Safari (web browser)

Safari adalah peramban web grafis yang dikembangkan oleh Apple, berdasarkan pada mesin WebKit. Pertama kali dirilis di desktop pada tahun 2003 dengan Mac OS X Panther, versi mobile telah dibundel dengan perangkat iOS sejak diperkenalkannya iPhone pada 2007. Safari adalah browser default pada perangkat Apple. Versi Windows tersedia dari 2007 hingga 2012.

Sejarah dan perkembangan

Hingga 1997, komputer Macintosh Apple dikirimkan hanya dengan Netscape Navigator dan browser web Cyberdog. Internet Explorer untuk Mac kemudian dimasukkan sebagai browser web default untuk Mac OS 8.1 dan kemudian, sebagai bagian dari perjanjian lima tahun antara Apple dan Microsoft. Selama waktu itu, Microsoft merilis tiga versi utama Internet Explorer untuk Mac yang dibundel dengan Mac OS 8 dan Mac OS 9, meskipun Apple terus memasukkan Netscape Navigator sebagai alternatif. Microsoft akhirnya merilis Internet Explorer for Mac edisi Mac OS X, yang dimasukkan sebagai browser default di semua rilis Mac OS X dari Mac OS X DP4 hingga dan termasuk Mac OS X v10.2.

Safari 1

Pada 7 Januari 2003, di Macworld San Francisco, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah mengembangkan browser web sendiri, yang disebut Safari. Itu didasarkan pada garpu internal Apple dari mesin rendering KHTML, yang disebut WebKit. Perusahaan merilis versi beta pertama, hanya tersedia untuk Mac OS X, di kemudian hari. Sejumlah versi beta resmi dan tidak resmi diikuti, hingga versi 1.0 dirilis pada 23 Juni 2003. Awalnya hanya tersedia sebagai unduhan terpisah untuk Mac OS X 10.2, Safari dipaketkan dengan Mac OS X v10.3 pada 24 Oktober 2003 sebagai browser default, dengan Internet Explorer untuk Mac dimasukkan hanya sebagai browser alternatif. Versi 1.0.3, dirilis pada 13 Agustus 2004 adalah versi terakhir untuk mendukung Mac OS X 10.2, sementara 1.3.2, dirilis pada 12 Januari 2006 adalah versi terakhir untuk mendukung Mac OS X 10.3. Namun, 10,3 menerima pembaruan keamanan hingga 2007.

Safari 2

Pada April 2005, Dave Hyatt, salah satu pengembang Safari di Apple, mendokumentasikan studinya dengan memperbaiki bug spesifik di Safari, sehingga memungkinkannya untuk lulus uji Acid2 yang dikembangkan oleh Proyek Standar Web. Pada tanggal 27 April 2005, ia mengumumkan bahwa versi pengembangan Safari-nya sekarang lulus tes, menjadikannya browser web pertama yang melakukannya. Safari 2.0 dirilis pada tanggal 29 April 2005, karena satu-satunya browser web yang disertakan dengan Mac OS X 10.4 .

Versi ini disebut-sebut oleh Apple sebagai memiliki dorongan kecepatan 1,8x lebih dari versi 1.2.4, tetapi belum termasuk perbaikan bug Acid2. Perubahan yang diperlukan pada awalnya tidak tersedia untuk pengguna akhir kecuali mereka mengunduh dan mengkompilasi kode sumber WebKit sendiri atau menjalankan salah satu build otomatis malam yang tersedia di OpenDarwin.org. Apple akhirnya merilis Safari versi 2.0.2, yang mencakup modifikasi yang diperlukan untuk lulus Acid2, pada tanggal 31 Oktober 2005.

Pada Juni 2005, setelah beberapa kritik dari pengembang KHTML tentang kurangnya akses untuk mengubah log, Apple memindahkan kode sumber pengembangan dan pelacakan bug dari WebCore dan JavaScriptCore ke OpenDarwin.org. WebKit sendiri juga dirilis sebagai sumber terbuka. Kode sumber untuk aspek non-renderer browser, seperti elemen GUI-nya, tetap berpemilik. Versi stabil terakhir dari Safari 2, Safari 2.0.4, dirilis pada 10 Januari 2006 untuk Mac OS X. Itu hanya tersedia sebagai bagian dari Pembaruan Mac OS X 10.4.4. Versi ini membahas tata letak dan masalah penggunaan CPU, di antara peningkatan lainnya. Safari 2.0.4 adalah versi terakhir yang dirilis secara eksklusif di Mac OS X hingga versi 6 pada 2012.

