Pengertian Edubuntu

Edubuntu adalah distro Linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa Inggris education Ubuntu, yang terjemahan bebasnya kira-kira: “pendidikan untuk semua orang”. Edubuntu merupakan varian dari Ubuntu.
Edubuntu lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-workstation. Edubuntu menggunakan aplikasi thin client LTSP, terminal komputer tanpa disk.
Desktop Edubuntu sendiri masih menggunakan GNOME dan GDM sebagai display manager-nya. Aplikasi yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari aplikasi-aplikasi GNOME dan KDE, namun diutamakan aplikasi-aplikasi pendidikan untuk anak umur 6 sampai 18 tahun.

TUJUAN PROYEK

Tujuan dan prioritas utama dari penggunaan Edubuntu adalah untuk memungkinkan para pengajar dengan kemampuan teknik komputer yang terbatas membuat laboratorium komputer atau lingkungan pendidikan on-line dalam tempo singkat (sekitar 1 jam) dan menatanya secara efektif.
Prinsip desain utama Edubuntu adalah manajemen terpusat untuk konfigurasi, pemakaian dan proses, serta fasilitas untuk bekerjasama dalam sebuah kelas. Juga gabungan berbagai perangkat lunak bebas dan bahan-bahan digital untuk pendidikan.
Serta dapat dipakai oleh masyarakat yang kurang mampu dengan memanfaatkan perangkat-perangkat bekas lama

RILIS

Edubuntu, mempunyai tanggal rilis dan kode versi yang sama dengan Ubuntu, Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004, Begitupun dengan Edubuntu, rilis Edubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004 pula. Rilis ubuntu dan variannya keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu dan variannya biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya terminal saja.
Release code Ubuntu dan variannya terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron(sejenis burung).
CD Ubuntu dan variannya dapat diperoleh secara bebas/gratis dalam bentuk iso maupun kepingan cd melalui shipit. Bagi pengguna Internet di Indonesia dapat mengunduh berkas Ubuntu dan variannya lebih cepat dari cermin-cermin yang ada di Indonesia dibandingkan mengunduh dari situs luar.
Distro berbasiskan Debian yang disponsori oleh Canonical Ltd. yang dimiliki oleh Canonical Ltd. yang dimiliki oleh Mark Shuttleworth dan didistribusikan sebagai free dan open source software. tujuan utama dibuatnya Ubuntu adalah untuk penggunaan desktop meski versi Ubuntu Netbook dan Server sudah tersedia. Canonical mendapatkan keuntungan dengan menjual jasa layanan teknis dan berbagai layanan lainnya yang berhubungan dengan Ubuntu meski distronya sendiri bersifat gratis atau free of charge.

Edubuntu, juga sebelumnya dikenal sebagai Ubuntu Education Edition, adalah turunan resmi dari Ubuntu sistem operasi dirancang untuk digunakan dalam ruang kelas di sekolah sekolah , rumah dan masyarakat .
Edubuntu has been developed in collaboration with teachers and technologists in multiple countries. Edubuntu telah dikembangkan dalam kolaborasi dengan guru dan teknologi di beberapa negara. Edubuntu is built on top of the Ubuntu base, incorporates the LTSP thin client architecture and several education-specific applications, and is aimed at users aged 6 to 18. Edubuntu dibangun di atas basis Ubuntu, menggabungkan LTSP thin client arsitektur dan beberapa aplikasi pendidikan khusus, dan ditujukan untuk pengguna berusia 6 sampai 18. It is designed for easy installation and ongoing system maintenance. Hal ini dirancang untuk memudahkan instalasi dan pemeliharaan sistem berkelanjutan.

FITUR

Termasuk dengan Edubuntu adalah Linux Terminal Server Project , sejumlah besar aplikasi pendidikan termasuk GCompris , KDE Edutainment Suite , Manajer Sabayon Profil, Editor Pessulus Lockdown, Edubuntu Menueditor, OpenOffice.org, Gnome Nanny dan iTalc serta banyak lagi. Edubuntu CDs were previously available for free through their Shipit service. CD Edubuntu sebelumnya tersedia secara gratis melalui layanan ShipIt mereka. However, as of version 8.10, it is only available as a download in a DVD format. Namun, seperti versi 8.10, hanya tersedia sebagai download dalam format DVD. 

Edubuntu’s default GUI is GNOME , but since release 7.10, KDE is also available as Edubuntu KDE. Edubuntu yang standar GUI adalah GNOME , tetapi sejak rilis 7.10, KDE juga tersedia sebagai Edubuntu KDE. Since Ubuntu 10.04, the Edubuntu community has also worked with the Qimo 4 Kids project to provide a Qimo desktop that is Xfce based. Sejak Ubuntu 10.04, masyarakat juga bekerja Edubuntu dengan Anak 4 Qimo proyek untuk menyediakan desktop Qimo yang Xfce berbasis.

ujuan utama dari Edubuntu adalah untuk memungkinkan seorang pendidik dengan pengetahuan teknis yang terbatas dan keterampilan untuk membuat sebuah lab komputer atau lingkungan belajar on-line dalam satu jam atau kurang dan kemudian secara efektif mengelola lingkungan tersebut. .

sumber : http://agungpurwa3.blogspot.com/2012/11/pengertian-edubuntu.html

 357 total views,  1 views today