Pengertian tentang lubuntu dan sejarahnya

Lubuntu adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghasilkan suatu turunan resmi dari sistem operasi Ubuntu yang “lebih ringan, lebih sedikit menggunakan sumber daya dan efisien energi”, menggunakan lingkungan desktop LXDE.

Desktop LXDE menggunakan window manager Openbox dan dimaksudkan untuk menjadi sistem yang rendah persyaratan, menggunakan RAM sedikit untuk netbookmobile devices dan PC (komputer) tua. Dalam tugas ini Lubuntu akan bersaing dengan Xubuntu

Penamaan

Nama Lubuntu adalah kombinasi dari LXDE dan Ubuntu. LXDE adalah singkatan dari Lightweight X11 Desktop Environment, sedang Ubuntu berarti “perikemanusian terhadap sesama manusia” dalam bahasa Zulu dan bahasa Xhosa.

Sejarah

Desktop LXDE pertama kali disediakan sebagai paket opsional untuk Ubuntu sejak versi 8.10 “Intrepid Ibex”. LXDE juga dapat di-instal pada Ubuntu versi-versi sebelumnya.
Pada bulan Februari 2009 Mark Shuttleworth mengundang proyek LXDE menjadi proyek tersendiri dalam komunitas Ubuntu, dengan tujuan khusus untuk menghasilkan turunan resmi Ubuntu baru yang dinamakan Lubuntu.
Pada bulan Maret 2009, proyek Lubuntu dimulai pada Launchpad oleh Mario Behling, termasuk peresmian logo awal. Tujuan proyek Lubuntu adalah untuk mendapatkan sokongan dana dari [Canonical]]. Proyek ini juga membuat sebuah halaman proyek wiki Ubuntu resmi, juga dipimpin Behling, yang mencakup daftar aplikasi, paket dan komponen. Pada bulan Agustus 2009, test ISO pertama diterbitkan sebagai Live CD, tanpa opsi untuk peng-instal-an.

 233 total views,  1 views today