Sejarah Ubuntu Mate

Proyek Ubuntu MATE didirikan oleh Martin Wimpress dan Alan Pope dan mulai menjadi turunan resmi dari Ubuntu, setelah rilis pertama Ubuntu 14.10; sebuah 14.04 LTS release segera diikuti. pada februari 2015, Ubuntu MATE memperoleh status resmi sebagai Ubuntu flavour dari Canonical Ltd. sesuai rilis 15.04 Beta 1. selain untuk arsitektur IA-32 dan x86-64 yang merupakan awal platform yang didukung, Ubuntu MATE ini juga mendukung PowerPC dan ARMv7 (pada Raspberry Pi 2 dan 3).

Pada bulan April 2015, Ubuntu MATE mengumumkan kemitraan dengan reseller komputer dari Inggris, Entroware, memungkinkan konsumen Entroware untuk membeli komputer desktop dan laptop dengan Ubuntu MATE terinstal dengan dukungan penuh. Beberapa penawaran perangkat keras lainnya diumumkan kemudian.

Ubuntu MATE adalah distribusi linux sumber terbuka gratis dan aplikasi resmi turunan dari Ubuntu. Ubuntu MATE diturunkan dari Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop MATE sebagai antarmuka pengguna baku, MATE merupakan lingkungan desktop turunan GNOME 2 yang digunakan untuk Ubuntu dibawah versi 11.04, sebelum menggunakan antar muka pengguna grafis Unity. Unity merupakan antar muka default ubuntu desktop saat ini, atau GNOME Shell mulai Ubuntu 17.10.

penerimaan

Pada Mei 2016 review Jesse Smith dari DistroWatch menyimpulkan, “meskipun sempat menemui beberapa masalah dalam instalasi, akhirnya berhasil menginstall Ubuntu MATE dan berjalan lancar, saya memandang distribusi ini termasuk baik. Proyek ini menyediakan sistem operasi yang sangat cocok untuk pengalaman desktop yang membutuhkan beberapa sumber daya perangkat keras standar modern. Saya juga sangat menyukai tema default yang digunakan pada Ubuntu MATE.” Pada agustus 2017, Ubuntu MATE berada pada peringkat 24 di Distrowatch dalam hits peringkat 6 bulanan.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu_MATE

 247 total views,  2 views today