Platform Android telah ada selama lebih dari sepuluh tahun lamanya, dan sejak awal berdirinya Android  telah memiliki dukungan yang besar untuk Web. Ini dikirimkan dengan WebView, sebuah komponen yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan web di dalam Aplikasi Android mereka sendiri. Lebih dari itu, Android memungkinkan pengembang untuk menghadirkan mesin browser mereka sendiri ke dalam platform Smartphonw, yang mendorong persaingan dan inovasi.

Pengembang dapat menyertakan web dalam aplikasi Android mereka dengan berbagai cara. WebView sering digunakan Pengembang dalam pembuatannya dan juga untuk merender iklan, sebagai komponen tata letak yang digunakan bersama dengan elemen UI Android, atau untuk mengemas game HTML 5. Tab Khusus memungkinkan pengembang membuat browser dalam aplikasi dan memberikan pengalaman navigasi yang mulus ke konten web pihak ketiga, dan Aktivitas Web Tepercaya memungkinkan pengembang untuk menggunakan Progressive Web Apps (PWA) mereka sendiri pada aplikasi Android, yang dapat diunduh dari Play Store .

Android WebView #
WebView memberi pengembang akses ke HTML, CSS, dan JavaScript modern di dalam aplikasi Android mereka, dan memungkinkan konten untuk dikirimkan di dalam APK atau dihosting di internet. Ini adalah salah satu komponen Android yang paling fleksibel dan kuat, yang dapat digunakan untuk sebagian besar kasus penggunaan di mana konten web disertakan dalam aplikasi Android. Dari memberdayakan layanan iklan seperti AdMob hingga membuat dan mengirimkan game HTML5 lengkap yang menggunakan API modern seperti WebGL.

Namun, saat digunakan untuk membuat browser dalam aplikasi atau menyertakan PWA dalam aplikasi Android, WebView tidak memiliki keamanan, fitur, dan kemampuan platform web.

Tantangan browser didalam aplikasi #
Seiring perkembangan waktu, semakin banyak pengembang yang membangun experience browser yang menggabungkan konten pihak ketiga ke dalam aplikasi Android mereka, dengan tujuan untuk menciptakan experience yang lebih mulus bagi pengguna mereka saat menavigasi ke situs web pihak ketiga. Pengalaman tersebut kemudian dikenal sebagai browser dalam aplikasi.

WebView memiliki dukungan ekstensif untuk tumpukan teknologi web modern dan mendukung banyak API web modern, seperti WebGL. Tapi WebView pada dasarnya adalah toolkit UI web. Ini tidak dimaksudkan untuk – dan tidak – mendukung semua fitur platform web. Jika API sudah memiliki alternatif untuk  tingkat OS, seperti Web Bluetoooth, atau memerlukan UI browser untuk diterapkan, seperti pemberitahuan push notification, itu mungkin tidak didukung. Saat platform web berkembang dan menambahkan lebih banyak fitur yang hanya tersedia untuk aplikasi Android, celah ini akan menjadi lebih besar. Karena pengembang aplikasi tidak dapat mengontrol fitur mana yang digunakan saat membuka konten pihak ketiga, WebView menjadi pilihan yang buruk untuk browser di dalam aplikasi atau membuka Aplikasi Web Progresif. Bahkan jika WebView menerapkan dukungan untuk semua fitur platform web, pengembang masih perlu menulis kode dan menerapkan UI mereka sendiri untuk fungsionalitas seperti izin atau pemberitahuan push notification, sehingga sulit untuk mencapai konsistensi bagi pengguna.

Opsi lain yang tersedia bagi pengembang adalah menyematkan machine browser di aplikasi mereka. Selain mengarah pada peningkatan ukuran aplikasi, pendekatan ini rumit dan memakan waktu.

Tab Kustom sebagai solusi untuk browser dalam aplikasi #
Tab Khusus diperkenalkan di Chrome 45 dan memungkinkan pengembang menggunakan tab dari browser default pengguna sebagai bagian dari aplikasi mereka. Tab Khusus awalnya diluncurkan oleh Chrome, dan oleh karena itu dikenal sebagai “Tab Khusus Chrome”. Sekarang ini adalah API Android dan browser paling populer mendukung Tab Kustom, termasuk Chrome, Firefox, Edge, dan Samsung Internet, jadi lebih tepat menyebutnya “Tab Kustom”.

Tab Khusus membantu pengembang mengintegrasikan konten web dengan mulus ke dalam pengalaman aplikasi mereka. Mereka juga memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan aktivitas di mana konten web ditampilkan dengan memungkinkan mereka menyesuaikan warna bilah alat, tombol tindakan, animasi transisi, dan banyak lagi.

