Belakangan sejumlah vendor dan produsen smartphone mulai menggunakan kabel Charger dengan Type C. Lantas apa kelebihan kabel cas jenis ini dibanding tipe lainnya?

Sejatinya fungsi kabel USB Type-C hampir sama saja dengan Type-A atau B, yakni untuk mentransfer data, koneksi jaringan hingga bisa dipergunakan untuk output display menggantikan fungsi VGA atau HDMI.

Dalam smartphone juga fungsi nya sama saja seperti microUSB seperti untuk pengisian daya, transfer data, bahkan output audio sekalipun. Hanya saja penggunaan kabel USB Type-C memiliki lebih banyak keunggulan yang di antaranya adalah memiliki kecepatan transfer lebih lebih cepat, kecepatan yang setara dengan USB 3.1.

Menariknya, bentuk USB Type-C yang reversible, sehingga bisa dipergunakan dalam posisi apapun. Belum lagi ukuran port yang bisa dibuat lebih ringkas mengikuti ketebalan ponsel atau laptop yang tipis.

Belakangan penggunaan USB Type-C untuk perangkat smartphone juga mulai digunakan. Umumnya perangkat ini disematkan para gawai flagship, menggantikan port microUSB sehingga memungkinkan perpindahan data dan daya lebih optimal. Intel bahkan sudah mengembangkan teknologi USB Type-C dengan penambahan fitur Thunderbolt.

Kekurangan Kabel USB Type C 

Meski banyak kelebihan, penggunaan USB Type-C juga ada kekurangannya. Selain penggunaan kabel dan perangkat yang mendukung port ini juga masih belum banyak dijual di pasaran.

Lantaran harga aksesoris untuk USB Type-C yang asli cukup mahal, mengingat kemampuannya untuk menghantarkan data ataupun arus listrik dengan daya yang lebih besar. Jadi ketika ada kabel USB Type-C yang dijual murah, kalian patut curiga.

 

Sumber:https://voi.id/teknologi/14848/ini-keunggulan-kabel-usb-type-c-yang-biasa-ditemukan-di-ponsel-mahal#:~:text=Hanya%20saja%20penggunaan%20kabel%20USB,bisa%20dipergunakan%20dalam%20posisi%20apapun.

 28 total views,  1 views today