Safari 3

Pada 9 Januari 2007, di Macworld SF, Jobs mengumumkan iPhone. Sistem operasi perangkat (yang kemudian disebut iPhone OS dan kemudian diubah namanya menjadi iOS) menggunakan versi mobile browser Safari dan mampu menampilkan situs web kelas desktop penuh. Pada tanggal 11 Juni 2007, di Apple Worldwide Developers Conference, Jobs mengumumkan Safari 3 untuk Mac OS X 10.5, Windows XP, dan Windows Vista. Selama pengumuman, ia menjalankan benchmark berdasarkan suite tes browser iBench membandingkan browser Windows paling populer, karenanya mengklaim bahwa Safari adalah browser tercepat.

Tes pihak ketiga selanjutnya tentang waktu muat HTTP akan mendukung klaim Apple bahwa Safari 3 memang peramban tercepat di platform Windows dalam hal pemuatan data awal melalui Internet, meskipun ternyata hanya lebih cepat dari Internet Explorer 7 dan Mozilla. Firefox saat memuat konten statis dari cache lokal. Versi awal Safari 3 beta untuk Windows, dirilis pada hari yang sama dengan pengumuman di WWDC 2007, memiliki beberapa bug yang diketahui dan eksploitasi nol hari yang memungkinkan eksekusi jarak jauh. Bug yang ditujukan kemudian diperbaiki oleh Apple tiga hari kemudian pada 14 Juni 2007, dalam versi 3.0.1 untuk Windows. Pada 22 Juni 2007, Apple merilis Safari 3.0.2 untuk mengatasi beberapa bug, masalah kinerja, dan masalah keamanan lainnya. Safari 3.0.2 untuk Windows menangani beberapa font yang hilang pada browser tetapi sudah diinstal pada komputer Windows, seperti Tahoma, Trebuchet MS, dan lainnya.

IPhone secara resmi dirilis pada tanggal 29 Juni 2007. Ini termasuk versi berbasis Safari pada mesin rendering WebKit yang sama dengan versi desktop, tetapi dengan fitur yang dimodifikasi lebih cocok untuk perangkat seluler. Jumlah versi Safari seperti yang dilaporkan dalam string agen penggunanya adalah 3.0, sejalan dengan versi desktop Safari kontemporer. Rilis stabil pertama, non-beta dari Safari untuk Windows, Safari 3.1, ditawarkan sebagai unduhan gratis pada 18 Maret , 2008. Pada Juni 2008, Apple merilis versi 3.1.2, menangani kerentanan keamanan dalam versi Windows di mana mengunjungi situs web jahat dapat memaksa unduhan file yang dapat dieksekusi dan mengeksekusinya di desktop pengguna. , 2008, memperkenalkan fitur anti-phishing menggunakan Google Safe Browsing dan dukungan Sertifikat Validasi Diperpanjang. Versi terakhir Safari 3 adalah 3.2.3, dirilis pada 12 Mei 2009.

Safari 4

Pada 2 Juni 2008, tim pengembangan WebKit mengumumkan SquirrelFish, mesin JavaScript baru yang sangat meningkatkan kecepatan Safari dalam menafsirkan skrip. Mesin ini adalah salah satu fitur baru di Safari 4, dirilis kepada pengembang pada 11 Juni 2008. Mesin JavaScript baru dengan cepat berevolusi menjadi SquirrelFish Extreme, menampilkan kinerja lebih ditingkatkan lebih dari SquirrelFish, dan akhirnya dipasarkan sebagai Nitro. Beta publik Safari 4 dirilis pada 24 Februari 2009, dengan fitur-fitur baru seperti alat Top Sites (mirip dengan fitur Speed ​​Dial Opera), yang menampilkan situs yang paling banyak dikunjungi pengguna di dinding 3D. Flow Flow, fitur dari Mac OS X dan iTunes, juga diterapkan di Safari. Di versi beta publik, tab ditempatkan di bilah judul jendela, mirip dengan Google Chrome. Bilah tab dipindahkan kembali ke lokasi aslinya, di bawah bilah URL, pada rilis final. Versi Windows mengadopsi tema Windows asli, daripada antarmuka gaya Mac OS X yang digunakan sebelumnya. Apple juga menghapus bilah progres biru yang terletak di bilah alamat (kemudian dipulihkan di Safari 5). Safari 4.0.1 dirilis untuk Mac pada 17 Juni 2009 dan memperbaiki masalah dengan Wajah di iPhoto ’09. Safari 4 di Mac OS X v10.6 “Snow Leopard” memiliki dukungan 64-bit, yang dapat membuat JavaScript memuat hingga 50% lebih cepat. Ini juga memiliki built-in resistance yang unik untuk Snow Leopard; crash crash akan membuat browser tetap utuh jika plug-in seperti Flash player mogok, sehingga tab atau jendela lain tidak akan terpengaruh.

