5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G. Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.

 

Teknologi apa yang mendasari 5G ?

5G didasari oleh Orthogonal frequency-division mutiplexing (OFDM), ia adalah sebuah metode modulasi sinyal digital di saluran kanal yang berbeda untuk mengurangi gangguan sinyal. 5G menggunakan 5G NRAir Interface bersamaan dengan prinsip OFDM. 5G juga menggunakan teknologi bandwidth yang lebih luas seperti sub-6 GHz dan mmWave.

Seperti 4G LTE, 5G OFDM beroperasi berdasarkan prinsip jaringan seluler yang sama. Namun, Air Interface 5G NR baru dapat lebih meningkatkan OFDM untuk memberikan tingkat fleksibilitas dan skalabilitas yang jauh lebih tinggi.

Ini dapat memberikan lebih banyak akses 5G ke lebih banyak orang dan berbagai hal untuk berbagai kasus penggunaan yang berbeda.

Seberapa Cepat 5G ?

5G dirancang untuk memberikan kecepatan data, puncaknya sampai 20 Gbps berdasarkan persyaratan IMT-2020. Dimana Solusi 5G andalan Qualcomm Technologies, Sistem Qualcomm® Snapdragon ™ X55 dan Snapdragon X60 Modem-RF, hanya mampu mencapai kecepatan data puncak 7,5 Gbps.

 

Singkatnya, kini kamu bisa mendownload film dengan kualitas 8k 500% lebih cepat dibanding dengan 4G LTE. Disamping kecepatan, 5G juga dirancang untuk menyediakan lebih banyak kapasitas jaringan dengan memperluas ke spektrum baru, seperti mmWave.

5G juga dapat memberikan latensi yang jauh lebih rendah untuk respons yang lebih cepat dan dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih seragam secara keseluruhan sehingga kecepatan data tetap tinggi secara konsisten bahkan saat pengguna berpindah-pindah tempat.

 

Sumber:https://www.qualcomm.com/invention/5g/what-is-5g

 29 total views,  1 views today