Android Lollipop Pengertian, Sejarah, dan Fitur – Fitur

Pengertian
Android Lollipop adalah versi stabil terbaru dari sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google, yang pada saat ini mencakup versi antara 5.0 dan 5.1. Diresmikan pada 25 Juni 2014 saat Google I / O, dan tersedia secara resmi melalui Over-The-Air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014, untuk memilih perangkat yang menjalankan distribusi Android dilayani oleh Google (seperti perangkat Nexus dan Google Play Edition). Kode sumbernya dibuat tersedia pada 3 November 2014.
Salah satu perubahan yang paling menonjol dalam rilis Lollipop adalah user interface yang didesain ulang dan dibangun dengan yang dalam bahasa desain disebut sebagai “material design”. Perubahan lain termasuk perbaikan pemberitahuan, yang dapat diakses dari lockscreen dan ditampilkan pada banner di bagian atas screen. Google juga membuat perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan dengan perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai, yang dikenal secara internal sebagai Project Volta.

Sejarah dan Pengembangan

Android 5.0 pertama kali diperkenalkan di bawah codename “Android L” pada 25 Juni 2014 selama presentasi keynote pada konferensi pengembang Google I / O. Di samping Lollipop, presentasi difokuskan pada sejumlah platform Android yang berorientasi dan teknologi baru, termasuk Android TV, pada platform Android Auto, dpt dipakai pada platform komputasi Android Wear, dan platform pelacakan kesehatan Google Fit.

Bagian dari presentasi didedikasikan untuk bahasa desain cross-platform baru yang disebut sebagai “material design”. Memperluas pada “kartu” motif pertama kali terlihat di Google Now, adalah desain dengan peningkatan penggunaan layout berbasis grid, animasi dan transisi responsif, padding, dan efek kedalaman seperti pencahayaan dan bayangan.

Fitur – Fitur Android Lollipop

1.    User Interface

Android merupakan sebuah perangkat ponsel yang memiliki User Interface atau tampilan tatap muka yang sangat menarik dan berbeda dari semua smartphone yang ada saat ini yang jauh akan membuat para penggunanya lebih senang dalam mengoperasikan ponsel android ini. Dan salah satu hal yang paling terlihat dari OS Android Lollipop yang satu ini adalah tampilan tatap mukanya.

Di mana pada Operating System terbaru ini Google mendesain secara khusus Android Lollipop ini dengan mengusung konsep material design yang merupakan sebuah konsep yang terinspirasi dari tampilan flat dan minimalis sebuah kertas dan tinta yang di tambah dengan animasi baru yang membuat tampilan Android versi ini akan lebih modern yang tentunya selalu mengikuti perkembangan teknologi masa kini.

2.    Fitur ART Runtime

Perubahan lain yang mungkin tak kasat mata oleh pengguna adalah fitur ART Runtime yang sudah menggantikan Dalvik yang sudah di gunakan pada OS Android versi sebelumnya..

Dalvik sendiri merupakan sebuah fitur yang terdapat pada OS Android versi sebelumnya yang memiliki konsel just-in-time dengan menggunakan kode aplikasi yang di kompilasi ketika sedang di jalankan. Sebaliknya ART Runtime merupakan konsep Ahead-Of-Time di mana proses kompilasi kode aplikasi yang dilakukan adalah ketika proses instalasi aplikasi tersebut.

Namun itu semua membuat proses instalasi sebuah aplikasi akan lebih memakan waktu lama dan juga akan memakan space atau kapasitas memory yang cukup besar. Namun semua itu akan membuat kinerja aplikasi tersebut sedikit lebih performa dan sangat mumpuni.

3.    Project Volta

Ketiga, kelebihan OS Android Lollipop yang satu ini adalah terdapat pada projek volta yang sudah di tanamkan pada OS yang satu ini, di mana dengan memiliki fitur projek volta ini Android Lollipop 5.0 ini mampu menghemat daya tahan baterai sampai kurang lebih 30 % jika di bandingkan dengan OS Android lainnya yang sudah anda cicipi pastinya.

Dengan demikian setelah di rilisnya os Android Lollipop ini Google sendiri mampu menjawab desas-desus yang mengatakan bahwa ponsel Android memang memiliki kebutuhan akan sebuah konsumsi baterai yang terlalu boros saat di gunakan.

4.    Mendukung Arsitektur 64 bit

Dengan seiring berjalannya kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini , memang mengharuskan sebagian perusahaan bahkan juga raksasa internet yang saat ini yakni Google harus memperhatikan kemajuan teknologi tersebut, untuk itu dengan di rilisnya OS Android Lolliop yang di klaim banyak memiliki kelebihan Google juga menyematkan fitur yang mendukung arsitektur 64 bit pada OS terbaru nya ini.

Dan dengan adanya kelebihan OS Android Lollipop yang satu ini, sekarang perangkat smartphone Android sudah bisa memiliki RAM berkapasitas 4 GB yang tentu saja akan membuat kinerja ponsel tersebut akan semakin mumpuni. Namun sebelum adanya fitur ini perangkat Android hanya mentok di RAM berkapasitas 3 GB saja.

5.    Keamanan

Android Lollipop 5.0 sendiri di hadirkan dengan menggunakan enkripsi secara otomatis yang akan membantu melindungi data-data penting pada ponsel anda jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan atau hilang. Dengan berjalannya SE Linux pada semua aplikasi yang ada, berarti perlindungan yang lebih baik akan keamanan dan juga ketahanan terhadap malware juga akan lebih baik.

6.    Adanya 15 Bahasa Baru

Dalam sebuah Android bahasa memang merupakan sebuah kunci utama dalam kita dapat menjalankan ponsel berbasis Android agar bisa menggunakan ponsel kita secara merata. Dan kelebihan OS Android Lollipop yang baru ini adalah tersedianya 15 bahasa baru yang bisa anda nikmati .

Dan ke 15 bahasa tersebut adalah Bahasa Basque, Bengali, Burma, China (Hong Kong), Galicia, Islandia, Kannada, Kyrgyz, Macedonia, Malayalam, Marathi, Nepal, Sinhala, Tamil dan Telugu. Seingga total bahasa yang di miliki OS Android Lollipop 5.0 ini menjadi 68 Bahasa.

Sekian Artikel tentang Android Lollipop dari saya mohon maaf bila ada kekurangan.

 335 total views,  1 views today