Jenis Jenis Internet Yang Ada Saat Ini

Internet, saat ini bukanlah barang mewah lagi dan hampir dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Sesuai dengan tujuan dibuatnya, Internet menjadi sarana untuk menyebarkan informasi yang sangat cepat. Di Indonesia sendiri Internet sudah ada dari tahun 1994 yang ditawarkan secara komersil oleh PT. IndoNet. Jenis Internet yang pertama saat itu adalah dengan metode Dial-Up. Jenis jenis internet dapat dibedakan jadi beberapa tipe berdasarkan cara menggunakanya. Selain komputer, Internet dapat digunakan pada telefon, Handphone, televisi, dan satelit. Nah kami akan membahas jenis jenis internet yang ada saat ini.

1. Dial-Up

Koneksi Internet dial up sering disebut sebagai Shell Account yang berarti akun online pada ISP. Penggunaan akun ini akan terbatas karena biaya yang agak mahal. Akun online ini disediakan oleh banyak instansi di Indonesia. Dan ini merupakan jenis internet pertama yang ada di Indonesia.

2. SLIP / PPP

Jenis koneksi ini memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dibanding Dial-Up. Hal ini membuat para pengguna bisa menjalankan program di Internet dengan cepat dan tidak perlu mengirimkan satu persatu data dari modem atau router.

3. Leased Line

Jenis Internet ini adalah yang disewakan dengan menggunakan TCP / IP pada suatu jaringan LAN. Selain pembuatan yang komplek dan rumit juga diperlukan waktu yang lama. Banyak perusahaan yang membuat jalur yang disewakan atau leased line ini untuk disewakan atau dijual ulang kepada perusahaan kecil dan menengah.

4. Koneksi Internet Kabel

Jenis internet yang satu ini biasa digunakan dengan menghubungkan antar perangkat dengan sebuah kabel agar terhubung. Dan metode ini juga digunakan dalam layanan TV Kabel.

5. Koneksi Satelit

Terdapat beberapa daerah yang sulit mendapatkan sinyal internet secara normal. Untuk daerah-daerah ini mereka langsung menggunakan koneksi satelit. Namun koneksi ini bisa dibilang cukup mahal untuk operasionalnya.

6. ISDN

ISDN adalah singakatan dari Intergrated Serviced Digital Network. Jenis Internet ini memanfaatkan sirkuit khusus pada saluran telepon yang berguna untuk mempercepat proses transfer data. Koneksi ini sangat cepat dalam mentransfer data jika dibandingkan dengan saluran telepon biasa.

7. WiFi / Wireless Connection

Jenis Internet Wifi / wireless atau nirkabel ini membuat HP saat ini dapat mengakses internet tanpa menggunakan kabel. Wireless Connection mengugnakan gelombang radio berkecepatan tinggi namun memiliki radius tertentu.

8. Web TV

Web TV merupakan sebuah layanan email dan browsing website dengan menggunakan TV pintar.

9. Jaringan GPRS

GPRS atau General Packet Radio Service sering digunakan pada telepon seluler. Berguna untuk mentransfer atau menerima data yang menggunakan gelombang radio.

Demikian pembahasan tentang jenis jenis koneksi internet dari Digital Tetra. Selain jenis Internet, anda juga harus memperhatikan kecepatan yang diberikan. Masing-masing kecepatan ini juga memiliki sebutan-sebutan sendiri seperti GPRS, 3G, HSPA, 4G, dan yang terbaru adalah 5G yang masih dikembangkan. Jika anda ingin mengambil sebuah paket internet, pastikan anda mengambil paket dengan kecepatan tertinggi. Kecepatan sepert 4G biasanya digunakan oleh para-para pengusaha yang berbisnis dengan cara online seperti perusahaan situs poker online.

sumber : http://digitaltetra.com/jenis-jenis-internet-yang-ada-saat-ini/

 129 total views,  1 views today