User Interface

User Interface atau UI adalah sebuah cara atau hal apapun yang dapat berinteraksi dengan pengguna untuk menggunakan produk atau layanan digital. UI merupakan bagian visual dari website ataupun aplikasi yang dapat berupa teks box, radio button, drop-down list, dan komponen lain yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam sistem perusahaan.

Dalam Teknologi Informasi, Desain UI mengacu pada desain antarmuka pengguna untuk perangkat lunak, situs web atau aplikasi. Penggunaan UI dengan maksud untuk memfasilitasi kegunaan dan untuk meningkatkan User Experience.

Dalam desain website, User interface yang baik sangat penting karena dapat mengubah pengunjung potensial menjadi pembeli karena memfasilitasi interaksi antara pengguna dan situs web atau aplikasi web kamu.

Interface adalah sebuah titik di mana pengguna dapat berinteraksi dengan website yang mereka gunakan. Desain UI yang baik menghadirkan perpaduan sempurna antara desain visual, desain interaksi, dan arsitektur informasi:

  • Desain visual adalah cara meningkatkan nilai ornamen sebuah website dengan mengimplementasikan elemen-elemen secara strategis seperti font, warna, dan gambar. Desain Visual berfungsi untuk membuat halaman menjadi lebih elegan tanpa harus mengurangi fungsi atau konten yang ada.
  • Desain interaktif adalah sebuah cara untuk melihat bagaimana seorang pengguna berinteraksi dengan teknologi dan menerapkan hasil menganalisa interaksi pengguna ke dalam desain web. Selain itu, Desain interaktif berfungsi untuk menemukan cara-cara baru di mana sistem berinteraksi dan merespons pengguna.
  • Arsitektur informasi adalah perancangan desain untuk membantu pengguna menemukan info mengenai kebutuhan mereka. Dalam hal ini melibatkan pelabelan, penataan, dan pengorganisasian konten web dengan cara yang membuatnya mudah diakses dan berkelanjutan.

User Experience

User Experience atau UX adalah cara atau pengalaman seseorang dalam merasakan sesuatu, Seperti sebuah produk, sistem, atau jasa. Desain UX sendiri merupakan sebuah proses untuk menciptakan produk yang memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Sebagai contoh, Sebuah ponsel dengan layar yang cukup besar lebih disukai. Dengan begitu maka Desainer UX harus berpikir bagaimana cara terbaik menempatkan suatu tombol. Jika layarnya cukup lebar, Tombol di sudut kiri atas akan membuat pengguna merasa sulit untuk mencapai tombol itu dengan satu tangan. Maka dari itu, Penempatan yang paling optimal untuk tombol ini adalah sudut kiri bawah, dimana pengguna dapat dengan mudah mengetuk tombol dengan ibu jari mereka.

Hal Ini termasuk dalam proses memperoleh dan mengintegrasikan produk, termasuk aspek branding, desain, kegunaan dan fungsi. Desain UX berfungsi untuk meningkatkan kepuasan pengguna melalui interaksi antar pengguna dan produk.

UI & UX

UI & UX

Mana yang Lebih penting UI atau UX Design?

Setelah kamu memahami mengenai apa itu UI dan UX, Lalu diantara keduanya mana yang lebih penting? Banyak orang berpendapat jika pengalaman pengguna sangat penting, Terutama pada website ecommerce.

Dengan UX yang baik, Maka dapat membuat user lebih aware terhadap sebuah website dengan kata lain. UX yang baik dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Hal tersebut memang bisa diterima. Namun menurut pakar dalam UI dan UX Design Helga Moreno, Memiliki pendapat tersendiri.

Dari pendapat Helga Morena tersebut dapat disimpulkan jika UI dan UX keduanya penting untuk keberhasilan aplikasi apa pun. Namun, Kamu masih dapat menemukan aplikasi hebat yang memiliki UI yang baik tetapi kurang pada UX dan sebaliknya. Sebagai contoh, Website iBanking BCA. Tampilan  iBanking BCA sangat sederhana, Namun dari sisi UX sangat baik karena website sangat cepat diakses dan mudah untuk digunakan.

Dari sini kamu bisa mulai tahu bagaimana dan apa itu UI dan UX, Apa yang membedakan diantara keduanya hingga mana yang lebih penting dalam web design. Kamu bisa mulai belajar dan mempraktekkan UI/UX Design.

 

sumber : www.jagoanhosting.com/blog/apa-itu-ui-dan-ux/

 31 total views,  1 views today