Perbedaan antara Sistem Informasi Terpusat dan Sistem Informasi Terdistribusi

1. Perbedaan antara Sistem Informasi Terpusat dengan Sistem Informasi Terdistribusi?

  Sistem informasi Terpusat merupakan suatu sistem infromasi yang penempatan data dan aplikasi untuk mengakses data tersebut menjadi satu tempat atau satu Server.
Sistem informasi Terpusat ini biasanya dirancang dan dibangun dengan menggunankan web Server, data base Server dan bahasa pemrograman yang dapat diinterpretasikan oleh browser (alat yang digunakan untuk mengakses informasi internet menggunakan port 80). Seperti terlihat pada gambar.
  Sistem Informasi Terdistribusi dibangun dengan cara memisahkan secara fisik untuk setiap fungsi dan tugas sebuah komputer dalam ruang lingkup jaringan komputer. Pemisahan antara aplikasi Server dengan data base Server serta komputer klien yang terhubung dalam jaringan area local terbatas atau yang dikenal dengan LAN (Local Area Network) diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja dari setiap komputer yang mengakses informasi. Gambar dibawah ini :

2. Sistem Informasi Terdistribusi di butuhkan oleh perusahaan dalam skala besar,menengah/kecil ?

Karena Pada sistem jaringan dengan Skala yang lebih besar akan ebih tepat jika diterapkan arsitektur client server, dimana ada satu komputer yang ditetapkan sebagai server dan semua layanan dipusatkan pada server tersebut. Sedangkan untuk Skala Menegah/Kecil, Sebuah Perusahaan Sangat membutuhkan Proses dasar sistem jaringan sangat sederhana, yaitu proses pengiriman data atau informasi dari pengirim ke penerima dengan prosedur tertentu, melalui suatu media komunikasi tertentu secara cepat dan tepat, tanpa adanya kesalahan.

3. Contoh Sistem Informasi Terdistribusi yaitu

  ATM (Asynchronous Transfer Mode)
ATM menggunakan arsitektur client-server. Mesin ATM sebagai fasilitas yang terhubung langsung dengan client sedangkan sedangkan server merupakan database pusat yang menyimpan seluruh data pelanggan.
Di setiap mesin ATM akan memunculkan tampilan menu yang sama untuk setiap pelanggan atau penggunanya. Pilihan menu yang dipilih pengguna akan dikenali system sebagai input yang akan digunakan untuk memproses transaksi ke database. Namun agar transaksi berhasil, pengguna harus memasukkan pin yang sesuai dengan kartu ATM.
Setelah memproses masukan pin dan jika sesuai dengan kartu, maka server akan mengijinkan untuk meneruskan transaksi dengan menampilkan menú berikutnya yang berisi pilihan bagi pengguna dalam mengakses data rekeningnya ataupun melakukan transaksi keuangan lainnya.
Contoh system terdistribusi lainnya adalah situs berita detik. System ini memanfaatkan layanan internet dalam mendistribusikan informasi kepada penggunanya.
Pengguna harus memasukkan alamat web https://klikgss.com pada browser. Melalui koneksi internet, input tersebut akan diproses kemudian memanggil dan memunculkan tampilan web server klikgss.com pada browser. Pada browser apapun dan dimanapun, akan memunculkan tampilan dengan isi yang sama. Pada halaman tampilan tersebut pengguna dapat mengakses informasi yang dibutuhkan. Informasi tersebut berasal dari database detik di web server. Dengan adanya sistem terdistribusi inilah informasi dapat didistribusikan dan disebarkan melalui koneksi internet sehingga pengguna dapat mengaksesnya.

 4,080 total views,  10 views today