Safari 4.0.4, dirilis pada 11 November 2009 untuk OS X dan Windows, lebih jauh meningkatkan kinerja JavaScript. Safari adalah salah satu dari dua belas browser yang ditawarkan kepada pengguna UE dari Microsoft Windows pada 2010. Itu adalah salah satu dari lima browser yang ditampilkan pada halaman pertama pilihan browser bersama dengan Chrome, Firefox, Internet Explorer dan Opera.

Safari 4 features

Dimulai dengan Safari 4, bilah alamat telah diubah sepenuhnya:

  • Bilah progres garis biru diganti dengan bezel berputar dan indikator pemuatan yang melekat padanya.
  • Tombol untuk menambahkan bookmark sekarang terpasang ke bilah alamat secara default.
  • Tombol reload / stop sekarang ditumpangkan di ujung kanan bilah alamat.

Safari di Mac OS X dan Windows dibuat agar terlihat lebih mirip dengan Safari di iPhone daripada versi sebelumnya.

Safari 4 juga mencakup fitur-fitur baru berikut:

  • Benar-benar lulus tes standar Acid3
  • Penjelajahan Alur Sampul untuk Riwayat dan Bookmark
  • Alat pengembang yang ditingkatkan, termasuk Web Inspector, tampilan elemen CSS, debugger dan profiler JavaScript, tabel offline dan manajemen basis data dengan dukungan SQL, dan grafik sumber daya
  • Mesin Nitro JavaScript yang menjalankan JavaScript hingga delapan kali lebih cepat dari Internet Explorer 8 dan lebih dari empat kali lebih cepat dari Firefox 3
  • Tampilan Windows asli pada Windows (Aero, Luna, Classic, dll., Tergantung pada OS dan pengaturan) dengan rendering font Windows standar dan rendering font Apple opsional
  • Dukungan untuk efek retouching gambar CSS
  • Dukungan untuk Kanvas CSS
  • Pemuatan spekulatif, tempat Safari memuat dokumen, skrip, dan informasi gaya yang diperlukan untuk melihat halaman web sebelumnya
  • Dukungan untuk HTML5
  • Top Sites, yang menampilkan hingga 24 thumbnail halaman paling sering dikunjungi pengguna saat startup

Safari 5

Apple merilis Safari 5 pada 7 Juni 2010, menampilkan Safari Reader baru untuk membaca artikel di web tanpa gangguan (berdasarkan alat Readability Arc90), dan peningkatan kinerja JavaScript 30 persen di atas Safari 4. Safari 5 mencakup alat dan dukungan pengembang yang ditingkatkan lebih dari selusin teknologi HTML5 baru, yang berfokus pada interoperabilitas. Dengan Safari 5, pengembang sekarang dapat membuat Ekstensi Safari yang aman untuk menyesuaikan dan meningkatkan pengalaman menjelajah. Apple juga menambahkan kembali bilah kemajuan di belakang bilah alamat dalam rilis ini.

Safari 5.0.1 mengaktifkan Extensions PrefPane secara default; sebelumnya, pengguna harus mengaktifkannya melalui menu Debug. Apple juga merilis Safari 4.1 bersamaan dengan Safari 5, khusus untuk Mac OS X Tiger. Pembaruan mencakup sebagian besar fitur dan peningkatan keamanan yang ditemukan di Safari 5. Namun, itu tidak termasuk Pembaca Safari atau Ekstensi Safari. Bersama dengan Mac OS X 10.7 Lion, Apple merilis Safari 5.1 untuk Windows dan Mac pada 20 Juli 2011, dengan fungsi baru ‘Reading List’ dan pengalaman menjelajah yang lebih cepat. Apple secara bersamaan merilis Safari 5.0.6 untuk Mac OS X 10.5 Leopard, tidak termasuk pengguna Leopard dari fungsi baru di Safari 5.1.

Safari 5.1.7 telah menjadi versi Safari terbaru yang dikembangkan untuk Windows.

