Kecerdasan buatan (AI), kemampuan komputer digital atau robot yang dikendalikan komputer untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya terkait dengan Kecerdasan manusia. Istilah ini sering digunakan untuk proyek pengembangan sistem yang diberkahi dengan karakteristik proses intelektual manusia, seperti kemampuan untuk bernalar, menemukan makna, menggeneralisasi, atau belajar dari pengalaman masa lalu.

 Sejak perkembangan komputer digital pada tahun 1940-an, telah dibuktikan bahwa komputer dapat diprogram untuk melaksanakan tugas-tugas yang sangat kompleks — seperti, misalnya, menemukan bukti untuk teorema matematika atau bermain catur — dengan kemampuan yang luar biasa. Namun, meskipun kecepatan pemrosesan dan kapasitas memori komputer terus mengalami kemajuan, belum ada program yang dapat menandingi fleksibilitas manusia dalam domain yang lebih luas atau dalam tugas yang membutuhkan banyak pengetahuan sehari-hari.

Di sisi lain, beberapa program telah mencapai tingkat kinerja ahli dan profesional manusia dalam melakukan tugas-tugas tertentu, sehingga kecerdasan buatan dalam pengertian terbatas ini ditemukan dalam aplikasi yang beragam seperti diagnosis medis, mesin pencari komputer seperti GOOGLE, dan rekognisi suara dan tulisan tangan

 

 

ditulis oleh : B.J. Copeland

Sumber : https://www.britannica.com/technology/artificial-intelligence

 28 total views,  1 views today