Sejarah Leased Line

    a.Pengertian Leased Line

Leased line adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik. Umumnya, leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi jarak jauh yang harus dilakukan secara terus-menerus.

Leased line memiliki beberapa tingkatan tarif yang bergantung kepada lebar jalur data  yang mampu dikirimkan melalui leased line tersebut

    b.Pengguna Leased Line
Biasanya, leased line digunakan oleh perusahaan untuk menghubungkan kantor geografis jauh. Tidak seperti koneksi dial-up, leased line selalu aktif. Biaya untuk koneksi adalah tingkat bulanan tetap. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi biaya bulanan jarak antara titik akhir dan kecepatan sirkuit. Karena koneksi tidak melakukan komunikasi orang lain, operator dapat menjamin tingkat tertentu kualitas.


   c.Konektivitas Leased Line
Sebuah leased line konektivitas produk internet premium, disampaikan melalui serat biasanya, yang berdedikasi dan menyediakan uncontended, kecepatan simetris, Full Duplex. Hal ini juga dikenal sebagai garis ethernet disewakan, DIA garis, data sirkuit atau sirkuit pribadi.Sebagai contoh, T-1 saluran dapat disewakan, dan menyediakan kecepatan transmisi maksimum 1,544 Mbit / s. Pengguna dapat membagi koneksi ke baris yang berbeda untuk data multiplexing dan komunikasi suara, atau menggunakan saluran untuk satu rangkaian data berkecepatan tinggi. Semakin, leased line yang digunakan oleh perusahaan, dan bahkan individu, untuk akses internet karena mereka membayar lebih cepat kecepatan transfer data dan biaya-efektif bagi pengguna berat internet.    

d.Sejarah
Layanan leased lines (atau layanan jalur pribadi) menjadi digital pada tahun 1970 dengan konversi dari jaringan backbone Bell dari analog ke sirkuit digital. Konversi ini memungkinkan AT & T untuk menawarkan Dataphone Layanan Digital (kemudian kembali merek layanan data digital) yang mulai penyebaran ISDN dan garis T1 untuk bangunan pelanggan untuk menghubungkan.Leased line digunakan untuk menghubungkan komputer mainframe dengan terminal dan lokasi terpencil, melalui IBM Sistem Arsitektur Jaringan (dibuat tahun 1974) atau DECnet (dibuat dalam 1975).Dengan perluasan layanan digital pada 1980-an leased line digunakan untuk menghubungkan tempat pelanggan ke Frame Relay atau jaringan ATM. Akses kecepatan data meningkat dari pilihan T1 asli sampai ke sirkuit T3.

Pada 1990-an dengan kemajuan internet, leased lines juga digunakan untuk menghubungkan tempat pelanggan Point ISP Kehadiran yang sementara dekade berikutnya melihat konvergensi dari layanan tersebut (frame relay, ATM, internet untuk bisnis) dengan persembahan terpadu MPLS .Akses kecepatan data juga berkembang secara dramatis untuk kecepatan hingga 10GB / s dalam awal abad 21 dengan booming internet dan menawarkan peningkatan dalam jarak jauh jaringan optik atau Metropolitan Area Networks. 

   d.Aplikasi
EPN Leased Line dan dial-up Network.svg
Frame-Relay EPN dan Dial-up Network.svg
Leased line digunakan untuk membangun jaringan swasta, jaringan telepon pribadi (dengan PBX interkoneksi) atau akses internet atau jaringan mitra (extranet).

Berikut ini adalah review dari aplikasi leased line dalam desain jaringan dari waktu ke waktu:

  1.Situs untuk konektivitas data situsMengakhiri leased line dengan dua router dapat memperluas kemampuan jaringan di situs. Leased line pertama kali digunakan pada tahun 1970an oleh perusahaan dengan protokol proprietary seperti IBM Sistem Arsitektur Jaringan dan Digital Equipment DECnet, dan dengan TCP / IP di Universitas dan jaringan Penelitian sebelum Internet menjadi banyak tersedia. Perhatikan bahwa protokol Layer 3 lainnya digunakan seperti Novell IPX pada jaringan perusahaan sampai TCP / IP menjadi mana-mana di tahun 2000-an. Hari ini, titik ke titik sirkuit data yang biasanya ditetapkan sebagai baik TDM, Ethernet, atau Layer 3 MPLS.

  2.Situs untuk konektivitas situs PBXMengakhiri leased line dengan dua pelanggan PBX diperbolehkan untuk by-pass PSTN untuk antar-situs telepon. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengelola rencana panggilan mereka sendiri (dan menggunakan ekstensi pendek untuk nomor telepon internal) serta untuk melakukan penghematan signifikan jika lalu lintas suara cukup dilakukan di baris (khususnya ketika tabungan pada tagihan telepon melebihi biaya tetap dari leased line). 

  3.Situs untuk konektivitas jaringanSebagai permintaan tumbuh di jaringan data telcos mulai membangun jaringan yang lebih canggih menggunakan paket switching di atas infrastruktur mereka. Jadi sejumlah perusahaan telekomunikasi ditambahkan penawaran ATM, Frame-relay atau ISDN untuk portofolio layanan mereka. Leased line digunakan untuk menghubungkan lokasi pelanggan ke titik akses jaringan telekomunikasi.