Safari 5 features

  • Pencarian teks lengkap melalui histori peramban.
  • Pembaca Safari, yang menghapus pemformatan dan iklan dari halaman web.
  • Bidang alamat impor, di mana bilah alamat autocomplete akan cocok dengan judul halaman web dalam sejarah atau bookmark.
  • Ekstensi, yang merupakan pengaya yang menyesuaikan pengalaman penjelajahan web.
  • Dukungan yang ditingkatkan untuk HTML5, termasuk video layar penuh, teks tertutup, geolokasi, EventSource, dan varian awal protokol WebSocket yang sekarang sudah usang.
  • Pengawas Web yang ditingkatkan.
  • Mesin Nitro JavaScript yang lebih cepat.
  • Pengambilan gambar Nitro JavaScript.
  • prefetching NSN, tempat Safari menemukan tautan dan mencari alamat di halaman web sebelumnya.
  • Bawa pencarian.
  • Peningkatan akselerasi perangkat keras grafis pada Windows.

Selain itu, bilah kemajuan sebaris biru telah kembali ke bilah alamat, selain bezel pemintalan dan indikator pemuatan yang diperkenalkan di Safari 4. Tampilan Situs Teratas sekarang memiliki tombol untuk beralih ke Pencarian Riwayat Lengkap. Fitur lain termasuk Pembuat ekstensi untuk pengembang Ekstensi Safari, yang dibangun menggunakan standar web seperti HTML5, CSS3, dan JavaScript.

Safari 6

Safari 6.0 sebelumnya dikenal sebagai Safari 5.2 hingga Apple mengumumkan perubahan di WWDC 2012. Rilis stabil Safari 6 bertepatan dengan rilis OS X Mountain Lion pada 25 Juli 2012, dan terintegrasi ke dalam OS. Ketika Apple mengintegrasikannya dengan Mountain Lion, itu tidak lagi tersedia untuk diunduh dari situs web Apple atau sumber lainnya. Apple merilis Safari 6 melalui Pembaruan Perangkat Lunak untuk pengguna OS X Lion. Ini belum dirilis untuk versi OS X sebelum Lion atau untuk Windows. Mengenai tidak tersedianya Safari 6 di Windows, Apple telah menyatakan “Safari 6 tersedia untuk Mountain Lion dan Lion. Safari 5 terus tersedia untuk Windows.” Microsoft menghapus Safari dari halaman BrowserChoice-nya.

Pada 11 Juni 2012, Apple merilis pratinjau pengembang tentang Safari 6.0 dengan fitur yang disebut iCloud Tabs, yang memungkinkan pengguna untuk ‘menyinkronkan’ tab terbuka mereka dengan iOS atau perangkat OS X lainnya yang menjalankan perangkat lunak terbaru. Safari 6 juga menyertakan fitur privasi baru, termasuk preferensi “Minta situs web untuk tidak melacak saya”, dan kemampuan situs web untuk mengirim pemberitahuan pengguna OS X 10.8 Mountain Lion, meskipun menghapus dukungan RSS. Safari 6 memiliki kemampuan Share Sheets di OS X Mountain Lion. Opsi Lembar Bagikan adalah: Tambahkan ke Daftar Bacaan, Tambahkan Bookmark, Email Halaman ini, Pesan, Twitter dan Facebook. Pengguna sekarang dapat melihat tab dengan pratinjau halaman penuh tersedia.

Safari 6 features

Safari 6 memperkenalkan fitur-fitur berikut, banyak di antaranya hanya tersedia di OS X 10.8 Mountain Lion:

  • Bidang pencarian cerdas terpadu, yang menggabungkan alamat web dan bidang pencarian, mirip dengan Omnibox Chrome dan Awesome Bar Firefox.
  • Tampilan Tab (khusus Mountain Lion), yang memungkinkan perpindahan antar tab menggunakan gerakan multi-sentuh.
  • Tab iCloud (Khusus Mountain Lion) mensinkronkan situs web terbaru di seluruh perangkat OS X dan iOS.
  • Built-in sharing (Mountain Lion saja) ke email, Pesan, Twitter, dan Facebook.
  • Kinerja ditingkatkan. Dukungan untuk -webkit-calc ().

Selain itu berbagai fitur telah dihapus, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, Jendela Aktivitas, Jendela Unduhan terpisah, dukungan langsung untuk umpan RSS di bidang URL dan bookmark. Bidang pencarian terpisah juga tidak lagi tersedia sebagai opsi konfigurasi bilah alat.

Safari 7

Diumumkan di Apple Worldwide Conference Conference (WWDC) Apple pada 10 Juni 2013, pratinjau pengembang Safari 7 / 6.1 membawa peningkatan kinerja JavaScript dan penggunaan memori, serta tampilan baru untuk Situs Top dan Sidebar, dan fitur Berbagi Tautan baru . Selain itu, fitur Power Saver baru akan menjeda Plugin yang tidak digunakan. Safari 7 untuk OS X Mavericks dan Safari 6.1 (untuk Lion dan Mountain Lion) dirilis bersama dengan OS X Mavericks dalam acara khusus Apple pada 22 Oktober 2013.

