Windows phone


Windows phone merupakan sistem operasi dari Microsoft untuk smartphone, sebagai pengganti dari sistem operasi pendahulunya, yaitu Windows mobile. Ciri khas dari Windows phone adalah penggabungan dari Onedrive (untuk Microsof Exel dan Outlook) Xbox dan Bing di dalam sistem operasinya. Juga terdapat Live Tiles, yang merupakan fitur utama pada Windows 8 PC, yang akan selalu meng-update anda secara real time tentang berita, cuaca bahkan acara TV.
Seperti halnya iPhone, Windows phone pun memiliki asisten pribadi digital yang dnamakan Cortana, yang dapat membantu anda menghindari jalur lalulintas yang padat, pengingat hari Ulang tahun dan sebagainya.
Pengguna utama dari OS windows phone ini adalah Nokia Lumia. Software aplikasi untuk Windows phone dapat diunduh di Windows’s Phone App Store.
Sistem operasi Windows phone yang terakhir adalah Windows 10 (mobile) yang dirilis 2015 kemarin. Dengan dirilisnya Windows 10 ini, microsoft ingin menghapus penggunaan nama Windows phone dan menggantinya dengan nama Windows 10 saja sama seperti nama Windows 10 untuk PC.
Sebenarnya ini merupakan bagian dari strategi Microsoft agar kita beralih ke smartphone berbasis Windows 10. Kenapa..? Alasan Microsoft masuk akal. Bukan kah selama ini kita sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows ? Laptop kita, PC kita semuanya berbasis Windows. Dan kita sudah sangat familiar dengan sistem operasi windows. Jika handset kita atau smartphone kita juga berbasis windows, tentu akan lebih memudahkan kita. Mungkin ini yang dimaksud Microsoft. Seperti apa smartphone berbasis Wondows 10, kita tunggu saja.

 436 total views,  1 views today