internet dan jaringan komputer pribadi seperti intranet semakin populer dikalangan masyarakat, utamanya untuk perusahaan dan instansi. Kedua jaringan tersebut menggunakan teknologi Intrenet Protocol (IP) yang dominan digunakan diera World Wide Web.

Sejarah Intranet dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Dahulu, organisasi-organisasi menemukan tantangan bagaimana cara agar bisa melakukan komunikasi antara perusahaan dan antar perusahaan secara efektif dengan biaya yang efisien, tantangan itu sekarang sudah terjawab dengan kehadiran intranet dan internet. Sejarah awalnya dimulai pada tahun 1970-an, ARPANET menemukan ide untuk membuat sistem jaringan untuk berbagi informasi dengan dikembangkannya Telnet dan FTP (File Tranfer Protocol) dimana para penggunanya bisa mengirim dan menerima data. Akan tetapi perkembangannya tidak bisa diharapkan sampai kehadiran PC ditahun 1980-an.
Tahun 1992 menjadi tonggak sejarah baru bagi teknologi ini dengan Internet Protocol (IP) barunya, yaitu Hipertext Transfer Protocol (HTTP). Teknologi ini didesain untuk meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi dan menjadi sebuah aplikasi handal di internet (red: perkembangan intranet tak pernah lepas dari perkembangan internet). Pengguna web semakin meningkat ketika diperkenalkannya sebuah internet browser yang bernama Mosaic, dimana para pengguana dapat membuat, mengakses dan berbagi informasi. Hal ini sangat memudahkan pengguna sehingga internet semakin berkembang.
Selama terjadinya evolusi internet, banyak organisasi (utamanya perusahaan-perusahaan) yang menyadari betapa besar kekuatan dan potensi teknologi ini jika digunakan didalam perusahaan. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan yang ada didalam perusahaan seperti efektivitas dan efisiensi. Dengan teknologi intranet, perusahaan dapat membangun kerjasama tim dan juga berbagi berbagai macam informasi walaupun dengan platform yang berbeda-beda. Intinya, teknologi ini bisa diterapkan dibanyak perusahaan karena sifatnya yang easy to use atau user friendly.
Teknologi intarnet ini sangat menguntungkan bagi perusahaan karena teknologi tersebut sangat bermanfaat dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan telepon dan teknologi jaringan pribadi lainnya. Teknologi intranet ini bisa merubah cara orang bekerja, belajar dan berbagi informasi. Keuntungan lainnya dari intranet adalah ketersediaan informasi, kemudahan dokumentasi dan aksesibilitas, mengurangi biaya operasional dan perbaikan serta meningkatkan efisiensi. Semakin hari tantangan semakin komplek, diharapkan teknologi intranet bisa diganti dengan teknologi baru yang lebih baik lagi.

Nah itulah pembahasan mengenai sejarah intranet serta perkembangannya di dunia, termasuk awal mula terciptanya teknologi intranet. Beberapa hal yang dapat kita simpulkan dari pembahasn tersebut antara lain bahwa perkembangan intranet tidak bisa dilepaskan dari perkembangan internet, karena pada dasarnya intranet adalah internet dalam ruang lingkup yang lebih terbatas seperti rumah, sekolah, kantor, dan lain-lain. Intranet menjadi populer ditahun 1990-an ketika banyak perusahaan yang menyadari hebat dan potensialnya internet jika digunakan didalam ruangan atau lingkup yang terbatas.

sumber : http://sahabatintranet.blogspot.com/2013/10/sejarah-intranet-serta-perkembangannya.html

 286 total views,  1 views today