Industri saat ini telah memasuki inovasi baru, dimana proses produksi mulai berubah pesat. Pemerintah Jerman menganggap serius gagasan ini dan tidak lama menjadikan gagasan ini sebuah gagasan resmi. Setelah resminya gagasan ini, pemerintah Jerman bahkan membentuk kelompok khusus untuk membahas mengenai penerapan Industri 4.0 .

Revolusi Industri 4.0 menerapkan konsep automatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Dimana hal tersebut merupakan hal vital yang dibutuhkan oleh para pelaku industri demi efisiensi waktu, tenaga kerja, dan biaya.

Penerapan Revolusi Industri 4.0 di pabrik-pabrik saat ini juga dikenal dengan istilah Smart Factory. Tidak hanya itu, saat ini pengambilan ataupun pertukaran data juga dapat dilakukan on time saat dibutuhkan, melalui jaringan internet. Sehingga proses produksi dan pembukuan yang berjalan di pabrik dapat termotorisasi oleh pihak yang berkepentingan kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet.

Seperti yang ada dalam data infografis diatas, dapat dilihat bahwa internet memang sangat berperan dalam perkembangan revolusi industry 4.0. Dilihat dari data perkembangan teknologi yang paling berpengaruh terhadap revolusi industry 4.0 terdapat 3 item yaitu :

  1. Perkembangan Komputer dan Big Data
  2. Perkembangan Energi Baru dan Terbarukan
  3. Perkembangan Internet dan Cloud Technology

Data tersebut menyebutkan bahwa computer dan internet sangatlah berpengaruh dalam revolusi industry 4.0 ini, terutama dengan munculnya Internet of Things (IoT) dimana semua pekerjaan dan peralatan dapat dihubungkan dan dijalankan melalui internet.

 

Penulis : Fikry Muhanna

Sumber : https://www.kompasiana.com/alzhein/5dedd7f2097f3679806087b2/peran-internet-di-era-revolusi-industri-4-0

 86 total views,  1 views today