Mereka juga menawarkan fitur yang sebelumnya tidak tersedia saat menggunakan WebView atau menyematkan mesin browser. Karena browser dalam aplikasi diberdayakan oleh browser pengguna, Tab Khusus berbagi penyimpanan dengan browser, sehingga pengguna tidak perlu masuk kembali ke situs web favorit mereka setiap kali salah satu aplikasi yang diinstal memulai sesi penjelajahan Dalam Aplikasi.

Tidak seperti WebView, Tab Kustom mendukung semua fitur platform web dan API yang didukung oleh browser yang memberdayakannya.

Buka Aplikasi Web Progresif menggunakan Aktivitas Web Tepercaya #
Aplikasi Web Progresif menghadirkan banyak perilaku dan kemampuan yang dulunya hanya tersedia untuk aplikasi khusus platform ke web. Dengan diperkenalkannya perilaku seperti aplikasi, keinginan dari pengembang untuk menggunakan kembali pengalaman tersebut di Android meningkat, dan pengembang mulai menanyakan cara untuk mengintegrasikan PWA ke dalam aplikasi mereka.

Tab Khusus memiliki dukungan untuk semua kemampuan web modern dan API, tetapi karena ini terutama dirancang untuk membuka konten pihak ketiga, ia memiliki bilah alat di bagian atas yang memberi tahu pengguna URL mana yang mereka kunjungi, serta ikon gembok yang menunjukkan apakah situsnya aman. Saat membuka pengalaman aplikasi sendiri, bilah alat mencegah aplikasi merasa seperti terintegrasi dengan sistem operasi.

Aktivitas Web Tepercaya diperkenalkan di Chrome 72 dan memungkinkan pengembang menggunakan PWA mereka di dalam aplikasi Android. Protokolnya mirip dengan protokol Tab Kustom, tetapi memperkenalkan API yang memungkinkan pengembang untuk memverifikasi (melalui Digital Asset Links) bahwa mereka mengontrol aplikasi Android dan URL yang dibuka dan menghapus bilah URL jika keduanya benar.

Mereka juga memperkenalkan API untuk membuat layar splash saat membuka PWA atau mendelegasikan pemberitahuan web untuk ditangani oleh kode Android. Lebih banyak fitur seperti dukungan untuk Play Billing akan segera hadir.

Karena URL yang dibuka di Aktivitas Web Tepercaya diharapkan PWA dan memiliki sekumpulan perilaku dan karakteristik kinerja, Aktivitas Web Tepercaya memperkenalkan kriteria kualitas untuk PWA yang dibuka di dalamnya.

Batasan solusi saat ini #
Masukan pengembang menunjukkan perlunya kompatibilitas platform Tab Khusus yang dikombinasikan dengan fleksibilitas Tampilan Web sehingga mereka dapat, misalnya, mengakses DOM atau menyuntikkan JavaScript, ke dalam browser dalam aplikasi mereka.

Tab Khusus secara efektif adalah tab yang dirender oleh browser pengguna, dengan UI khusus atau tanpa UI sama sekali. Artinya, browser harus memenuhi harapan pengguna seputar privasi dan keamanan terhadap browser, sehingga beberapa fitur tersebut tidak mungkin dilakukan.

Tim Web di Android di Google sedang mencari alternatif dan bereksperimen dengan solusi untuk menyelesaikan kasus penggunaan tersebut. Nantikan detailnya!

Ringkasan #
WebView berguna saat aplikasi membutuhkan HTML, CSS, dan JavaScript di dalam aplikasi Android mereka, tetapi tidak menggunakan fitur dan kemampuan lanjutan yang tersedia di web modern seperti Pemberitahuan Push, Bluetooth Web, dan lainnya. Tidak disarankan saat membuka konten yang telah dirancang untuk platform web modern, karena mungkin tidak ditampilkan sesuai keinginan pengembang. WebView tidak disarankan untuk membuat browser dalam aplikasi. Di sisi lain, menampilkan konten web pihak pertama adalah area di mana WebView benar-benar bersinar.

Aktivitas Web Tepercaya harus digunakan ketika pengembang ingin merender Aplikasi Web Progresif mereka sendiri dalam layar penuh di dalam aplikasi Android mereka. Ini dapat digunakan sebagai satu-satunya aktivitas di aplikasi atau digunakan bersama dengan aktivitas Android lainnya.

Tab Khusus adalah cara yang disarankan untuk membuka konten pihak ketiga yang dirancang untuk platform web, juga dikenal sebagai browser dalam aplikasi.

 27 total views,  1 views today