Kelebihan dan kekurangan SuSE Linux

Berbicara Linux tentu tidak ada habisnya, mengingat sistem operasi yang satu ini memiliki varian yang sangat banyak. Kita bisa memilih varian (baca : distro) Linux apa saja yang Kita inginkan. Mulai dari distro Linux sederhana sampai yang kompleks. Dari distro Linux yang hanya mendukung fitur sederhana pengetikan sampai distro yang sudah menyediakan paket aplikasi multimedia super lengkap seperti Ubuntu Studio. Pemilihan distro Linux tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan juga spesifikasi komputwr yang kita gunakan. Agar tidak salah dalam memilih. Disamping itu juga penting untuk membackup data sebelum memulai instalasi, karena pengubahan partisi harddisk merupakan hal krusial yang kalau tidak ditangani dengan Hati-hati, bisa merusak data didalamnya.

Di artikel kali ini Kita akan membahas tentang 4 Kelebihan dan Kekurangan Linux SuSE. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada. Untuk ifu mari disimak sampai akhir artikel ini.

SuSE Linux merupakan satu dari sekian banyak distro (baca : varian) Linux yang sudah didistribusikan di seluruh belahan dunia. SuSE sendiri merupakan distro yang bersifat stabil dan ramah pengguna (user-friendly). Dan dia merupakan salah satu distro diantara distro Linux populer di Dunia. Dengan berbagai kelimpahan fitur dan dukungan dari Software Package manager yaitu YaST (Yet Another Setup Tool), mampu menjadikan sistem operasi Linux ini cukup tangguh untuk digunakan.

Linux SuSE merupakan Linux dari negara jerman, merupakan turunan Red Hat yang mana merupakan salah satu dari sekian distro Linux populer yang banyak digunakan di berbagai kalangan. SuSE sendiri merupakan kependekan dari Software und System-Entwicklung atau dalam bahasa inggris berarti Software and systems development. Mari kita simak tentang kelebihan dan kekurangan sistem operasi SuSE yang satu ini.

Kelebihan SuSE

  1. Bebas virus
    Aman terhadap gangguan virus sudah menjadi rahasia umum dari semua distribusi atau sistem operasi Linux. Dan SuSE juga diklaim merupakan sistem operasi yang tangguh dimana selain integritas pengaturan sistemnya yang lengkap, juga tentang keamanan dan kehandalan dalam mencover seluruh file sistem nya dari gangguan virus. Hal ini dimungkinkan karena basis kernel yang digunakan aman, ditambah juga dengan file sistem linux (EXT3/EXT4) yang dikenal cukup aman dari segi keamanan data.
  2. kelengkapan pustaka dan berlimpahnya software yang disertakan
    Aplikasi yang disediakan oleh SuSE cukup banyak, bahkan saat distro Linux SuSE ini diinstal sudah banyak aplikasi default yang disediakan, mulai dari grafis, office, browser, dan sampai desktop manager package. Adapun untuk instalasi tambahan bisa menggunakan package berformat .rpm yang merupakan jenis paket instalasi software Red Hat. Beberapa aplikasi yang disediakan sebagai aplikasi di OpenSuSE antara lain : Firefox (untuk keperluan web browsing menjelajah internet), LibreOffice (aplikasi perkantoran untuk pembuatan naskah, pengolahan laporan berbasis angka),  Amarok (media player audio / video), Kaffeine, GIMP (aplikasi editing image), Kontact (manager kontak), dan K3B (aplikasi burning CD/DVD).
  3. Proses instalasi di SuSE tergolong mudah
    berkat adanya aplikasi manager package bernama YaST. YaST atau merupakan singkatan dari Yet another Setup Tool adalah tool bawaan SuSE yang berfunsi untuk mempermudah dalam proses instalasi suatu software di SuSE (OpenSuSE) karena aplikasi ini selain menginstal package yang ingin Kita pasang di SuSE kita, diajuga mampu mencari berbagai dependency yang dibutuhkan, karena perlu Kita ingat bahwa sistem operasi berbasis Linux menggunakan dependency untuk instalasi paket aplikasi third party nya.
  4. Pilihan desktop manager yang lengkap
    Untuk sebuah distro Linux dengan banyaknya pilihan aplikasi default atau bawaan yang terinstal saat distro linux SuSE ini diinstal, distro ini cukup lengkap dalam hal pilihan desktop manager. Ada beberapa varian desktop manager yang disediakan SuSE ini, yang paling populer yang ada di SuSE adalah KDE dan GNOME.

Kekurangan SuSE

  1. Proses instalasi sedikit rumit
    Hal yang demikian terjadi karena basis distro Linux sendiri menggunakan sistem dependency untuk file paket instalasinya. Terkadang user pemula agak kesulitan untuk mengoperasikan YaST, meskipun tersedia YaST, tetapi semestinya sebagai seorang pengguna Linux yang ingin mengenal lebih dekat dengan distro SuSE sudah menjadi kebaikan jika Kita juga mempelajari dan memahami bagaimana cara menginstal paket instaler Linux secara manual, baik file berformat .rpm ataupun .tar.gz (native compilable format)
  2. Issue kompatibilitas pada beberapa Hardware
    Beberapa hardware juga dilaporkan memiliki kendala / issu driver saat dipasangkan denagn Linux SuSE ini, meskipun tidak berarti semua fungsi hardware tersebut tidak bisa digunakan. Untuk memastikan dukungan format hardware tersebut di SuSE, silahkan kunjungi websits resmi SuSE.
  3. Dukungan komunitas dan forum masih sedikit
    Tidak seperti user Ubuntu, dukungan komuntas dan forum online distro SuSE sendiri belum sebanyak Ubuntu, hal itu terjadi karena masih belum banyaknya pengguna yang melirik distro SuSE ini sebagai alternatif bagi sistem operasi mereka. adapun sistem operasi lain seperti Ubuntu sudah memiliki pangsa pasar yang luas.
  4. Tidak adanya codec default untuk audio
    Pada saat instalasi SuSE, defaultnya codec audio (bukan aplikasi audio) dalam hal ini .mp3, tidak terinstal sehingga Kita tidak bisa memutar mp3 di Linux SuSE ini meskipun sudah menginstal aplikasi mp3 -player di SuSE. Untuk itu diperlukan akses internet saat pertama menginstal SuSE di PC, agar bisa mendownload codec yg diperlukan saat instalasi Linux ini.

Demikianlah ulasan dari artikel kelebihan dan kekurangan SuSE. Semoga bisa memberi pengetahuan dan wawasan terhadap pembaca sekalian khusus nya para newbie dalam hal Linux agar mereka termotivasi untuk mempelajari Distro-distro Linux khusus SuSE ini. Distro linux memiliki jumlah yang sangat banyak, sehingga ada baiknya Kita mempelajari Kaidah-kaidah dasar sistem operasi Linux lebih dari sedekar mempelajari varian Linuxnya sendiri.

sumber : https://dosenit.com/software/sistem-operasi/kelebihan-dan-kekurangan-suse

 112 total views,  1 views today