Safari 8

Safari 8 diumumkan di WWDC 2014 dan dirilis dengan OS X Yosemite. Itu termasuk dukungan WebGL, fitur privasi yang lebih kuat, peningkatan kecepatan dan efisiensi, integrasi iCloud yang disempurnakan, dan desain yang diperbarui.

Safari 8 features

Safari 8 memperkenalkan fitur-fitur berikut, tersedia di OS X Yosemite:

  • Dukungan WebGL.
  • DukunganIndexedDB.
  • Dukungan untuk Janji-janji dari ECMAScript 6.
  • CSS Bentuk dan Komposisi.
  • Dukungan untuk SPDY.
  • Ekstensi Media yang Dienkripsi.
  • Dukungan APNG.

Safari 9

Safari 9 diumumkan di WWDC 2015 dan dirilis dengan OS X El Capitan. Itu termasuk mematikan tab dan menyematkan tab.

  • Dukungan Janji

Safari 10

Safari 10 dirilis bersama macOS Sierra 10.12 untuk OS X Yosemite dan OS X El Capitan. Itu tidak termasuk semua fitur baru yang tersedia di macOS Sierra, seperti Apple Pay di web dan dukungan gambar-dalam-gambar untuk video, tetapi pembaruan mencakup fungsi-fungsi baru berikut:

  • Safari Extensions seperti 1Password, Save to Pocket, dan DuckDuckGo.
  • Bagian samping Bookmark Baru, termasuk klik dua kali untuk fokus pada folder.
  • Tampilan Bookmark dan Riwayat yang dirancang khusus.
  • Zoom khusus-spesifik: Safari mengingat dan menerapkan kembali level zoom Anda ke situs web IsiOtomatis yang Diperbaiki dari kartu Kontak.
  • Peningkatan yang lebih cepat, termasuk sub-headline sebaris, byline, dan publikasikan tanggal.
  • Plug-in legal dimatikan secara default untuk versi situs web HTML5.
  • Memungkinkan pembukaan kembali tab yang baru saja ditutup melalui Riwayat.
  • menu, menahan tombol “+” di bilah tab, dan menggunakan Shift-Command-T.
  • Ketika sebuah tautan terbuka di tab baru, sekarang mungkin untuk menekan tombol kembali atau geser untuk menutupnya dan kembali ke aslinya tab.
  • Peringkatan yang disempurnakan dari Situs yang Sering Dikunjungi.
  • Timeline Jadwal Inspektur Web.
  • Penebangan menggunakan Web Inspektur.

Safari 10 juga menyertakan sejumlah pembaruan keamanan, termasuk perbaikan untuk enam kerentanan WebKit dan masalah yang terkait dengan Reader dan Tab.

Safari 11

Safari 11 dirilis sebagai bagian dari macOS High Sierra tetapi juga tersedia untuk OS X El Capitan dan macOS Sierra pada 19 September 2017. Safari 11 menyertakan beberapa fitur baru seperti Intelligent Tracking Prevention yang bertujuan untuk mencegah pelacakan lintas situs oleh membatasi cookie dan data situs web lainnya.

Safari 12

Safari 12 dirilis menjelang MacOS Mojave tetapi juga tersedia untuk macOS Sierra dan macOS High Sierra pada 17 September 2018. Safari 12 mencakup beberapa fitur baru seperti Ikon di tab, Kata Sandi Kuat Otomatis, Pencegahan Pelacakan Cerdas 2.0. Safari versi 12.0.1 yang diperbarui dirilis pada 30 Oktober 2018 sebagai bagian dari rilis MacOS Mojave 10.14.1, dan Safari 12.0.2 dirilis pada 5 Desember 2018, bersama dengan macOS 10.14.2.

Dukungan untuk Safari klasik yang ditandatangani pengembang Ekstensi telah dijatuhkan. Versi ini juga akan menjadi yang terakhir yang mendukung Galeri Ekstensi resmi, dan Apple mendorong penulis ekstensi untuk beralih ke Safari App Extensions. Langkah ini memicu umpan balik negatif di komunitas.

Safari Technology Preview

Safari Technology Preview pertama kali dirilis bersama OS X El Capitan 10.11.4. Rilis Pratinjau Teknologi Safari mencakup versi terbaru WebKit, yang menggabungkan teknologi Web untuk dimasukkan dalam rilis stabil Safari di masa mendatang, sehingga pengembang dan pengguna dapat menginstal rilis Pratinjau Teknologi pada Mac, menguji fitur-fitur tersebut, dan memberikan umpan balik.

 1,313 total views,  1 views today