  4.Sirkuit Internasional Sewa SwastaSebuah Sirkuit Internasional tersewa Swasta (IPLC) berfungsi sebagai garis titik-to-point swasta. IPLCs biasanya Waktu-division multiplexing (TDM) sirkuit yang menggunakan sirkuit yang sama di antara banyak pelanggan. Sifat TDM memerlukan penggunaan CSU / DSU dan router. Biasanya router akan mencakup CSU / DSU.

Lalu datanglah Internet (pada pertengahan 1990-an) dan karena aplikasi yang paling umum untuk leased line untuk menghubungkan pelanggan ke Point ISP nya kehadiran. Dengan perubahan bahwa internet membawa teknologi jaringan dunia lain dikembangkan untuk mengusulkan alternatif untuk Frame-relay atau ATM jaringan seperti VPN (hardware dan software) dan jaringan MPLS (yang berlaku upgrade ke TCP / IP dari ATM yang ada / frame-relay infrastruktur). Biasanya, Waktu-division multiplexing (TDM) sirkuit yang menggunakan sirkuit yang sama di antara banyak pelanggan. Sifat TDM memerlukan penggunaan CSU / DSU dan router. Biasanya, router akan mencakup CSU / DSU. IPLC adalah suatu Sirkuit Internasional tersewa Swasta yang berfungsi sebagai garis titik-to-point swasta. IPLCs biasanya Waktu-division multiplexing (TDM) sirkuit yang menggunakan sirkuit yang sama di antara banyak pelanggan. Sifat TDM memerlukan penggunaan CSU / DSU dan router. Biasanya router akan mencakup CSU / DSU.

    e.Ketersediaan
  Di InggrisDi Inggris, sewa baris tersedia di kecepatan dari 64 kbit / s meningkat di 64 kbit / s bertahap untuk 2,048 Mbit / s melalui sirkuit E1 channelised ekor dan pada kecepatan antara 2,048 Mbit / s untuk 34,368 Mbit / s melalui ekor E3 channelised sirkuit. NTE akan mengakhiri rangkaian dan memberikan presentasi yang paling sering diminta X.21 antarmuka kecepatan tinggi namun yang tersedia seperti G.703 atau 10baseT. Beberapa ISP namun menggunakan istilah yang lebih longgar, mendefinisikan leased line sebagai “layanan bandwidth didedikasikan dikirimkan melalui sambungan serat disewakan”.  
Di Amerika SerikatDi AS, kecepatan rendah leased line (56 kbit / s dan di bawah) biasanya disediakan dengan menggunakan modem analog. Kecepatan tinggi leased line biasanya disajikan menggunakan FT1 (T1 pecahan): sirkuit pembawa T1 dengan 1, sampai 24 56k atau 64k timeslots. Pelanggan harus mengelola jaringan mereka sendiri peralatan terminasi-Channel Unit Layanan dan Data Unit Pelayanan (CSU / DSU). 
 Di Hong KongDi Hong Kong, leased line biasanya tersedia pada kecepatan 512K 64k, 128k, 256k,, T1 (channelized atau tidak) atau E1 (kurang umum). Apapun kecepatan, telcos biasanya memberikan CSU / DSU dan hadir untuk pelanggan pada V.35 interface. 
 Di IndiaDi India, leased line yang tersedia pada kecepatan 64 kbit / s, 128 kbit / s, 256 kbit / s, 512 kbit / s, 1 Mbit / s, 2 Mbit / s, 4 Mbit / s, 8 Mbit / s, 16 Mbit / s T1 (1,544 Mbit / s) atau E1 (2,048 Mbit / s). Pelanggan yang terhubung baik melalui OFC, saluran telepon ADSL, atau melalui Wifi. Pelanggan akan memiliki untuk mengelola jaringan mereka sendiri peralatan terminasi, yaitu layanan saluran unit dan unit layanan data. Kebanyakan penyedia layanan memberikan jaminan uptime 99%. 
 Di ItaliaDi Italia, leased line yang tersedia pada kecepatan 64 kbit / s (diakhiri oleh DCE2 atau modem DCE2plus) atau beberapa dari 64 kbit / s dari 128 kbit / s hingga E1 dibingkai atau dibingkai (DCE3 modem) dalam bentuk digital (PDH layanan , yang dikenal sebagai CDN, Circuito Diretto Numerico). Telcos lokal juga dapat memberikan CDA (Circuito Diretto Analogico), yang pasangan tembaga polos kering antara dua bangunan, tanpa pemutusan baris: di masa lalu (pra-2002) sebuah band dasar penuh analog disediakan, memberikan pilihan kepada pelanggan untuk menyebarkan teknologi xDSL antara situs: saat ini semuanya terbatas pada 4 kHz saluran pembawa, sehingga layanan ini hanya koneksi POTS tanpa saluran setup.Untuk berbagai tujuan, garis sewa secara bertahap digantikan oleh DSL dan metro Ethernet. 

   f.Alternatif Leased lineLeased line lebih mahal daripada layanan konektivitas alternatif termasuk (ADSL, SDSL, dll) karena mereka disediakan secara eksklusif untuk penyewa tersebut. Beberapa penyedia layanan internet karena itu telah mengembangkan produk alternatif yang bertujuan untuk memberikan jenis layanan leased-line (Carrier Ethernet-berbasis, pertentangan nol, ketersediaan dijamin), dengan bandwidth yang lebih moderat, melalui jaringan broadband standar nasional Inggris. Sementara leased line full-duplex, alternatif jalur yang paling leased memberikan hanya setengah-dupleks atau dalam banyak kasus layanan asimetris. 

sumber : http://rilo131.blogspot.com/2011/09/leased-line.html

 525 total views,  3 views today