PROGRAMMER ?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, programmer adalah adalah orang yang mampu menguasai bahasa pemrograman dengan baik sehingga bisa memberikan hasil kerja yang sesuai dan tepat. Selain itu, seorang programmer juga harus mampu menyelesaikan masalah yang ada dengan menggunakan bahasa pemrograman. Sesuai namanya, programmer tentu harus memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman dengan baik. Jika tidak mengetahui seluk beluk bahasa tersebut, maka hasil pekerjaannnya tidak mungkin bisa optimal.

Selain itu, dengan kemampuan bahasa pemrograman yang dimiliki, maka programmer memiliki keahlian untuk menulis kode dan mengerti algoritma. Programmer juga merupakan profesi yang mampu kerja seorang diri tanpa bantuan orang lain. Inilah mengapa ketika Anda bisa menjadi programmer yang handal, itu artinya Anda siap menjadi andalan dari perusahaan tersebut.

Untuk bisa menjadi programmer, tentunya Anda harus melalui pendidikan formal yang tepat, seperti juruan Ilmu Komputer atau Informatika untuk bangku kuliah. Namun jika tidak sampai menyentuh level perkuliahan, bisa juga menjadi programmer dengan bersekolah di SMK dalam bidang informatika.

Hebatnya lagi, jika Anda ingin belajar otodidak pun, juga tetap bisa menguasai keahlian yang harus dimiliki programmer. Anda bisa belajar dari internet, buku, hingga video tutorial yang banyak tersebar. Sebaiknya Anda juga lebih banyak melakukan praktik agar bisa membuktikan kemampuan Anda nantinya di dunia kerja.

Kode Etik Programmer

Untuk bisa menjadi programmer yang handal, Anda juga harus mengetahui apa saja kode etik programmer. Kode etik harus diyakini oleh Anda agar bisa tetap tampil profesional di dunia kerja sepanjang waktu.

Ada beberapa kode etik yang wajib diketahui dan diyakini, seperti:

  • Mampu menjaga kerahasiaan data yang ada
  • Bisa menghargai privasi para pemilik data
  • Jujur dan bisa dipercaya
  • Bisa menghindari hal-hal yang membahayakan orang lain
  • Mengerti tentang aset intelektual

Itulah kode etika programmer yang harus diyakini sepanjang waktu ketika Anda sedang menjadi programmer. Jangan sampai melupakan hal tersebut karena jika Anda melanggar salah satu dari poin di atas, maka kredibilitas Anda bisa dalam posisi bahaya.

 13 total views,  1 views today